Jumat, 7 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    istihadhah yang

    Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan

    Rumah Ibadah

    Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    Nostra Aetate

    Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    istihadhah yang

    Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan

    Rumah Ibadah

    Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    Nostra Aetate

    Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Film

Memahami Pluralisme dalam Film My Name Is Khan

Jalan Allah itu Kasih Sayang, Bukan Kekerasan!

Nadhira Yahya Nadhira Yahya
13 Januari 2023
in Film, Publik
0
film My Name is Khan
277
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Serial Bollywood tentu bukan lagi tontonan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Dari yang lawas, sampai yang terbaru sepertinya India tidak habis-habisnya menghadirkan film yang menarik, karena ciri khasnya yang tidak hanya menghibur, tapi juga sarat akan makna. Cerita dan kisah yang dibangun dalam film, seringkali merupakan hal-hal yang dekat dengan kita, sehingga tak jarang setelah menontonnya, kita menjadi tergugah dan terinspirasi. Salah satunya adalah film lawas yang berjudul My Name is Khan.

Film My Name is Khan ini tayang perdana pada tahun 2010 dan mendapatkan respon yang sangat ramai dari masyarakat internasional, termasuk Indonesia. Masyarakat kemudian menjadi heboh lantaran film ini yang berani mengangkat isu rasis di Amerika. Film ini pun menjadi istimewa lantaran diputar di tengah kondisi umat Islam yang struggling dengan kompleksitasnya.

Saya berkali-kali dan akan selalu menyukai dialog Rizwan khan yang menjadi sentral dalam film ini, “My name is Khan, and I’m not a terrorist.” Rizwan Khan merupakan seorang penyandang autis yang akhirnya jatuh cinta kepada seorang hair-stylist beragama hindu yang bernama Mandira. Ketika akhirnya mereka berdua menikah, Sameer (yang merupakan anak Mandira), mulai mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari teman-teman di sekolahnya, hanya karena ia memiliki ayah bernama belakang Khan, seorang muslim.

Suatu ketika, secara tidak sengaja Sam terbunuh dalam suatu kecelakaan akibat pertikaian yang dilatarbelakangi oleh persoalan “khan”, karena pada saat itu Amerika sedang digencarkan oleh aksi terorisme yang dilakukan oleh beberapa oknum, yang diduga adalah seorang muslim. Hal ini dikarenakan muslim atau Islam sudah dicap disana sebagai agama penuh kekerasan yang menyukai perang dan jihad.

Oleh sebab itu, keluarga Khan dan para muslim lainnya yang berada di Amerika mendapatkan imbas dari aksi beberapa oknum tersebut. Di sinilah mulai tampak bagaimana budaya rasis di Amerika terhadap warga pendatang disana, terutama bagi mereka yang merupakan seorang muslim.

Tidak ada pihak yang mau bertanggungjawab terhadap kasus yang terjadi pada Sam. Kemarahan yang sudah menyelimuti Mandira pun membuatnya menyalahkan Khan, karena ia berpikir sebab nama “khan” lah Sam terbunuh. Sampai pada suatu hari, ia sudah tidak sanggup dan akhirnya mengusir Khan dan menyuruhnya untuk meminta keadilan, kalau perlu hingga ke Presiden. Di sinilah scene-scene menyedihkan mulai terlihat. Khan yang merasa bersalah pun pergi dan menuruti keinginan Mandira. Ia pun mulai melacak keberadaan presiden dan berjalan dari kota ke kota.

Pelajaran terpenting dan inti dari film ini adalah bagaimana solidaritas sesama manusia terbangun, tanpa melihat adanya latar belakang agama dan ras mereka. Ini terlihat lewat scene saat Khan berada di Georgia dan akrab dengan masyarakat di sana yang mana seluruh warganya merupakan warga non-muslim, lalu beramai-ramai mereka menyanyikan lagu “we shall overcome” di sebuah gereja. Nyess, adem banget. Menyentuh dan penuh makna yang dalam.

Scene ini memberikan sebuah pesan kepada penontonnya bahwa tidak ada perbedaan apapun di antara manusia. Di dalam film pun terdapat sebuah kalimat yang disampaikan oleh Ibu dari Rizwan Khan yang mengatakan bahwa hanya ada dua jenis manusia di dunia, yakni orang baik dan orang jahat. Maka selain hal tersebut, semua manusia adalah sama. Tidak ada yang membedakan mereka selain dari dua hal itu.

Lalu, saat Khan kembali lagi ke Georgia ketika badai menimpa kota itu. Ia teringat oleh keluarga yang sudah baik merawatnya dan ingin membantu keluarga tersebut. Sesampainya di Georgia, Khan menyaksikan keadaan yang sangat miris. Seluruh warga berlindung di sebuah gereja yang semakin buruk keadaannya, dan tidak lama lagi akan runtuh.

Di sini, Khan, yang merupakan seorang autis, muslim, justru hadir sebagai penggerak para warga untuk kemudian bangkit dan tidak menyerah dengan keadaan. Lewat hati murni milik Khan lah, yang pada akhirnya menggerakkan dunia untuk ikut serta membantu warga Georgia. Ah, disini saya teringat penggalan sebuah ayat:

“Indeed, Allah will not change the condition of a people until they change what is in themselves” (Ar Ra’d: 11).

Film ini sederhana. Akan tetapi secara tegas menekankan bahwa mau berada di dalam situasi dan kondisi apapun, teruslah berbuat baik. Berbuat baik bukan karena ingin mendapatkan sesuatu, atau ingin menunjukkan sesuatu. Berbuat baik karena memang hal tersebut layak dan harus untuk dilakukan.

Dari menonton film ini, kita bisa melihat bagaimana dampak suatu hal yang kita dapatkan apabila kita berbuat sesuatu. Isu pluralisme memang tidak se-enteng kedengarannya. Untuk memahaminya, tidak hanya bisa dijelaskan dalam teori. Duduk di kelas, setelah itu selesai. Tidak. Nyatanya, kita harus benar-benar menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Praktiklah yang benar-benar akan menentukan sikap kita.

Oh iya, Best Moment lainnya dalam film ini, yaitu saat Khan melontarkan statementnya kepada sekelompok jamaah di masjid yang terlihat menyampaikan pidato bernuansa rasis, lalu Khan pun mengatakan: “Jalan Allah itu jalan kasih sayang, bukan kekerasan.” []

Tags: FilmIndiamuslimpluralismeRasis
Nadhira Yahya

Nadhira Yahya

Gender Equality Enthusiast. Menyimak, menulis, menyuarakan perempuan.

Terkait Posts

Santri Penjaga Peradaban
Publik

Santri Penjaga Peradaban: Mengawal Indonesia Merdeka Menuju Dunia yang Damai

25 Oktober 2025
Yahudi dari
Publik

Ketika Nabi Saw Membela Yahudi dari Kezhaliman Seorang Muslim

27 September 2025
Muslim yang
Publik

Prinsip Mubadalah: Menolong Sesama, Muslim maupun Non-Muslim

26 September 2025
Film Girl in The Basement
Film

Kekerasan dalam Film Girl in The Basement

14 September 2025
Wahabi
Hikmah

Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi

30 Juni 2025
Film Cocote Tonggo
Film

Budaya Gosip dan Stigma atas Perempuan dalam Film Cocote Tonggo (2025)

28 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Perempuan dalam Luka Sejarah: Membaca Novel Dendam Karya Gunawan Budi Susanto
  • Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan
  • Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan
  • Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah
  • Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID