Korona menyebabkan beberapa kota melakukan pembatasan sosial. Kota-kota itu lalu menjadi sepi karena banyak orang yang memilih terus berada di rumah. Beberapa wacana kemudian tersebar karena hal tersebut. Salah satunya adalah bahwa Korona menyelematkan bumi, karena dengannya bumi bisa bernafas kembali. Global warming menurun. Binatang-binatang bisa berkeliaran ke tempat-tempat yang tidak biasa bagi mereka.
Dalam wacana ekologi, saya kira contoh wacana di atas bisa dikategorikan sebagai ecofacism (ekofasisme) yaitu sebuah teori yang menjadikan ekologi sebagai satu-satunya tolak ukur kemajuan tanpa memperhatikan masalah kemanusiaan sebagai konteksnya. Padahal banyak orang mati, banyak pekerja yang dirumahkan, banyak pedagang kecil yang tidak tau bagaimana besok harus hidup.
Wacana terkait ekofasisme muncul sudah cukup lama, Thomas Robert Malthus menulis dengan begitu fasis di bukunya The Essay of the Principle of Population. Ia menyatakan bahwa masyarakat ideal yang dicita-citakan Godwin (seorang tokoh yang membicarakan terkait masyarakat ideal) tidak akan terwujud karena populasi penduduk akan meningkat seperti deret ukur (geometric ratio) yaitu 1,2,4,8,16 dan seterusnya sementara pertumbuhan sumberdaya pangan meningkat seperti deret hitung (arithmetic ratio) yaitu 1,2,3,4,5 dan seterusnya.
Nah menurut Malthus, karena populasi tidak akan terkendali dan ketersediaan pangan tidak akan cukup, maka perlu penghambat pertumbuhan populasi. Dengan apa? Dua hal, yaitu positive checks (peningkatan angka kematian) dengan wabah penyakit, bencana kelaparan, dan sebagainya serta preventive checks (pengurangan angka kelahiran) dengan penggunaan alat kontrasepsi, penundaan usia perkawinan dan lain-lain.
Teori Ekofasisme Malthus tersebut kemudian diimplementasikan pada banyak kebijakan terkait populasi saat ini. Masalahnya, siapa yang akan menjadi korban atau target dari kebijakan itu? Tentu saja masyarakat miskin, dan rentan yang tidak memiliki privilege. Kaum marjinal dianggap sebagai “virus” karena mereka membuat overpopulasi dan akhirnya mereka dianggap tidak layak memiliki anak.
Padahal tentu saja kita sama-sama mengetahui bahwa Indonesia memiliki sumber pangan yang melimpah ruah. Akan tetapi kerakusan para pengusaha membuat sawah-sawah manusia marjinal itu harus dijual untuk pabrik. Ketika terjadi overpopulasi, yang ditekan tentu saja adalah kaum marjinal (lagi).
Korona sebagai wabah penyakit juga membuat cluster kelas semakin terlihat. Orang-orang yang cukup berprivelese bisa melakukan social-distancing dengan tenang karena gaji tetap mengalir. Sementara para pekerja yang tidak berprivilese mereka harus memutar otak bagaimana cara untuk hidup. Mereka tidak dibayar, ingin pulang kampung tidak bisa sementara pekerjaan tidak tersedia di masa pandemi.
Jadi saya kira, stop menggunakan wabah Korona sebagai sarana bersyukur bahwa bumi bernafas kembali. Sudah banyak angka kematian tercatat (kebanyakan adalah para working class). Sudah banyak juga air mata keluarga yang tumpah karena tidak tahu harus mencari uang dari mana lagi di masa pandemi ini. Apakah itu hanya angka dan cerita agar kita puas mendengarkan burung bernyanyi di pagi hari? []