Beberapa waktu lalu warganet ramai membicarakan film pendek “Tilik” yang diunggah di kanal YouTube Ravacana Films pada hari kemerdekaan. Usut punya usut, para penonton menggandrungi film ini karena alurnya yang dinilai sangat “relate” dengan masyarakat: menggunjing perempuan yang belum menikah walaupun sudah cukup umur. Kultur ini pada dasarnya memang sudah lama mengakar di lingkungan kita.
Jika bertemu seorang gadis berusia 20-an, entah itu dari keluarga atau tetangga dekat, pasti ada saja yang menanyakan soal apakah sudah punya calon (suami), kapan menyusul si A yang kemarin menikah, atau juga melempar candaan cum julid. Tentu saja bagi orang-orang yang belum memiliki keinginan atau yang belum ditakdirkan untuk bisa menikah, pertanyaan yang terlihat sederhana itu cukup mengganggu, apalagi jika ditambah embel-embel “sudah umur segini, lho”, sangat hih–able!
Bagi sebagian orang, pernikahan memang terlihat sangat mudah dilakukan, entah karena privilese yang dimiliki, kesiapan mental, atau faktor lainnya. Namun, bagi sebagian yang saya yakin jumlahnya tidak sedikit, pernikahan bukan hanya persoalan menyatukan cinta dua orang yang dipenuhi dengan segala macam romantisasi jaminan-surga-karena merupakan-bagian-dari-ibadah.
Saya teringat obrolan saya dengan seorang teman beberapa bulan ke belakang saat kabar seorang artis menikah lewat ta’aruf menjadi viral di mana-mana. Barangkali di saat banyak orang memuji-muji, mengelu-elukan, menginginkan sosok suami seperti si idola, atau mendamba romantisnya taaruf seperti mereka, saya termasuk kelompok warganet yang biasa-biasa saja—untuk tidak mengatakan merasa tidak suka.
Orang-orang yang sikapnya sama dengan saya ini kemudian banyak menelusuri soal konsep ta’aruf yang sebenarnya, lalu menyimpulkan bahwa yang dilakukan si artis bukanlah ta’aruf yang dikehendaki dalam hukum Islam. Saya tidak ingin membahas persoalan itu di tulisan singkat ini. Saya hanya memikirkan, apakah mereka sempat mendiskusikan soal bagaimana mewujudkan relasi yang membahagiakan, pembagian tugas rumah tangga yang adil, atau kesepakatan lainnya yang walaupun remeh tetap perlu dibicarakan.
Banyak sekali yang harus dipersiapkan dalam pernikahan, bahkan sejak memilih pasangan. Jika membahas soal ini, tentu kita sudah tidak asing dengan hadis Nabi tentang kriteria perempuan yang baik untuk dinikahi: “Perempuan dinikahi karena empat hal: hartanya, keturunannya, kecantikannya, atau agamanya. Tentukan pilihanmu pada yang beragama, (karena kalau tidak) kamu akan celaka,” (HR Abu Hurairah).
Meskipun secara tekstual hadis tersebut hanya menyebut perempuan, tentu saja jika menggunakan sudut pandang mubadalah kriteria ini juga berlaku bagi laki-laki. Baik calon istri maupun calon suami idealnya memiliki harta, keturunan, keelokan paras, dan religiositas yang baik. Namun, dari keempat hal itu, yang menjadi kunci utama adalah poin terakhir. Jika sudah dipastikan calon mempelai baik agamanya, maka ketiga faktor lain hanya berperan sebagai—meminjam istilah maqashid asy-syari’ah—kebutuhan hajiyyat bahkan tahsiniyyat.
Berdasarkan kriteria ini, baik perempuan maupun laki-laki berhak menolak pasangan yang tidak memenuhi. Dalam beberapa ayat Al-Qur’an juga diisyaratkan saran untuk mencari pasangan yang sama-sama baik, seperti dalam QS. an-Nur ayat 3 dan 26. Adanya keseimbangan ini lalu termanifestasikan dalam konsep kafa’ah yang banyak dikenal dalam ilmu fikih, yang menurut para ulama bertujuan untuk menciptakan relasi yang seirama.
Jika kita menjadikan konsep kafa’ah yang dirumuskan oleh para ulama klasik ini sebagai perspektif, maka kita akan menemukan banyak sekali hal yang perlu diselaraskan dalam pernikahan, sebut saja macam pemikiran, prinsip, hingga tujuan dan orientasi kehidupan. Seorang perempuan yang berorientasi pada iklim akademik, misalkan, layak memilih pasangan yang dapat menyongsongnya terus berkecimpung di dunia yang disenanginya, begitu pun sebaliknya.
Ketika dua sejoli sudah se-kufu’—dalam artian sempit dan luas, kemungkinan-kemungkinan timbulnya relasi kuasa yang timpang dapat diperkecil, sehingga hubungan yang tidak menyehatkan dapat terhindari. Bahtera yang dibangun pasangan tentu saja harus dilandasi dengan kasih sayang dan kebahagiaan. Dari relasi yang membahagiakan akan timbul harmoni yang menentramkan dalam keluarga, sebagaimana doa yang seringkali ditahbiskan tatkala janji suci terikat: sakinah, mawaddah, wa rahmah. []