Mubadalah.id – Kemarin, baru saja kita semua sebagai umat Islam telah menyelesaikan ibadah tahunan selama satu bulan penuh yang juga dalam rangka memenuhi rukun Islam yang ke empat yakni puasa ramadhan. Hingga akhirnya, kita semua sampai pada hari yang disebut hari kemenangan yakni Hari Raya Idulfitri.
Meski seharusnya kita juga perlu bertanya dan menemukan jawabannya pada diri kita sendiri. Apa itu makna puasa Ramadhan? Apa itu fitri? Apa itu kemenangan? Apa kita benar-benar sudah menang? Mungkin melalui tulisan ini bisa membantu menjawab setidaknya salah satu dari pertanyaan di atas.
Tentunya, kita juga tahu ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang kewajiban puasa. Di mana biasanya ayat tersebut kita dengar ketika hendak memasuki bulan Ramadhan. Padahal, sesungguhnya ayat tersebut bisa dimaknai kapan saja. Terlebih, setelah Ramadhan itu selesai. Maha suci Allah dengan segala firman-Nya.
Ayat tersebut berbunyi :
“ياايها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون.”
Wa Allahu A’lam. Ada 3 substansi yang terkonsep dalam ayat ini yakni Keimanan / Tauhid (ياايها الذين آمنوا), Syariat Islam / Fiqih (كتب عليكم الصيام), dan sejarah (كما كتب على الذين من قبلكم) dimana semuanya itu mengarah pada satu tujuan, yakni taqwa (لعلكم تتقون).
Seringkali, kita tahu definisi taqwa adalah menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangannya. Sementara secara bahasa taqwa berarti takut kepada Allah. Banyak implementasi dari rasa takut tersebut. Diantaranya adalah sebagaimana definisi di atas karena takut akan siksa Allah jika tidak berpuasa pada bulan Ramadhan tanpa ada udzur syar’i tentunya.
Rasa takut tersebut juga kemudian berefek pada diri kita masing-masing dengan harapan tumbuhnya jiwa sosial dan kemanusiaan kepada sesama manusia. Karena saat puasa itu, kita merasa lapar, dahaga, dan sebagainya. Sementara kita juga masih harus tetap beraktivitas seperti biasanya. Hingga pada akhirnya dari rasa tersebut muncul rasa simpati dan empati kita kepada orang lain.
Rasa takut kalau-kalau masih ada banyak orang di sekeliling kita yang kelaparan, kekurangan, dan lemah tak berdaya sementara kita dalam keadaan berkecukupan dan lebih baik dari mereka. Misalnya, saat Ramadan kemarin, beberapa kali saya mendapati teman-teman yang masih usia sekolah justru keliling mengamen, ada juga yang muter-muter menampilkan “topeng monyet” yang kita tahu selain hasilnya mungkin tidak seberapa itu juga dipandang sangat rendah oleh sebagian masyarakat.
Beberapa hari sebelumnya, saya juga mendapati seorang ibu yang menjual masakan dan lauk pauk matang. Setiap harinya selama Ramadhan ia keliling dari kampung ke kampung. Belakangan saya tahu Ia berasal dari kampung (desa) sebelah.
Saya membayangkan, entah sejak jam berapa ia bangun, memasak, membungkusi lawuhan tersebut, lalu menjualnya dengan hanya jalan kaki dalam keadaan puasa. Atau tukang jualan donat. Waktu itu ia muter-muter sampe dua kali di depan rumah saya. Pada awalnya, saya tidak ingin membelinya. Karena memang tidak pengen. Tapi, pada putaran berikutnya saya hentikan. Saya membelinya meski hanya 2 donat seharga Rp. 4.000.
Selain karena saya empati pada pedagang donat tersebut juga demikian yang diajarkan kedua orang tua. Saya seringkali tahu entah ibu atau bapak itu membeli sesuatu yang sebenarnya tidak butuh- butuh amat. Namun, ketika saya tanya untuk apa? Jawabnya kasihan kepada pedagang tersebut. Karena kedua orang tua saya juga pedagang sehingga mengerti apa yang dirasakan ketika dagangannya tidak ada yang beli.
Memang, saat ini kita semua sama-sama sedang dalam kondisi yang tidak mengenakkan sebab pandemi ini terutama dalam hal ekonomi. Tetapi, bukankah shodaqah yang paling baik adalah shodaqah di saat kita sendiri sebenarnya sedang dalam kekurangan serta butuh akan hal (uang) tersebut.
Itu poin pertama yang sedianya ingin sekali saya tuliskan saat akhir Ramadhan kemarin. Namun, karena satu dan lain hal saya baru menuliskannya sekarang.
Lebih dari itu, entah disadari atau tidak selama Ramadhan sesungguhnya kita telah berusaha penuh untuk berpuasa secara sempurna, lengkap dengan sholat tarawih pada setiap malamnya, setiap hari kita mampu minimalnya membaca Al-Qur’an 1 juz, karena kita tahu itu semua hanya 1 bulan. Sehingga kita juga sangat mengharapkan sampai pada hari raya Idul Fitri. Hari kemenangan, konon katanya.
Lantas, ketika kita sampai pada Idulfitri kemarin. Apakah kita benar-benar sudah menang? Wa Allahu A’lam.
Selama Ramadhan sesungguhnya kita sedang latihan. Latihan untuk menahan makan dan minum, menahan lapar dan dahaga, menahan hawa nafsu, latihan untuk selalu empati pada segala hal terkait sosial dan kemanusiaan seperti salah satu contoh yang saya sebutkan di atas, serta latihan untuk bisa Istiqamah dalam segala hal (ibadah) yang kita lakukan selama Ramadhan.
Yah, kemenangan sesungguhnya adalah kemenangan dalam arti lulus dari segala latihan di atas. Artinya, setelah bulan Ramadhan, kita tetap melanjutkan Istiqomah tersebut. Kita tetap bisa mengaji Al-Qur’an minimal satu hari satu juz, tetap salat malam minimal salat sunnah dua rakaat, tetap empati pada sesama dan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.
Terlebih, Idulfitri berarti kembali pada kesucian. Maka sudah seyogyanya kalau kita mempertahankan Fitri (kesucian) yang kita peroleh selama sebulan penuh tersebut. Lalu bagaimana jika kemudian kita berbuat kejelekan (dosa) lagi. Toh, nanti kita juga akan mendapat kesucian itu lagi pada bulan Ramadhan berikutnya.
Iya, beruntung kalau kita diberi umur bertemu pada bulan Ramadhan berikutnya. Jika tidak? Rasanya mulai saat ini kita harus belajar memaknai Ramadhan yang penuh kesucian sebagaimana uraian di atas. Lalu mempertahankan kesucian (fitri) tersebut.
Terakhir, semoga kita benar-benar meraih kemenangan pada hari yang fitri ini serta dipertemukan kembali dengan Ramadhan berikutnya yang penuh kesucian. Aamiin. []