Mubadalah.id – Gus Dur bukan hanya dikagumi dan dirindukan oleh banyak orang. Ia juga dibenci, dicaci-maki, disumpah serapahi, dan dibenci oleh sebagian orang.
Akan tetapi, caci maki, penghinaan, sumpah serapah, dan kutukan-kutukan para pembenci itu tidak membuat Gus Dur menjadi rendah, kecil, dan terkucil.
Hal semacam itu alih-alih menggentarkan hatinya, justru semakin mengukuhkan kebesarannya, meneguhkan perjuangannya, dan semakin mengalirkan simpati kepadanya.
Gus Dur menanggung semuanya dengan diam. Ia tetap terus menapaki jalan yang ia tempuh menuju cita-cita besarnya yaitu keadilan bagi semua dan persaudaraan atas dasar kemanusiaan.
Gus Dur adalah orang besar yang namanya akan tercatat sejarah peradaban sebagai pejuang kemanusiaan.
Kita sudah membaca sejarah umat manusia dan sejarah orang-orang besar. Orang-orang besar, biasanya, selalu menuai dualitas yang paradoks yaitu ia banyak yang mengagumi dan juga mencemooh dalam waktu yang sama. Ka’ab al-Ahbar, seorang ahli tafsir berbagai kitab suci, berkata:
“Tak ada tokoh bijak bestari di sebuah komunitas, kecuali selalu saja ada orang-orang (kelompok) yang dengki dan mencaci-makinya.”
Syekh Jalaludin as-Suyuthi, ulama besar, seorang ensiklopedis dengan ratusan karya tulisnya, mengatakan hal yang sama, tetapi dengan redaksi bahasa yang sedikit berbedab:
“Tidak ada tokoh besar pada setiap zaman, kecuali ia mendapatkan caci-maki oleh orang-orang bodoh. Orang-orang terhormat selalu mendapat ujian oleh orang-orang pinggiran.”
Pandangan Bijak Bestari
Para tokoh bijak bestari (hukama), dalam sejarahnya, memang bukan hanya disumpah-serapahi dan dibenci. Tetapi juga dikafirkan, dibid’ahkan, dan dizindikkan (dituduh ateis).
Serta banyak yang ingin melenyapkan oleh orang-orang yang tak matang secara intelektual dan spiritual atau oleh orang-orang yang pikirannya tergantung pada bentuk-bentuk kredo formal, teks-teks literal keagamaan, dan fanatisme pada kebenaran diri sendiri serta buta pada kebenaran yang lain.
Imam Abu Hamid al-Ghazali, sang sufi besar, menyebut mereka orang, orang yang memiliki pengetahuan terbatas.
Dalam kitah Ihya’ Ulumuddin, ia mengatakan:
“Ketahuilah, orang yang berpendapat bahwa tidak ada makna al-Qur’an kecuali sebagaimana makna lahiriahnya, sesungguhnya ia sedang menceritakan keterbatasan pengetahuannya.”
“Pandangan itu benar untuk dirinya sendiri. Tetapi, keliru jika ia mengharuskan semua orang mengikuti pandangannya yang terbatas itu. Banyak hadits Nabi Muhammad Saw dan pendapat para sahabat yang menunjukkan bahwa makna al-Qur’an sangatlah luas bagi orang-orang yang berpandangan luas.”
Ibnu Mas’ud Ra berkata, “Barang siapa yang ingin memahami keluasan pengetahuan generasi dahulu. Maka hendaklah ia merenungkan secara mendalam al-Qur’an, dan itu tidak kita peroleh hanya dengan memahami makna lahiriahnya semata.” []