Rabu, 10 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Belajar Kebhinekaan Pendidikan Agama Bagi Penghayat

Jasmilawati memberi teladan nyata. Sebagai kepala sekolah, dia seorang muslim dengan murid 70 % beragama Kristen dan 30 % penganut penghayat kepercayaan

Manggala Kayan Manggala Kayan
2 Juli 2024
in Pernak-pernik
0
Pendidikan Penghayat

Pendidikan Penghayat

1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Kawan mubadalah pernah mendengar, membaca atau bahkan menyaksikan ada penghayat kepercayaan tidak mendapatkan hak Pendidikan? Atau belum mendapatkan hak membuat KTP? Jawaban kawan pasti beragam yah. Saya ingin berbagi pengalaman kepada kawan. Pengalaman ini akan menjawab semua pertanyaan yang saya dapatkan dari webinar zoom beberapa waktu yang lalu.

Saya mengikuti acara webinar forum belajar kebhinekaan episode 3. Peyelenggara acara tersebut ialah Cerdas berkarakter dan Kemendikbud RI. Tema acara itu “Kenal lebih dekat dengan penghayat kepercayaan terhadap tuhan yang Maha Esa.”

Pemateri acara itu adalah Ibu Jasmilawati. Ia seorang kepala sekolah di SMAN 1 Bambang, Mamasa, Sulawesi Barat. Ia bercerita bahwa Ia sudah mempraktikkan dan menanamkan rasa cinta tanah air, tolerans dan keberagaman di sekolah ini.

Menanamkan Rasa Cinta Keberagaman

Jasmilawati memberi teladan nyata. Sebagai kepala sekolah, dia seorang muslim dengan murid 70 % beragama Kristen dan 30 % penganut penghayat kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ia mengkampanyekan sikap toleransi dan sikap saling menghargai perbedaan saat apel pagi di sekolah.

Selain itu, Ibu kepala sekolah Sudah menuangkan dalam visi dan misi sekolah. Terakhir, ia mengajak peserta didik untuk senantiasa mengamalkan semboyan “Bhinneka Tunggal ika” dengan nyata. Siswa yang beragama Kristen membantu siswa penghayat dan sebaliknya.

Pendidikan untuk semua agama termasuk penghayat

Menurut Jasmilawati, ia memberikan pelayanan kepada semua peserta didik. Pertama, mengidentifikasi peserta didik sesuai latar belakang agama dan kepercayaan termasuk kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, menginput data pada dapodik sesuai dengan identitas peserta didik. Ketiga, menyediakan fasilitas pembelajaran seperti kelas dan media belajar lainnya. Keempat, meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memotivasi. Mereka juga mendorong penyuluh untuk selalu meningkatkan kompetensi dalam hal pelayanan Pendidikan bagi peserta didik penghayat kepercayaan.

Tentang Pendidikan Kepercayaan

Jasmilawati memaparkan tentang Pendidikan Kepercayaan di SMAN 1 Bambang. Sejak tahun 2016, SMAN 1 Bambang melayani pendidikan Kepercayaan. Sekolah sudah memiliki 35 alumni peserta didik penghayat. Saat ini, Sekolah mereka mempunyai 24 peserta didik penghayat Mappurondo. Dari jumlah tersebut tersebar kelas X sebanyak 12 orang. kelas XI sebanyak 5 orang dan kelas XII sebanyak 7 orang.

Mereka juga mengakomodir terlaksananya pendidikan kepercayaan di sekolah adalah suatu hal yang wajib bagi satuan Pendidikan. Landasan pertama, Pendidikan kepercayaan dengan aturan yang jelas (Permendikbud No. 27/2016 tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan pada Satuan Pendidikan).

Kedua mereka melestarikan kearifan lokal bangsa, dan  memberikan hak bagi setiap warga negara untuk mendapatkan pengajaran sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.

Layanan Bagi Peserta didik dan Penyuluh

Penyuluh yang merupakan sebutan bagi tenaga pendidik kepercayaan (Permendikbud 27/2016). Terdapat 1 (satu) penyuluh yang mengampu mata pelajaran Kepercayaan di SMAN 1 Bambang Bapak Reing, S.Pd. Beliau telah tersertifikasi sebagai penyuluh Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa tingkat ahi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Layanan Bagi Peserta didik, mereka memberikan pembelajaran sesuai dengan kepercayaannya. Mereka juga Menginput data pada dapodik sesual identitasnya sebagai penghayat dan menginput nilai pada e-rapor sesuai dengan mata pelajaran kepercayaan yang bisa pelajari. Selain itu, mereka memberikan izin bila hendak melaksanakan kegiatan ritual berdasarkan kepercayaan masing-masing.

Layanan bagi penyuluh, mereka menyediakan ruang kelas dan fasilitas lain sebagai tempat dan sarana pelaksanaan pembelajaran. Lalu  memberikan honor per jam dari dana BOS sesuai kemampuan sekolah dan menginput identitas pada capodik sekolah berdasarkan identitas yang dianutnya. Selain pelayanan di atas, memberikan akses e-rapor untuk menginput nilai-nilai siswa yang mengikuti mate pelajaran pendidikan kepercayaan.

Jasmilawati mengakhri penjelasannya dengan memaparkan kendala terhadap layanannya. Kendala tersebut ialah belum tersedianya Kompetensi Inti dan Kompetensi dan dasar mata Pelajaran Pendidikan Kepercayaan pada aplikasi e-rapor, sehingga masih perlu diinput secara manual oleh penyuluh bekerjasama dengan operator sekolah.

Dari pengalaman tersebut bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Saya menyimpulkan bahwa penghayat sudah mendapatkan hak Pendidikan sebagai contoh di SMAN 1 Bambang, Sulawesi Barat. Saya berharap di tempat lain yang ada pemeluk penghayatnya juga bisa mendapatkan hak dan akses pendidikan juga. Aamiin. []

 

 

Tags: bhineka tunggal IkaKebangsaanKebhinekaanNusantaraPendidikan Penghayat
Manggala Kayan

Manggala Kayan

Mahasiswa PascaSarjana Magister Studi Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ia pun Alumni Institut Studi Islam Fahmina. Ia terus belajar dan belajar menulis. Saling terhubung Ig @Manggala_kayan.

Terkait Posts

Santri Penjaga Peradaban
Publik

Santri Penjaga Peradaban: Mengawal Indonesia Merdeka Menuju Dunia yang Damai

25 Oktober 2025
Siti Ambariyah
Figur

Menelaah Biografi Nyai Siti Ambariyah; Antara Cinta dan Perjuangan

18 Oktober 2025
Multitafsir Pancasila
Publik

Multitafsir Pancasila Dari Legitimasi Kekuasaan ke Pedoman Kemaslahatan Bangsa

4 Oktober 2025
Bissu
Publik

Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

15 September 2025
Uang Panai
Publik

Uang Panai: Stigma Perempuan Bugis, dan Solusi Mubadalah

21 Agustus 2025
Bendera Merah Putih
Publik

Tentang Bendera Merah Putih dan One Piece

5 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Benarkah Implementasi Kebijakan Publik Terhadap Hak Difabel Sudah Sesuai HAM?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan
  • Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru
  • Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa
  • Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan
  • Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID