Selasa, 9 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

    Bencana di Aceh

    WALHI Tegaskan Banjir dan Longsor di Aceh dan Sumatera adalah Akumulasi Kebijakan Buruk

    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

    Bencana di Aceh

    WALHI Tegaskan Banjir dan Longsor di Aceh dan Sumatera adalah Akumulasi Kebijakan Buruk

    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Memaknai Tasawuf Humanis bagi Kehidupan Manusia

Tasawuf humanis merupakan kolaborasi hibrida antara nilai-nilai spiritualitas dan nilai-nilai kemanusiaan.

Mamang Haerudin Mamang Haerudin
13 April 2021
in Hikmah
0
Tasawuf

Tasawuf

217
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Betapapun tasawuf berdimensi spiritual, bukan berarti tasawuf teralienasi dari kehidupan sosial. Orang yang bertasawuf alias sufi adalah orang yang mengenal Allah yang kemudian dibuktikan dengan mengenal manusia dan kemanusiaan. Sehingga dengan begitu, siapapun bisa pandai membaca literatur keislaman tentang tasawuf, mahir dalam memberikan tausiyah tentang kebatinan, tetapi tidak respect terhadap sesama manusia dan kemanusiaan, kesufiannya patut diragukan. Seorang sufi adalah seorang yang meneladani akhlak Allah dan Rasul-Nya. Allah dan Rasulullah adalah masing-masing dzat dan manusia yang paling mengasihi sekalian alam.

Inilah tasawuf humanis. Tasawuf yang mendorong dan membuat seseorang butuh untuk mengabdi pada kemanusiaan sebagai wujud pengabdian kepada Tuhan. Sehebat apapun jalinan kita dengan Allah tetapi tanpa diimbangi dengan kepedulian sosial, maka bisa dipastikan kesufiannya menjadi timpang. Oleh karena itu, semakin sufi seseorang, ia akan semakin mencintai dan memuliakan sesama manusia. Di matanya, semua manusia itu sama, sebagai makhluk ciptaan Allah yang mulia. Ia yang kemudian hidup dengan segenap tenaga, pikiran, jiwa dan segalanya semata-mata untuk Allah dan menolong sesama yang menderita.

Secara teori pembahasan tasawuf begitu luas dan dalam. Sehingga tidak jarang, banyak di antara ulama yang menyatakan bahwa tasawuf merupakan puncak dari segala ilmu. Beberapa ulama sufi misalnya menyebut dirinya ‘manunggaling kawula Gusti’ atau wahdatul wujud. Sang sufi dengan Allah itu menyatu, sebab yang ‘Ada’ hanyalah ‘Yang Maha Ada’, selain-Nya tidak ada. Bahkan Ia ada sebelum kata ada, ada. Sang sufi ada karena diadakan oleh Yang Maha Ada. Jadi yang ada hanyalah Allah dan ia sebetulnya tidak ada. Karenalah kajiannya yang luas dan dalam itulah, maka para sufi fenomenal itu dituduh kafir.

Lepas dari luas dan dalamnya tasawuf, saya meyakini bahwa ‘sufinya sufi’ adalah ia yang memang mengenal Allah, ia yang telah selesai dengan dirinya sendiri, ia yang sudah tidak silau dengan pujian dan hinaan, ia yang hidupnya dekat dengan sesama yang menderita, ia yang hidupnya tidak tergiur segala harta dunia dan jabatan.

Saya menyebutnya ‘sang sufi humanis.’ Sufi yang bisa jadi secara zhahir hartanya sedikit, bisa juga ia kaya raya, hanya saja ia tidak gelap mata. Ia bisa jadi miskin harta tetapi kaya jiwa. Ia juga bisa jadi kaya harta tetapi tidak menjadi budaknya. Kesufiannya ditunjukkan dalam bentuk peduli kepada siapapun yang membutuhkan, berbaur dengan masyarakat, menginisiasi berbagai inovasi.

Bagi saya, tasawuf humanis melampaui tasawuf falsafi sekalipun. Tasawuf humanis tidak hanya berhenti pada tataran gagasan, melainkan juga pada perbuatan. Tasawuf humanis merupakan kolaborasi hibrida antara nilai-nilai spiritualitas dan nilai-nilai kemanusiaan. Ia bukan tasawuf an sich, bukan kemanusiaan an sich. Keduanya berjalan simultan, saling melengkapi dan menguatkan.

 

Tasawuf

Terlalu banyak gerakan-gerakan kemanusiaan yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat, tetapi tidak mengena pada nilai-nilai spiritualitas. Mungkin juga banyak majelis-majelis tarekat dan zikir tetapi belum tentu sampai pada ejawantah nilai-nilai spiritualitas terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Tasawuf humanis atau pelakunya sufi humanis, bisa dilakukan secara individu maupun kelompok. Penting sekali berkaitan dengan niat. Bahwa menjalani tasawuf humanis bukan semata-mata untuk tujuan menjadi sufi humanis. Tasawuf humanis hanya serangkaian doa dan ikhtiar sebagai proses kita mensyukuri nikmat Allah dalam menegakkan spirit rahmatan lil’alamin.

Tidak ada kata ‘finish’ dalam tasawuf humanis. Selamanya, selama masih menjalani kehidupan, setiap orang akan terus berproses sambil terus diimbangi dengan evaluasi diri. Dalam tasawuf humanis, semua murid adalah mursyid, semua mursyid adalah murid. Jadi tidak ada pengkultusan dan monopoli. Satu sama lain saling menyadari bahwa sejatinya mursyid hanya Allah Swt.

Dalam tasawuf humanis, proses mencakup pada komitmen menjalankan ibadah-ibadah ritual, zikir-zikir yang harus dibaca (tidak terpaku pada zikir-zikir yang sudah ditentukan), penerapan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari, bahkan bisa jadi mencari sendiri orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Sufi humanis berpikiran terbuka dengan semua orang. Ia tidak anti terhadap ‘kebaruan.’ Dan para sufi humanis mempunyai sistem yang mapan dalam menjalankan pemberdayaan untuk masyarakat.

Termasuk sudah tidak ada kehendak untuk berebut uang dan jabatan. Karenanya yang berlaku dalam tasawuf humanis adalah seleksi alam. Ia akan terpental sendiri manakala keluar dari koridor tasawuf humanis. Maka di sinilah pentingnya penguatan-penguatan secara personal dan komunal.

Sebagai ilmu puncak, tasawuf humanis memang berat. Apalagi kemungkinan besar istilah tasawuf humanis belum dikenal dalam kajian tasawuf mainstream. Tasawuf humanis hadir dalam rangka kritik dan solusi atas problematika sosial. Ia responsif terhadap isu-isu mutakhir dalam berbagai bidang kehidupan: pendidikan, ekonomi, kesehatan, politik, lingkungan, budaya dan lain sebagainya.

Tasawuf humanis akan menjadi ilmu dan praktik hidup yang membumi, bisa diakses oleh awam sekalipun. Tasawuf humanis juga mengedepankan keseimbangan dalam hidup, kita perlu mengelola keluarga dengan baik, di samping yang utama adalah mengelola tatanan masyarakat (masyarakat Desa, sebagai tingkatan masyarakat paling dasar) agar tercapai harmonisasi sosial. []

Tags: islamkemanusiaanmanusiaspiritualitasSufitasawuf
Mamang Haerudin

Mamang Haerudin

Penulis, Pengurus LDNU, Dai Cahaya Hati RCTV, Founder Al-Insaaniyyah Center & literasi

Terkait Posts

Makna Ibadah
Uncategorized

Makna Ibadah dalam Bayang Ritualitas

8 Desember 2025
Teodise
Publik

Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

8 Desember 2025
Ekoteologi Islam
Publik

Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

7 Desember 2025
16 HAKTP di
Aktual

Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

6 Desember 2025
Kerusakan
Publik

Ketika Manusia Lebih Memilih Kerusakan

3 Desember 2025
Khalifah di Bumi
Publik

Manusia Dipilih Jadi Khalifah, Mengapa Justru Merusak Bumi?

2 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Makna Ibadah dalam Bayang Ritualitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam
  • Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173
  • Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera
  • Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar
  • Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID