Mubadalah.id – Di dalam ajaran Islam, kita semua diperintahkan untuk selalu berbuat baik (amar ma’ruf) dan menjauhi semua keburukan (nahi mungkar) kepada semua manusia. Namun, dalam praktik untuk menjauhkan dari kemungkaran, ada beberapa cara yang Islam ajarkan. Misal cara pertama adalah dengan lisan.
Akan tetapi, jika dengan cara lisan tersebut kemungkaran belum juga berhenti, atasi dengan hati. Ungkapan “dengan hati” dapat kita pahami sebagai dengan cara diam atau mendiamkannya. Cara ini merupakan tindakan yang paling lemah. Cara ini menjadi kewajiban setiap individu masyarakat.
Tafsir seperti itu tidaklah sepenuhnya salah atau keliru. Secara harfiah, kata “tangan” adalah bagian anggota tubuh manusia. Ketika ada anak atau murid melakukan kesalahan atau pelanggaran, tangan orang tua atau guru dapat digunakan untuk mencubit, menjewer, atau bahkan memukulnya. Ini konon cara yang mendidik.
Kata “lisan” (lidah) dapat kita pahami sebagai ucapan, omongan, omelan, dan sejenisnya. Omongan bisa berisi teguran, peringatan, atau ancaman, tetapi bisa juga pidato, ceramah, dan nasihat.
Kata Hati
Sementara itu, kata “hati” berarti apa yang kita rasakan di dalam tubuh dan yang tidak kita ucapkan. Maka, itu adalah sikap dalam situasi dan ekspresi diam atau membatin.
Tafsir tersebut masih cukup dominan. Ketika situasi sosial kita sedang mengalami kekacauan, norma-norma sosial terdistorsi, kekerasan merebak, korupsi menyebar, dekadensi moral, dan seterusnya.
Sebagian masyarakat sering mengambil tafsir hadis tersebut sebagai senjata yang mereka anggap ampuh untuk mengatasi semua itu. Hal ini disebut sebagai nahi ‘anil mungkar.
Ketika kekuasaan negara tak berdaya, supremasi hukum lemah, presiden tak bisa tegas mengambil tindakan, pemimpin rakyat mengambil alih peran negara.
Akibatnya masyarakat merasa mendapat legitimasi untuk dengan bebas merusak, mengubrak-abrik tempat-tempat maksiat atau tempat-tempat lain yang dianggap menyimpang, menghakimi sendiri siapa saja yang dianggap merusak moral, dan pada tahap tertentu merencanakan pengambilalihan kekuasaan. Semua tindakan itu diklaim sebagai kebenaran atas nama Tuhan atau agama.
Situasi seperti ini tentu saja mencemaskan. Konflik dan perang antarbangsa seakan-akan sudah di depan mata. Membayangkan ini tentu saja mengerikan. []