Mubadalah.id– Fenomena yang sering muncul saat ini, kita ketahui bersama dalam banyak narasi keagamaan tentang kesetaraan kerap kali berhenti pada ranah hubungan laki-laki dan perempuan saja.
Namun, pernahkah kita mencoba berfikir lebih dalam tentang kesetaraan, keadilan dan empati itu muncul pada aspek yang paling dekat dengan kita yakni keluarga, terutama bagi keluarga disabilitas. Keluarga disabilitas yang saya maksud di mana ada salah satu anggota dalam keluarga tersebut yang menyadang disabilitas.
Dalam ranah ini terkhusus keluarga saya, rumah yang sederhana memberikan makna yang mendalam tentang arti belajar kesalingan. Untuk saling memberi, menerima dan saling menguatkan ketika dalam keadaan serba terbatas. Karena saya lahir dari keluarga sederhana, bapak seorang petani dan ibu seorang ibu rumah tangga. Sejak kecil saya dalam satu rumah bersama bapak ibu, bude penyandang disabilitas mental dan kakek nenek yang sudah renta.
Di usia saya yang mau memasuki usia dua puluh empat tahun bapak telah berpulang ke Rahmatullah tepat satu tahun yang lalu. Kini saya hidup bersama ibu yang harus memainkan peran sebagai ibu rumah tangga dan kepala keluarga.
Bude penyandang disabilitas mental dan Pakde yang telah sekian lama merantau di Lampung lima puluh lima tahun tidak pernah pulang ke rumah. Saat ini usia Pakde enam puluh empat tahun, yang kemudian pulang menghabiskan masa tuanya di keluarga kecil saya.
Dengan latar belakang ini, gagasan tentang kesalingan, kesetaraan, menerima dan saling menguatkan muncul tidak berhenti pada narasi-narasi yang sering terbaca oleh kalangan pelajar secara umum. Namun gagasan itu juga lahir dan muncul di meja makan rumah sederhana dalam keluarga kita sendiri.
Kesalingan Bukan Hanya Teori
Di masa kecil penulis mengalami beberapa sekat dan tekanan emosional dalam bermasyarakat. Yakni menjadi keluarga yang terpinggirkan hanya dengan alasan merawat keluarga (Bude) yang menyandang disabilitas mental. Namun di keluarga kecil inilah belajar untuk saling menguatkan menerima dengan segala ketetapan-Nya. Pandai bersyukur akan nikmat-Nya dan tidak pernah menganggap kondisi seperti ini sebagai beban.
Perspektif mubadalah mengajarkan tentang hubungan yang setara dan saling menguatkan adalah pondasi dasar nafas kehidupan. Rasulullah Saw bersabada :
لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ
“Tidaklah beriman salah seorang di antara kalian hingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Dalam pemaknaan teks saja mungkin hadis ini hanya sekadar ajakan untuk saling mencintai. Bila membacanya dalam wilayah konteks, maka kita melihat bahwa menerima dengan segalah bentuk cinta, hormat dan setara terhadap saudara yang termasuk dalam kelompok rentan.
Dalam konteks keluarga kami, merawat keluarga kecil ini bersama ibu, bude dan pakde bukanlah “Pengorbanan sepihak” melainkan ini adalah wujud cinta yang menghidupkan kedua belah pihak.
Ibu sebagai Kepala Keluarga
Fenomena yang sering kita jumpai saat ini, ketika perempuan memainkan peran sebagai kepala keluarga sering masuk dalam kategori masyarakat rentan. Keadaan semacam ini, saya melihat langsung bagaimana sosok ibu yang harus mencari nafkah, mengurus rumah, merawat Bude dan Pakde. Saya melihat betul keteguhan dan kehormatan ibu di tengah peran ganda ekonomi dan domestik serta stigma yang berada dalam masyarakat.
Dari ibulah, saya saat ini tidak pernah memandang keluarga bedasarkan heriarki dalam keluarga. Sosok ibu yang mengajarkan tentang peran ibu sebagai kepala keluarga bukanlah simbol kekurangan. Melainkan bukti bahwa setiap keluarga baik laki-laki dan perempuan dalam saling megngantikan peran dan menguatkan demi keberlangsungan hidup bersama.
