Mubadalah.id – “Yuni” begitulah judul filmnya, singkat namun sarat akan makna. Berkisah tentang seorang remaja perempuan yang tampaknya sama seperti remaja-remaja lainnya remaja yang memiliki banyak hal yang ingin dicapai, remaja yang penuh dengan semangat, remaja yang memiliki cita-cita yang tinggi, namun terbentur dengan keadaan lingkungan yang patriarkis. Inilah yang membuat film ini semakin menarik dan sangat layak untuk di tonton.
Film Yuni ini dikemas dengan sangat apik, tiap detail yang ditampilkan begitu menyentuh bagi siapapun yang melihatnya karena terasa sangat personal. Setiap reaksi yang ditunjukkan begitu tergambar dengan jelas bahwa begitulah perasaan Yuni yang sesungguhnya tidak bisa diungkapkan lagi dengan kata-kata “aku tidak mau” “aku capek” “biarkan aku memilih jalanku sendiri” meskipun kenyataannya memang ingin mengatakan seperti itu.
Inilah gambaran patriarki yang masih mendarah daging dalam masyarakat kita, ketika keperawanan semakin diglorifikasi dan maraknya perkawinan anak, bahwa perempuan hanya ditakdirkan sebagai “pekerja” domestik yang cakupannya begitu sempit hanya terikat dengan urusan sumur, dapur, dan kasur saja. Bahwa suara perempuan tidaklah penting, kehendak dan kebebasan perempuan bukan lagi menjadi hak personal.
Miris, ketika segala hal yang seharusnya tidak mengikat malah dipaksa untuk terikat, film ini bisa dibilang sebagai teguran untuk masyarakat yang masih menganut budaya patriarki. Berbagai isu perempuan tergambar dalam film ini termasuk di dalamnya isu pernikahan dini, berbagai stigma negatif terhadap perempuan, budaya patriarki yang begitu kental dan melekat sehingga kesejahteraan perempuan semakin termarginalisasi dan selalu di nomor duakan.
Juga kacaunya sistem pendidikan yang semakin ngaco, glorifikasi hawa nafsu berkedok poligami sebagai bagian dari syariat, edukasi seks yang begitu minim sehingga dianggap hal yang sangat tabu ketika membicarakan hal-hal yang memang dianggap sensitif, dan masih banyak lagi isu-isu perempun yang bisa dikatakan ironi dan sangat tragis, karena perempuan di matikan dalam hal ini yang membuat dirinya tak berdaya.
Sampai muncullah suatu pesan “Pak, Bu antarkan anak-anakmu ke sekolah, bukan ke pelaminan” sebuah teguran untuk kita semua bahwa anak juga berhak untuk segala hal, suaranya berhak untuk didengar, apapun yang menjadi pilihannya selama itu baik dan menjamin untuk kehidupannya di masa depan perlu di berikan dukungan yang positif, bukan malah memaksakan yang bukan menjadi kehendaknya.
Permasalahan perkawinan anak di Indonesia tidak lagi dipandang sebagai sesuatu yang salah, malah semakin marak dan semakin di glorifikasi dengan istilah “lebih baik menikah daripada menimbulkan zina” ya, memang demikian tetapi perlu diperhatikan ketika anak-anak yang masih di bawah umur melakukan pernikahan, dalam segala hal mereka belum siap baik secara fisik maupun mental, apalagi ditambah angka perceraian di negara kita semakin meningkat tiap tahunnya.
Salah satunya adalah karena perkawinan anak, terasa indah dan begitu menyenangkan mungkin di awal akan tetapi ketika sudah memasuki dunia pernikahan yang sesungguhnya masalah semakin kompleks dan itu memerlukan solving yang bijak dari kedua belah pihak. Tidak jarang malah menimbulkan pertengkaran, apalagi anak-anak yang masih labil, kelola emosinya belum stabil itu malah yang akan menimbulkan masalah baru.
Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pun jangan dianggap sepele karena akan sangat berdampak buruk terutama untuk kesehatan mental, dalam film Yuni ini diceritakan bahwa perkawinan anak sudah dianggap seperti hal yang biasa bahkan layaknya transaksi jual beli dengan kata lain.
“saya beli anakmu sekian juta, jika anakmu masih perawan ketika di malam pertama maka saya tambah sekian juta lagi.” Apakah pantas? Perempuan bukan barang yang habis manis sepah dibuang, bukan juga robot yang ketika salah satu dari bagian anggotanya sudah tidak berfungsi atau berhenti berfungsi bisa diceraikan.
Seorang remaja yang dituntut untuk bisa melayani seorang suami dengan layak, padahal usianya pun belum ideal untuk menikah. Berbagai eksploitasi terhadap perempuan tergambar jelas dalam film ini, bahkan berkali-kali tergambar bahwa dalam kondisi ini laki-laki yang memegang peran yang begitu dominan dengan segala powernya, memutuskan segala hal secara sepihak, tanpa memikirkan kondisi yang lain, apa sebab dan akibat yang akan terjadi selepas keputusan tersebut, apakah berdampak baik atau malah sebaliknya.
Sudah berusaha melawan, berusaha untuk bersuara, berusaha untuk keluar dari segala belenggu yang menjerat, tapi hasilnya nihil pemegang keputusan tetap jatuh pada pihak yang disebut dengan sebutan “laki-laki”. Inilah buah dari pikiran-pikiran patriarki dan segala didikannya.
Warna ungu yang menjadi ikonik dari film ini pun memiliki makna yang tersirat di dalamnya, bukan hanya sekedar yuni dan warna favoritnya “purple girl”, tetapi ungu ini menjadi simbol dari perjuangan perempuan. Sebuah gerakan feminis gelombang II pada tahun 1970-an yang memang mempopulerkan warna ungu sebagai simbol perjuangannya. Kelompok inilah yang memperjuangkan hak-hak perempuan atas tubuhnya, atas seksualitasnya juga reproduksinya kala itu.
Kritik sosial dan pesan-pesan yang disampaikan film ini begitu tajam dan tanpa kompromi, terkadang konstruksi sosial lebih berbahaya ketimbang kejahatan. Semoga setelah ini masyarakat kita lebih tersadarkan dan para pejuang hak-hak perempuan semakin membara, sudah seharusnya masyarakat kita adil gender sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan. []