Mubadalah.id – Pernahkah kalian merasa lelah dengan semua hal? Seakan apa yang telah kita lakukan itu sia-sia. Ketika menghadapi tantangan yang tak berkesudahan. Seperti sulitnya menembus birokrasi ketika sedang melakukan advokasi kebijakan. Sulitnya penegakan hukum ketika mendampingi korban kekerasan, atau masih suburnya stigma negatif pada perempuan, sebagai apapun keputusan hidup yang telah ia pilih. Seolah-olah kita ini seperti lakon Sisyphus dalam Mitologi Yunani. Suka tidak suka, optimisme gerakan harus terus kita nyalakan untuk melawan mitos Sisyphus ini.
Siapa Sisyphus sebenarnya? Albret Camus, seorang filosof abad 20, menggambarkan kehidupan manusia yang serba absurd sebagaimana dalam pembuka tulisan ini, dengan sebuah mitologi Yunani. Ada Dewa bernama Sisyphus, putra Raja Aelos, yang memerinrah wilayah Thessaly dan Enarete. Selain itu juga mendirikan Ephyra yang terkenal dengan Korintus.
Kisah dan Mitos Sisyphus
Sisyphus ini agak nakal dan banyak melakukan kejahatan. Karena itulah dia dihukum oleh dewa-dewa dan dimasukkan ke neraka. Tetapi di neraka pun ternyata Sisyphus masih nakal. Dia menawar ingin sesekali main ke bumi dan berjanji akan kembali lagi ke neraka setelah itu. Dia pun diberi cuti untuk ke bumi. Tetapi begitu merasakan indahnya bumi, dia tidak mau kembali ke neraka.
Dewa-dewa semakin marah karena Sisyphus tidak mau kembali ke neraka. Akhirnya, dia dijatuhi hukuman yang paling menyakitkan, harus mendorong batu ke atas. Tetapi setelah sampai atas batu itu akan jatuh ke bawah lagi. Lalu Sisyphus harus mendorongnya lagi ke atas. Begitu seterusnya. Sisyphus harus melakukannya sampai akhir zaman. Apa yang dilakukan Sisyphus inilah yang oleh Albret Camus disebut absurditas.
Hidup kita sebagai manusia, dus bertambah menjadi perempuan juga seperti itu. Kita bersusah payah mendorong tujuan ke atas, tetapi akhirnya menggelinding lagi ke bawah. Lalu kita berusaha mendorong lagi ke atas, menggelinding lagi ke bawah. Tanpa sadar, kita terus berputar-putar di situ. Lalu, kata siapa kita mengalami kemajuan? Kita seakan berada dalam situasi yang sama. Bolak-balik di situ-situ saja. Masalah di zaman dulu kembali ke masa sekarang, dengan kemasan yang berbeda tetapi isinya sama.
Menghadapi Absurditas
Dr. Fahruddin Faiz dalam bukunya “Menghilang Menemukan Diri Sejati”, mengungkapkan bagaimana cara kita menghadapi absurditas. Di dalam buku tersebut menukil pendapat Camus ketika berhadapan dengan absurditas itu seseorang bertemu tiga hal. Pertama, ada orang yang putus asa lalu bunuh diri.
Orang yang bunuh diri tidak berani menerima tantangan hidup. Langkah ini sangat tidak direkomendasikan oleh Albret Camus. Masih banyak hal yang bisa kita lakukan dalam hidup ini. maknailah sendiri setiap perbuatan kita, asal jangan sampai bunuh diri.
Kedua, the leap of faith, mencari sandaran. Biasanya orang akan lari ke agama atau kepercayaan spiritual. Menurut Camus, langkah ini adalah “bunuh diri filosofis”. Yaitu ketika seseorang menolak kemampuannya untuk mencari makna secara rasional. Maksudnya ketika seseorang sudah pasrah, dan tidak mau lagi berpikir tentang keruwetan hidup, dia menghalangi dirinya agar jangan lagi berpikir, sumpek atau merancang apa pun, tetapi pasrah seratus persen.
Inilah yang maksud dengan bunuh diri filosofis menurut Camus. Di mana yang dibunuh adalah akal atau intelegensinya. Albret Camus juga tidak merekomendasikan langkah ini. Memang sebaiknya jangan menjadikan agama sebagai pelarian. Sebab, ketika agama hanya menjadi pelarian, ketika terjadi hal-hal buruk terhadap diri kita sendiri, kita akan mengkambing-hitamkan Tuhan. Kita akan menganggap keburukan yang terjadi pada diri kita karena kehendak Tuhan.
Mengakui dan Menerima
Ketiga, Mengakui bahwa hidup ini memang absurd. Ini namanya valid solutions. Langkah pertama untuk mengakui absurditas adalah dengan menerimanya. Jangan menyangkal mitos Sisyphus ini. Sadari bahwa hidup memang absurd, serba tidak terduga dan susah kita kendalikan. Jangan lari darinya. Jadilah seperti Sisyphus yang menikmati hukumannya. Tidak masalah dia harus terus-menerus mendorong batu, yang penting dia bisa tetap hidup. Kata lain adalah, menikmati setiap proses kehidupan yang sedang kita jalani hari ini.
Setelah kita menerima bahwa hidup ini absurd, dan kita tidak mencari sandaran-sandaran untuk melarikan diri, maka maknailah hidup menurut versi yang kita inginkan tanpa harus berpretensi bahwa makna kita itu adalah yang terbaik, ultimate atau puncaknya pemaknaan.
Dunia ini memang absurd. Begitu penegasan yang Dr. Fahruddin tuturkan dalam catatan di bukunya itu. Banyak sekali kebencian dan air mata. Banyak sekali kekacauan, tetapi tidak usah khawatir. Kalau engkau manusia sejati, di dalam dirimu ada cinta yang tidak akan bisa dikalahkan oleh kebencian. Ada senyum yang tidak akan bisa dikalahkan oleh air mata. Ada ketenangan yang tidak akan bisa dikalahkan oleh kekacauan.
Jadi, tetaplah bersikap optimis dalam bergerak melakukan hal-hal kebaikan. Memperjuangkan nilai-nilai kesetaraan dan keadilan di manapun, dan kapan pun. Mungkin hasilnya tidak hari ini, atau esok hari. Tetapi yakin bahwa mitos Sisyphus itu pasti bisa kita hadapi. []