Mubadalah.Id– erempuan penyintas poligami seperti layangan putus, yang merasa terombang-ambing, putus harapan dan tiada lagi tujuan.
“Layangan putus, adalah cerminan bahwa setinggi apapun ilmu agama, kalau tidak diamalkan maka sia-sia. Layangan putus adalah cerminan bahwa ujian manusia adalah harta, tahta dan wanita. Layangan putus, adalah cerminan dari tegarnya seorang ibu beranak empat yang ditelantarkan demi koleksi baru.”
Kalimat di atas saya baca dengan sengaja, dari flyer yang tersebar di lini masa media sosial, karena penasaran dengan kisah layangan putus, yang belakangan ini viral. Tetapi jika melihat persoalan itu, layangan putus bukan hanya karena cinta yang sudah pupus. Tetapi hasrat seksual yang ingin terpuaskan, hingga memilih poligami dan mengabaikan kehadiran cinta pertama.
Lalu saya pun membaca tulisan lebih tepatnya “curhatan” seorang Ibu yang sudah mempunyai empat orang anak, namun suaminya menikah lagi tanpa ijin dari istri pertama, ibu dari anak-anak tersebut. Ada hak istri yang telah dilanggar, ada hati istri yang telah disakiti, dan hak anak-anak yang tak terpenuhi, yakni kehadiran figur Ayah dalam pola pengasuhan.
Untuk mengulas kisah layangan putus ini, saya menuliskan kembali catatan dari buku “Qiraah Mubadalah”, karya Dr. Faqihuddin Abdul Qodir, tentang narasi poligami. Pertama, jika kesabaran adalah perilaku yang baik dan mulia, serta para pelakunya akan dicintai Allah SWT, maka tidak saja perempuan yang dituntut bersabar dari suami yang ingin atau sudah poligami.
Dari point ini seharusnya suami atau laki-laki juga dituntut bersabar dan tidak memilih poligami agar menjadi orang yang mulia dan dicintai Allah SWT. Begitu pun jika kesetiaan adalah sesuatu yang baik dalam Islam, maka tidak hanya perempuan yang dituntut setia dan melayani suami, tetapi juga laki-laki dituntut hal yang sama untuk setia serta melayani istrinya.
Kesabaran dan kesetiaan adalah nilai yang universal. Ia baik dan berpahala dilakukan oleh siapapun. Laki-laki dan perempuan, keduanya dituntut hal yang sama terkait kesabaran dan kesetiaan pada pasangannya.
Kedua, bahwa perempuan memiliki hak sepenuhnya untuk menolak poligami dengan basis menjauhkan diri dari kerusakan dan mudharat (dar’u al mafasid), yang akan menimpa dirinya maupun keluarganya. Baik yang bersifat fisik, psikis, ekonomi maupun sosial.
Ketiga, bahwa perempuan mempunyai pilihan hak cerai jika suaminya memaksa poligami. Tidak seperti narasi selama ini, di mana perempuan diharuskan bersabar dan menganggap cerai dari poligami sebagai sesuatu yang tidak baik dan tidak dianjurkan.
Bahkan bercerai karena poligami dianggap melanggar tuntunan sebagai istri shalihah yang dijanjikan surga kelak di akhirat. Semua narasi ini (melarang cerai akibat poligami) sama sekali tidak disebutkan dalam al-Qur’an.
Lima belas abad yang lalu, justru al-Qur’an menganggap poligami sebagai problem rumah tangga, yang merupakan bagian dari nusyuz suami kepada istri, maka ini bisa disikapi istri dengan perceraian.
Sehingga langkah yang ditempuh perempuan korban layangan putus itu sudah tepat. Memilih berpisah dengan suaminya, meski kini harus menanggung dan merawat sendiri ketiga anak-anaknya. Tetapi upaya dia untuk melakukan perlawanan dengan menuliskan pengalamannya itu, tentu akan akan menjadi inspirasi bagi perempuan penyintas poligami lainnya.[]