Mubadalah.id – Ngaji Metodologi Fatwa KUPI #2 akan digelar besok pagi, pukul 05.30, pada Minggu, 10 April 2022. Lantas bagaimana konsep ma’ruf dalam Fatwa KUPI?
Ngaji Metodologi Fatwa KUPI #2 itu akan dikaji langsung oleh Ketua MM KUPI, A’wan PBNU, dan Wasekjen MUI, Nyai Badriyah Fayumi, dan dipandu langsung oleh Anggota MM KUPI dan Penulis Buku Metodologi Fatwa KUPI, Faqih Abdul Kodir.
Ngaji Metodologi Fatwa KUPI #2 yang digelar secara daring itu akan mengupas konsep dan pendekatan ma’ruf dalam fatwa KUPI.
Pasalnya, kata ma’ruf itu kerap kali digunakan dalam ayat-ayat al-Qur’an tentang perkawinan dan kehidupan rumah tangga.
Akan kah kata ma’ruf bisa digunakan sebagai pendekatan dalam merumuskan fatwa KUPI.
“Dalam Al-Qur’an kata ma’ruf sangat banyak digunakan dalam ayat-ayat yang berbicara tentang perkawinan, keluarga dan perempuan, terutama mengenai hal-hal yang rentan konflik dan riskan memunculkan ketidakadilan dalam relasi marital dan parental,” tulis akun Instagram mubadalahevent.
“Apakah ini artinya konsep ma’ruf dalam al-Qur’an memberi ruang pada pengalaman perempuan dalam merespon berbagai permasalahan?,” tambahnya.
“Apakah konsep ma’ruf juga bisa menjadi pendekatan dalam merumuskan fatwa-fatwa keagamaan, terutama tentang perempuan? Bagaimana pengalaman KUPI menggunakan konsep ini?,” lanjutnya.
Untuk diketahui, berikut link Zoomnya https://us06web.zoom.us/j/87693566599?pwd=QithMS9WdzBsRnZ6NWhRMFdoWUZuUT09
Atau bisa mengakses melalui Meeting ID: 87693566599, Pascode: KangFaqih.
Lebih lanjut, sebagaimana dikutip dalam laman Bincangsyariah.com bahwa hadis yang menyatakan, “Jika di antara Anda melihat kemunkaran, maka cegahlah menggunakan kekuasaannya, atau cukup diajak, atau cukup diinkari dalam hati, dan inilah iman yang terlemah, (H.R. Muslim)” ditujukan kewenangannya untuk pemerintah, bukan individu atau sekelompok organisasi masyarakat. Hal ini, menurutnya, untuk menghindari timbulnya anarkisme dalam berdakwah yang mencoreng nama Islam.
Masih menurut Ibnu Asyur yang juga menyebutkan bahwa sahabat Nabi, Muaz bin Jabal, yang diutus menjadi dai ke Yaman untuk lebih banyak mengajak pada kebaikan, daripada melarang kemunkaran yang dilakukan masyarakat Yaman.
Memang betul, melarang seseorang melakukan perbuatan maksiat juga bagian dari dakwah. Namun, hal tersebut perlu disampaikan secara santun dan tidak anarkis. Sehingga, masyarakat merasa nyaman dengan dakwah yang kita lakukan, baik sifatnya mengajak kebaikan atau melarang kemungkaran
Oleh karena itu, tugas dai itu hanyalah menyampaikan nilai-nilai positif di masyarakat dan mengajak masyarakat menjadi lebih baik, bukan menyalah-nyalahkan dan menyudutkan orang lain yang kebetulan masih melakukan kemaksiatan.
[]