• Login
  • Register
Minggu, 1 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Mendidik Anak Ala Manhaj Rabbany

Neng Eri Sofiana Neng Eri Sofiana
10/10/2020
in Keluarga, Rekomendasi
0
cara menegur anak yang baik dalam Islam

cara menegur anak yang baik dalam Islam

126
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Seorang anak adalah buah hati yang dinanti, yang memberi kebahagiaan dan warna tersendiri di dalam kehidupan berkeluarga. Ia terlahir suci layaknya kertas kertas putih yang kosong seperti konsep tabula rasa milik John Locke.  Seorang manusia terlahir tanpa isi mental bawaan, tanpa pengetahuan apapun dengan kata lain ‘kosong’ dan ia mendapat pengetahuan yang diperoleh sedikit demi sedikit melalui pengalaman dan persepsinya alat indranya. Mungkin ini pula yang menginspirasi lagu harmoni milliki Padi

“Kau membuatku mengerti hidup ini

kita terlahir bagai selembar kertas putih

Tinggal ku lukis dengan tinta pesan damai

Dan terwujud harmoni”

Baca Juga:

Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

Fenomena Inses di Indonesia: Di Mana Lagi Ruang Aman bagi Anak?

Alarm Kekerasan Terhadap Anak Tak Lagi Bisa Diabaikan

Kasus Inses di Kudus: Pentingnya Membangun Ruang Aman bagi Anak

Dalam Islam, konsep tabula rasa senada dengan hadis shahih musim nomor 4803 yang berbunyi:

مَا مِنْ مَوْلُودٍ إِلَّا يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ وَيُمَجِّسَانِهِ

“Seorang bayi tidak dilahirkan (ke dunia ini) melainkan ia berada dalam kesucian (fitrah). Kemudian kedua orang tuanyalah yang akan membuatnya menjadi Yahudi, Nasrani, ataupun Majusi”

Baik dalam konsep tabula rasa, maupun konsep Islam, seorang pendidiklah yang mempunyai kewajiban memberi warna dalam kehidupan anak. John Locke kembali menekankan bahwa pendidik pertama seorang individu adalah KELUARGA. Keluargalah yang pertama mengisi “kertas kosong”. William J.Goode juga mengatakan bahwa keberhasilan siswa dalam pendidikan tidak hanya karena mutu instansi pendidikan tersebut, tetapi juga merupakan ‘keberhasilan’ keluarga dalam menyiapkan dan mendidik anak-anaknya.

Tanggung jawab dalam pendidikan anak dalam keluarga ada pada ayah dan ibu. Kedua peran orangtua ini sangat berpengaruh dalam mendidik buah hatinya. Sebagai orang tua yang baik, tentu akan mencari dan mengupayakan metode yang baik pula dalam mendidik anak.

Sesuai manhaj Rabbany atau kondep pendidikan bagi anak menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam bukunya tarbiyatu-l’aulad, terdapat lima tahapan dalam pendidikan anak, yakni tarbiyah bi-l-qudwah atau pendidikan dengan keteladanan, tarbiyah bi-l-‘adah atau pendidikan dengan adat kebiasaan, tarbiyah bi-l-mauidhah atau pendidikan dengan nasehat, tarbiyah bi-l-mulahadhah atau pendidikan dengan memberi hadiah, dan tarbiyah bi-l-‘uqubah atau pendidikan dengan memberi hukuman.

Pendidikan ketaladanan berada pada poin pertama sebagai pendidikan utama yang sangat efektif dan berpengaruh pada anak. Hal ini karena sebuah teladan atau contoh sangatlah penting, dengan contoh kita tidak banyak bertanya, kecuali jia kita menemukan suatu kesulitan. Contoh menjadikan seseorang mencoba untuk terus meniru apa yang ada dicontoh. Dalam pendidikan, memberikan sebuah contoh adalah sebuah metode yang sangat berpengaruh dan terbukti paling berhasil dalam mempersiapkan dan membentuk aspek moral spiritual dan etos sosial anak.

Harus diketahui bahwa seorang pendidik adalah seorang figur terbaik dalam pandangan anak, yang tingkah lakunya, tindak tanduknya, perilakunya, ucapannya, dan sopan santunnya, disadari atau tidak akan ditiru oleh sang anak. Begitu pula dengan perkataan dan perbuatan pendidik yang akan tertanam di kepribadian anak. Terlebih lagi, seorang pendidik adalah orang yang paling dekat dengan anak dan anak melihat serta merekam keseharian dan aktifitas orang tuanya secara langsung di rumah.

Setegas atau sekencang apapun perintah seorang pendidik kepada sang anak, namun tanpa disertai dengan contoh atau ketauladanan, maka sang anak pun tidak menirunya. Lain halnya jika seorang pendidik melakukan sesuatu di depan anak dan itu adalah hal yang baik, disadari atau tidak, anak akan menirunya.

Seberapa besarpun usaha yang dilakukan seorang pendidik agar anaknya menjadi seorang yang baik dan memenuhi prinsip kebaikan, namun selama pendidik sebagai teladan dari nilai-nilai moral yang tinggi tidak mencontohkannya terlebih dahulu, maka anak tidak akan melakukannya. Bagi seorang anak adalah hal yang sulit, jika ia melihat orang yang memberikan pengarahan atau bimbingan kepadanya tidak mengamalkan apa yang ia arahkan.

Layaknya suri tauladan Nabi sebagai seorang uswatun hasanah yang memberi banyak teladan dan contoh, sehingga para sahabat dan umat-Nya mendapat banyak teladan baik dalam aspek ibadah, kecerdasan, tingkah laku, kezuhudan, keberanian, keteguhan dalam memegang prinsip, juga termasuk tuntunan Nabi dalam mengingatkan pendidik untuk memberikan teladan yang baik yang semuanya terdapat dalam sekian banyak hadis yang ada. Seperti hadits yang berbunyi:

مَنْ قَالَ لِصَحِبِيٍّ تَعَلْ هَاكَ ثُمَّ لَْم يُعْطِهِ فَهِيَ كَذْبَةٌ

“Barang siapa yang berkata kepada anak, ‘kemarilah, ambilah ini”, kemudian dia tidak memberinya apapun, maka itu adalah kebohongan.” (H.R Ahmad)

Hadits di atas menekankan kepada pendidik untuk senantiasa menunjukkan kejujuran kepada anak sebagai sebuah teladan yang baik, karena anak yang melihat orang tuanya berbohong, tidak mungkin akan belajar kejujuran. Oleh karena itu, keteladanan adalah faktor paling penting dalam membentuk baik buruknya anak dan ia akan terbentuk kepribadiannya sesuai dengan kepribadian orang tuanya dan sesuai usaha sang pendidik dalam memberikan contoh dan teladannya. Keberhasilan dalam mendidik anak akan membawa orang tua memetik hasil jerih payah mereka dan dapat berteduh di bawah kerindangan tanaman mereka. []

Tags: anakkeluarganabiorang tuaparenting
Neng Eri Sofiana

Neng Eri Sofiana

Ibu rumah tangga yang senang mengkaji hukum Islam dan budaya, lahir di Cianjur, kini berdomisili di Ponorogo dan sedang menempuh Pascasarjana Hukum Keluarga IAIN Ponorogo.

Terkait Posts

Disabilitas dan Seni

Kreativitas tanpa Batas: Disabilitas dan Seni

31 Mei 2025
Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Menilik Peran KUPI Muda dalam Momen Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

30 Mei 2025
Al-Ḥayā’

Menafsir Ulang Ajaran Al-Ḥayā’ di Tengah Maraknya Pelecehan Seksual

29 Mei 2025
Merariq Kodek

Merariq Kodek: Ketika Pernikahan Anak Jadi Viral dan Dinormalisasi

28 Mei 2025
Kafa'ah yang Mubadalah

Kafa’ah yang Mubadalah: Menemukan Kesepadanan dalam Moral Pasutri yang Islami

27 Mei 2025
Najwa Shihab dan Ibrahim

Najwa Shihab dan Ibrahim: Teladan Kesetaraan dalam Pernikahan

26 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • IUD

    Bagaimana Hukum Dokter Laki-laki Memasangkan Kontrasepsi IUD?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tren Mode Rambut Sukainah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengalaman Kemanusiaan Perempuan dalam Film Cocote Tonggo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sejarah Para Perempuan Penguasa Kerajaan Wajo, Sulawesi Selatan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir (Bagian 1)
  • Tren Mode Rambut Sukainah
  • Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga
  • Bagaimana Hukum Dokter Laki-laki Memasangkan Kontrasepsi IUD?
  • Pengalaman Kemanusiaan Perempuan dalam Film Cocote Tonggo

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID