Judul buku : Perempuan Bukan Sumber Fitnah
Penulis : Faqihuddin Abdul Qodir
Jumlah Halaman : 240 halaman
Penerbit : Afkaruna.id
Cetakan : Cetakan ke-1, Agustus 2021/Dzulhijjah 1442
ISBN : 978-623-93728-8-0
Mubadalah.id – Akhir-akhir ini, saya sedang asyik membaca buku Perempuan bukan Sumber Fitnah karya Kiai Faqih Abdul Qodir.
Di dalam buku Perempuan bukan Sumber Fitnah, Kiai Faqih membagi tulisannya menjadi empat tema. Di dalam bagian pertama memuat tema “Metode Mubadalah Dalam Interpretasi Hadis,” bagian kedua tentang “Hadis tentang Jati Diri Perempuan yang Disalahpahami”.
Kemudian di bagian tiga menjelaskan soal “Hadis Partisipasi Perempuan di Ruang Publik yang Disalahpahami”. Dan yang terakhir, Kiai Faqih membahas “Hadis Relasi Pasangan Suami Istri yang Disalahpahami.”
Dalam empat bagian tema tersebut, ada salah satu judul di bagian tema ke empat yang membuat saya tertarik untuk membahasnya. Satu judul itu tentang “Perempuan Tidak Elok Menolak Lamaran”.
Di dalam tulisannya, Kiai Faqih menyebutkan, dalam pernikahan, kerap kali sebagian para perempuan dihadapkan bahwa ia tidak boleh memilih pasangan hidupnya. Bahkan perempuan tidak boleh menolak pilihan yang kedua orang tuanya berikan.
Lebih lanjut, menurut Kiai Faqih, mungkin kita sering mendengar narasi bahwa perempuan tidak baik menolak ketika orang tuanya jodohkan. Di samping alasan budaya, perempuan yang menolak lamaran, katanya, akan selamanya tidak ada lagi laki-laki yang datang menginginkannya.
Perempuan Berhak Menolak Lamaran
Oleh sebab itu, melalui tulisan ini saya ingin menjelaskan, untuk memilih pasangan hidup, maka sebetulnya perempuan berhak memilih pasangannya. Perempuan berhak menolak ketika ia akan dijodohkan atau dilamar dengan orang yang tidak ia sukai.
Bahkan jika merujuk teks keagamaan, Kiai Faqih menjelaskan, ada beberapa teks hadis yang dapat menjadi pertimbangan ketika perempuan menolak lamaran. Teks hadis tersebut sebagai berikut:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَطَبَ إِلَيْكُمْ مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلْقَهُ فَزَوَجُوهُ إلا تَفْعَلُوا تَكُنْ فِتْنَةٌ فِي الْأَرْضِ وَفَسَادٌ عَرِيضْ(سنن الترمذي)
Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Apabila seseorang yang kalian ridai agama dan akhlaknya datang kepada kalian untuk melamar (perempuan kalian), maka hendaknya kalian menikahkan orang tersebut (dengan perempuan kalian). Bila kalian tidak melakukannya, niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang besar.” (Sunan al-Tirmidzi, Kitâb al-Nikah, no. 1107).
Melalui teks hadis tersebut, Kiai Faqih menjelaskan, sebetulnya Nabi Muhammad Saw tidak menyalahkan penolakan secara mutlak, melainkan memberikan persyaratan yang ditolak itu adalah orang yang diridai agama dan akhlaknya.
Sedangkan, orang yang memenuhi kriteria tersebut eloknya tidak menolaknya ketika datang melamar. Tentu, penerimaan perempuan juga menjadi bagian dari prasyarat. Jadi, ketika prasyarat tersebut tidak terpenuhi, penolakan adalah sesuatu yang wajar dan bisa Islam terima. Oleh sebab itu, perempuan memiliki hak penuh untuk menerima dan menolak lamaran dari siapa pun.
Pernikahan Adalah Relasi Kemitraan
Pernikahan, menurut Kiai Faqih, merupakan relasi zawaj atau kemitraan, Relasi ini hanya mungkin jika masing-masing masuk di dalamnya dengan penuh penerimaan. Artinya, sebelum masuk pernikahan, perempuan maupun laki-laki, memiliki hak penuh untuk menolak dan mundur dari rencana pernikahan.
Bahkan dalam satu Hadis menyebutkan bahwa seorang perempuan lebih berhak memutuskan dengan siapa ia menikah, dibanding ayahnya (Sunan Ibn Majah, no. 1947, dan Sunan al-Nasa’i, no. 3282).
Maka dari itu, untuk soal pernikahan, perempuan lah yang memiliki hak untuk memilih pasangan hidupnya. Karena ketika kelak ia menikah nanti, si perempuan lah yang akan menjalaninya. Bukan orang tua, apalagi tetangganya.
Bahkan menurut Kiai Faqih, hal tersebut sama sekali tidak berdosa dan tidak melanggar etika apa pun dalam Islam. Karena pernikahan, dalam perspektif mubadalah adalah kemitraan (zawaj) dan kerja sama (musyarakah), yang mensyaratkan adanya penerimaan dan kerelaan di awal. []