Mubadalah.id – Secara konseptual, kaidah fiqh telah mengenal perujukan terhadap adat kebiasaan yang berlaku, atau realitas yang berkembang.
Hanya saja fiqh memberikan batasan yang cukup ketat, bahwa adat yang dirujuk adalah yang belum ada ketentuan hukumnya dari al-Qur’an dan Hadits.
Apabila sudah ada ketentuannya dalam kedua teks sumber ini, maka rujukan terhadap realitas tidak berlaku, atau dibatalkan. Batasan ini, pada praktiknya, terjadi tarik ulur ketika berhadapan dengan fakta dan realitas langsung di lapangan.
Pembatasan secara tekstual dan tarik ulurnya dalam aras realitas menunjukkan secara jelas pada referensi prisipal, seperti keadilan dan kemaslahatan.
Persoalan-persoalan yang dalam fiqh klasik didasarkan kepada realitas adalah: misalnya dalam penentuan kadar nafkah terhadap istri dan keluarga, bentuk-bentuk pergaulan antara suami istri dan jumlah mahar perkawinan.
Rujukan pada realitas ini juga bisa kita lihat dalam perbincangan ulama mengenai konsep-konsep metodologi penentuan hukum fiqh, seperti qiyas, istihsan dan al-maslahah al-mursalah dan dalam konsep yang sekarang Sangat terkenal maqashid asy-syari’ah.
Konsep-konsep meniscayakan untuk mengenali realitas agar bisa kita integralkan dengan logika dan maksud yang terkandung dalam teks-teks sumber utama.
Artinya, konsep al-mashlahah dan al-maqashid meniscayakan adanya interaksi teks dengan realitas. Teks ini untuk kemaslahatan, dan kemaslahatan itu ada pada realitas, dengan melakukan penilaian dan perumusan indikator yang konkret.
Sehingga teks dan realitas ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa kita pisahkan. Keduanya menjadi dasar pembentukan hukum-hukum syari’at.
Fiqh
Fiqh, sebagai potret interaksi teks dengan realitas, juga terlihat pada kenyataan bahwa fiqh merupakan pemahaman, tepatnya pemahaman seorang mujtahid terhadap teksteks sumber dalam interaksinya dengan realitas-realitas yang berkembang.
Sekalipun ulama sepakat, bahwa rujukan utama fiqh adalah teks-teks. Tetapi dalam tataran nalar kognitif (ijtihad istinbathiy) dan nalar implementatif (ijtihad tathbiqiy) mereka berbeda pendapat.
Adanya perbedaan ini mengisyaratkan betapa kuat interaksi fiqh dengan realitas para penggagasnya. Interaksi ini, dengan nalar ijtihad, adalah jantung sesungguhnya yang memompa tubuh fiqh terus hidup, berkembang, dan mampu menjawab seluruh problematika hidup yang kompleks dan beragam.
Interaksi dengan nalar ijtihad ini, menurut guru Penulis, Syekh Muhammad Habasy (2021), telah Nabi Muhammad Saw teladankan, para sahabat praktikkan. Bahkan menjadi kerangka metodologis dari seluruh ulama fiqh.
Karena kerangka inilah, hadir sumber-sumber lain dan lahir metode-metode lain. Seperti giyas, ijma’ istihsan, istishhab, mashlahah mursalah, syar’u man gablana, sadd adz-dzardi, dan terutama maqashid asy-syari’ah. []