• Login
  • Register
Rabu, 21 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Menjaga Jiwa Perempuan dari Kehamilan Berbahaya Dibolehkan

Bagaimana sebenarnya Fikih Islam dan Peraturan Negara mengintervensi kejadian sosial ini, untuk melindungi jiwa perempuan dari kehamilan berbahaya? Mari kita telisik hukumnya!

Nuansa Garini Nuansa Garini
27/08/2022
in Personal
0
Jiwa Perempuan

Jiwa Perempuan

362
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Berdasarkan lembar fakta yang Guttmacher Institute terbitkan, bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ada perkiraan, pada 2018 telah terjadi 1,7 juta kejadian aborsi di pulau Jawa. Aborsi ini mereka lakukan dengan tiga metode yang kita ketahui: jamu sebanyak 40%, bedah sebanyak 6%, pil 16%, dan lainnya 39%, dengan mempertimbangkan untuk menjaga jiwa perempuan.

Komnas Perempuan juga mendokumentasikan pada CATAHUnya, angka kekerasan seksual yang terekam selama 2016-2020 terjadi sebanyak 24.786 kasus. Di antara kasus kekerasan, 7344 di antaranya kasus pemerkosaan. Korban pemerkosaan anak, tentu mendapat pendarahan dan kesulitan berlapis bahkan menyebabkan kehamilan berbahaya.

Fikih dan Aturan Negara

Bagaimana sebenarnya Fikih Islam dan Peraturan Negara mengintervensi kejadian sosial ini, untuk melindungi jiwa perempuan dari kehamilan berbahaya? Mari kita telisik hukumnya pertama-tama dengan mendatangkan ayat al Qur’an sebagai landasan awal syari’at. Dalam surat Al Isra’ ayat 31, Allah menjelaskan secara eksplisit:

وَلاَ تقتلوا النَّفْسَ التي حَرَّمَ الله إلاَّ بِالحَقِّ وَ مَنْ قُتِلَ مَظْلُوْمًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهِ سُلْطَانًا فَلَا يُسْرِفْ فِي القَتْلِ إِنَّهُ كَانَ مَنْصُوْرَاً ( الإسراء : 31)

Yang artinya adalah: “dan jangan kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa yang dibunuh secara zalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang mendapat pertolongan.”

Baca Juga:

Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

KB dalam Pandangan Islam

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

Ayat di atas menjelaskan haramnya membunuh atau al qatlu. Kecuali untuk alasan yang dibenarkan syari’at. Al Qatlu secara ringkas bahasa berarti membunuh, Al Qatlu juga bermakna menghilangkan kehidupan. Kehidupan hilang dengan dua cara, “Al Qatlu dan Maut”.

Al Qatlu berarti menghancurkan fisik yang menyebabkan hilangnya ruh. Berbeda dengan Al Qatlu maut berarti perginya ruh yang diiringi kerusakan jasad setelahnya. Pada praktiknya Al Qatlu terjadi dalam dua dimensi: melakukan di dalam kandungan (atau aborsi) dan setelah kelahiran.

Pendapat Para Ulama

Ulama Mazhab Hanafi berpandangan bahwa melakukan aborsi hanya bisa sebelum janin berusia 120 hari. Yakni sebelum tertiupkannya ruh dan karena alasan syar’i. Salah satu alasan syar’i yang Ulama Mazhab Hanafi kemukakan adalah demi menjaga jiwa perempuan dari kehamilan berbahaya. Mereka berpendapat, mendahulukan nyawa Ibu dan keselamatannya lebih utama daripada janin, karena Ibu merupakan sumber asal.

Sementara Ulama Mazhab Syafi’i, Muhammad Ibnu Abi Said berpendapat tindakan melakukan aborsi legal pada bentuk janin yang masih nuthfah dan alaqah yang terbentuk dalam 80 hari. Majelis Ulama Indonesia sendiri melegalkan aborsi yang bersifat darurat ataupun hajat, boleh sebelum janin berusia 40 hari, hal ini sesuai dengan pertimbangan kaidah fikih berikut:

دَرْءُ المَفَاسِدِ مُقَدَّمٌ عَلَى جَلْبِ المَصَالِحِ

yang bermakna: menghindarkan kerusakan (hal negatif) diutamakan daripada mendatangkan kemaslahatan dan

الحَاجَةُ قَدْ تَنْزِلُ مَنْزِلَةَ الضَّرُوْرَوْةِ

Artinya: Hajat terkadang dapat menduduki keadaan darurat.

Begitupun hukum positif Indonesia pada dasarnya melarang tindakan aborsi. Seperti termaktub dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana pasal 346 yang berbunyi “seseorang yang dengan sengaja menyebabkan gugur atau mati kandungannya atau menuruh orang lain untuk itu, hukumnya penjara selama-lamanya empat tahun.”

Namun pada praktiknya, Indonesia juga memiliki aturan yang melegalkan aborsi untuk beberapa perkara kesehatan dan keselamatan jiwa perempuan. Seperti termaktub dalam Undang-undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009, Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992, dan Peraturan Pemerintah 61 Tahun 2014.

Melihat konteks di atas, berdasarkan tafsiran dan kebijakan ulama, dan dukungan Undang-undang Indonesia, menjaga jiwa perempuan dari kehamilan berbahaya adalah boleh. []

 

 

Tags: AborsiFatwafikihhukumislamJiwa PerempuanKongres Ulama Perempuan IndonesiaMUI
Nuansa Garini

Nuansa Garini

Licence Sastra Arab, Al Azhar Mesir Anggota dari kopiah.co Alumni DKUP Fahmina

Terkait Posts

Bangga Punya Ulama Perempuan

Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

20 Mei 2025
Aeshnina Azzahra Aqila

Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

20 Mei 2025
Inspirational Porn

Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

19 Mei 2025
Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Noble Silence

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

17 Mei 2025
Suami Pengangguran

Suami Pengangguran, Istri dan 11 Anak Jadi Korban

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bangga Punya Ulama Perempuan

    Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB dalam Pandangan Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan
  • KB dalam Pandangan Riffat Hassan
  • Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman
  • Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version