Sebagaimana perjuangan dari Sayyidah Khadijah yang menjadi penompang dakwah Rasulullah SAW menyebarkan agama islam. Begitupun Rasullah Saw sangat menghormati perempuan yang bekerja dan mengurus keluarga.
Mengutip dari buku Qira’ah Mubadalah karya dari Gus Faqihuddin Abdul Kodir Beliau menuliskan “Mubadalah adalah membaca teks-teks islam dengan perpektif kesalingan. Apa yang berlaku untuk laki-laki, juga berlaku untuk perempuan. Apa yang menjadi hak salah satu, juga menjadi kewajiban bagi yang lain. Relasi yang sehat adalah relasi saling, bukan saling dominasi”.
Mengajar dengan Perspektif Kesalingan
Semenjak lulus di tahun 2023 sebagai sarjana Pendidikan Agama Islam, saya mengabdikan diri di ranah dunia pendidikan di tingkat dasar yakni SDN 1 Krebet. Sebagai guru Pendidikan Agama Islam sekaligus pengajar di Madrasah Diniyah. Di lembaga pendidikan ini saya memiki tiga murid yang memiliki kelebihan khusus.
Banyak anggapan dari masyarakat secara umum, anak-anak yang memiliki kelebihan khusus ini tidak akan mampu mengikuti pelajaran di kelas. Namun saya menyakini dalam perspektif kesalingan bahwa setiap anak memiliki potensinya masing masing yang bisa dikembangkan.
Mengutip dari KH.Abdurahman Wahid atau akrab kita panggil gusdur saat memperjuangkan hak penyandang disabilitas di era 1990-an. Gusdur menyampaikan “Kaum difabel bukan orang yang harus dikasihani, melainkan orang yang harus diberi kesempatan”.
Dalam penyampaian gusdur inilah, saya berusaha memberikan ruang-ruang untuk murid yang memiliki kelebihan khusus berkesempatan untuk tumbuh dengan setara bersama teman-temanya.
Dalam proses pembelajaran, saya menyesuaikan dengan proses belajarnya dengan mengunakan pendekatan personal dan melibatkan teman-temanya untuk saling membantu. saya berusaha agar anak-anak yang memiliki kelebihan khusus ini bukan hanya penonton yang berada di pinggir melaikan juga aktif membangun kelas yang sehat dalam proses belajar.
Prinsip-prinsip ini selaras dengan maqashid syariah dengan cara menjaga akal (Hifzh al’aqlI) dan menjaga jiwa (Hifsh An-Nafs) dalam arti dalam berati harus memelihara kemampuan berfikir dan kehidupan semua murid tanpa diskriminasi.
Menulis Sebagai Dakwah Inklusif
Dunia menulis saya menekuninya semenjak menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. Saat ini selain mengabdikan diri dalam dunia pendidikan, saya juga tetap berusaha menulis sebagai jalan alternatif dalam dakwah inklusif.
Mengutip dari KH.Abdurahman Wahid dari kumpulan pemikiran Gus Dur, beliau menyampaikan “Tidak penting apa agamamu atau sukumu, kalau kamu bisa melakukan yang baik untuk semua orang, orang tidak akan pernah tanya apa agamamu”. Dari spirit yang Gus Dur sampaikan inilah, penulis berusaha untuk menulis tentang ajakan baik dalam kontess agama yakni Islam Rahmatal Lil Alamin yang hadir untuk semua tanpa memandang segala kekurangan baik fisik, latar belakang dan kemampuan.
Di zaman yang kompleks ini, manusia terhubung dalam dunia global yang sering disebut dengan era digital. Maka dakwah Islam yang membawa pesan-pesan kasih sayang harus mampu menembus sekat dengan membumikannya sehingga mudah di pahami pembaca secara umum. Semoga dari tulisan perjalanan kecil keluarga disabilitas kami inilah cahaya kesalingan sebagai denyut nadi kehidupan akan memancar ke masyarakat, bangsa dan dunia. []