Mubadalah.id – Feminisme sekuler dan feminisme Islam adalah fenomena yang terjadi di dunia dengan karakteristik yang berbeda, namun memiliki ciri yang sama, yaitu melawan. Melawan sesuatu yang di awal sudah dianggap settled dan pergulatan. Pergulatan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan feminisme sebagai framework, cara berfikir, sistem berfikir, hingga cara beraksi. Sehingga tidak heran jika feminisme disebut sebagai cara atau seni pergulatan untuk melawan sesuatu yang sudah settled and established, seakan-akan didasarkan pada pandangan keagamaan, melalui pemikiran kritis dan aksi nyata.
Lies Marcoes menuturkan, dari 6.348 ayat Al-Qur’an, setidaknya hanya ada 11 ayat saja yang berulang kali dimunculkan, seperti tentang penciptaan manusia, menikah, dan posisi manusia. Namun, saat menyinggung tentang perempuan, hanya 4 ayat saja yang berulang kali diperdengarkan, 4 ayat yang mensubordinasi perempuan namun dijadikan basis untuk semua teori tentang hubungan laki-laki dan perempuan. Dari subordinasi atas perempuan inilah, melawan interpretasi ayat yang keliru, hingga pergulatan dalam memunculkan interpretasi baru atas ayat-ayat Al-Qur’an menemukan jalannya.
Lies Marcoes juga menceritakan bahwa pada awal kemunculan feminisme Islam, resistensi yang dialaminya luar biasa. Hal ini dikarenakan masyarakat masih sulit untuk menerima pandangan dari para feminis, meski mereka telah melihat kenyataan yang terjadi. Ini terjadi karena masyarakat merasa terikat dengan tafsir teks keagamaan, seperti Al-Qur’an dan Hadits, yang dianggap sudah final dan tidak mungkin ditafsiri kembali.
Maka, Lies Marcoes menyatakan bahwa pengalaman adalah kunci utama untuk memahami banyaknya wajah dari feminisme yang ada. Dari pengalaman inilah, proses melawan dan pergulatan atas interpretasi teks yang sudah ada menjadi lebih mudah diterima.
Tradisi reinterpretasi teks keagamaan menjadi bagian dari agenda feminisme Islam di Indonesia. Karena resistensi atas feminisme Islam muncul karena interpretasi (tafsir) teks keagamaan sebelumnya banyak mensubordinasi posisi perempuan. Lies Marcoes menjelaskan, bahwa reinterpretasi teks keagamaan adalah bentuk dari upaya melawan dan pergulatan atas single story text. Sehingga interpretasi yang sudah ada atas teks keagamaan, akan dihadapkan dengan realitas yang ada.
“Kita diminta untuk terus menyembah Allah, namun dalam interpretasi yang sudah ada, wajah Allah yang terus-menerus ditampilkan adalah Allah yang hanya melihat perempuan sebagai tukang dandan (tabarruj). Pergulatan dan melawan interpretasi teks seperti inilah yang akan dilakukan. Karena dalam realitas, perempuan tukang dandan hanya sebagian kecil saja, dibandingkan perempuan dengan banyak kemuliaan.
Lies Marcoes menekankan, bahwa tindakan melawan dan pergulatan hendaknya dimulai dari ruang iman. Tatkala ruang iman menjadi terbatas bagi mereka yang beriman saja, maka tindakan melawan dan pergulatan seyogyanya dimulai dari pengalaman nyata menuju sebuah pemikiran, pemikiran inilah yang akan melawan dan bergulat dengan segala hal yang tidak masuk akal, namun terus-menerus mengatasnamakan agama beserta interpretasi teks keagamaan yang terlanjur ada.
Di antara maraknya isu feminisme sekuler dan kemunculan feminisme Islam, Lies Marcoes mengatakan bahwa kata kunci bagi keduanya adalah perjumpaan. Perjumpaan awal antara feminisme sekuler dan feminisme Islam dengan latar belakang Islam sudah dimulai sejak zaman orde baru.
Dan perjumpaan kedua adalah melalui metodologi yang ditemukan oleh Buya Husein dan Kyai Faqihuddin Abdul Kodir. Metodologi untuk menginterpretasi teks keagamaan yang adil gender. Hal yang unik menurut Lies Marcoes adalah tatkala kita tidak bersiasat untuk memulai pergulatan dan tindakan melawan malalui feminisme, namun justru menggunakan tools atau alat dari feminisme yang disebut gender, sehingga dalam masyarakat kita, gender mulai diterima, namun feminisme mengalami resistensi.
Kendati demikian, Lies Marcoes menuturkan sudah banyak organisasi keislaman seperti NU dan Muhammadiyah melalui Fatayat, Muslimah, dan Aisyiyah yang sudah memulai upaya melawan dan pergulatan atas interpretasi teks keagamaan yang dirasa tidak adil gender.
Kehadiran mereka di akar rumput menjadi angin segar bagi pergerakan feminisme Islam, meski jalan terjal masih terus ditemui. Seperti saat diminta untuk menjelaskan maqasid syariah dengan perspektif feminis, hanya sedikit dari mereka yang mampu melakukannya, selebihnya mereka akan tanyakan kepada ustaz-ustaz yang jauh dari kata feminis. Dimana para ustaz akan mengatakan bahwa ketidakadilan yang dirasakan perempuan adalah soal akidah, aurat, dan cara berteman, sehingga seolah solusi keadilan bagi perempuan hanya ada di surga.
Sudah terlalu banyak teks keagamaan yang ditafsiri secara sepihak, dengan menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lainnya secara gender. Sudah terlalu sering, subordinasi atas perempuan dilakukan dalam koridor keagamaan dengan interpretasi teks keagamaan yang mengikat. Maka, feminisme Islam sudah on track kala melakukan pergulatan dan melawan interpretasi teks keagamaan yang tidak adil gender dengan upaya mereinterpretasikan teks-teks keagamaan. []