Mubadalah.id – Imam az-Zamaksyari (w. 583H) dalam kitab tafsir al-Kasysyaf menyatakan bahwa al-Qur’an surat an-Nisa’ ayat 3 memerintahkan untuk menikah dengan satu orang perempuan (monogami). Karena hanya dengan ini, seseorang bisa menghindar dari kemungkinan berlaku tidak adil, atau menganiaya pasangan.
“Jika kamu takut tidak bisa berbuat adil terhadap hak-hak anak yatim, maka semestinya kamu juga takut tidak bisa berbuat adil terhadap para perempuan yang kamu poligami. Maka perkecillah jumlah perempuan yang kamu nikahi. Karena orang yang takut terhadap suatu dosa, atau bertobat dari suatu dosa. Tetapi dia masih melakukan dosa lain yang sejenis. Maka sama dengan orang yang tidak takut dosa dan tidak bertobat dari dosa.”
“Sesungguhnya ketika seseorang diperintahkan untuk takut dan menjauhi dosa, justru karena keburukan yang ada di dalamnya. Dan keburukan itu ada dalam setiap dosa. Maka perteguhlah dan pilihlah satu isteri saja, dan tinggalkan poligami secepatnya. Karena pokok persoalan pada ayat ini adalah soal keadilan. Di mana kamu menemukan keadilan, maka kamu harus mengikuti dan memilihnya.”
Pernyataan Imam az-Zamaksyari ini merupakan penegasan yang lugas, bahwa fokus ayat an-Nisa’ bukan pada soal poligami. Tetapi soal keadilan, baik terhadap anak-anak yatim maupun terhadap para istri yang dipoligami.
Monogami
Ketidakadilan pada dua kasus: anak yatim dan poligami, keduanya sama-sama dosa dan buruk. Karena itu, ia mengajak untuk konsisten dengan pilihan monogami dan meninggalkan poligami.
Mungkin pada zamannya, ajakan Imam az-Zamaksyari untuk meninggalkan poligami adalah sesuatu yang luar biasa, bahkan berlebihan. Karena pada masanya, poligami masih merupakan sesuatu yang lumrah dipraktikkan banyak orang.
Tetapi sekalipun demikian, ajakan az-Zamaksyari ini tidak memperoleh resistensi apapun dari ulama-ulama lain, terutama dari disiplin ilmu tafsir. Karena ajakan tersebut memiliki dasar argumentasi yang kuat dalam al-Qur’an.
Dari pernyataan az-Zamaksyari, setidaknya bisa ditegaskan bahwa ayat an-Nisa’ memang bukan diturunkan untuk mengajak orang berpoligami. Karena pokok bahasan ayat tersebut bukan pada ajakan berpoligami. Tetapi pada praktik ketimpangan dan ketidak-adilan yang dihadirkan kebiasaan berpoligami. []