Mubadalah.id – Nazhirah Zainuddin adalah perempuan ulama sekaligus aktivis yang berani. Ia bekerja dan berjuang membela kaumnya yang dilemahkan, tertindas, dan terdiskriminasi.
Ia menggugat otoritas laki-laki dalam banyak hal, termasuk otoritas pengetahuan keagamaan yang seakan-akan hanya menjadi milik para laki-laki, dan tidak milik perempuan.
Bagi Nazhirah Zainuddin, perempuan adalah manusia dengan seluruh potensi kemanusiaannya, baik dalam dimensi akal budi (intelektual), spiritual, dan energi tubuh.
Oleh karena itu, menurutnya, perempuan mempunyai hak untuk menjadi penafsir teks-teks suci, baik al-Qur’an maupun hadits Nabi Saw.
Ia menyampaikan kata-kata yang menuntut kesetaraan dan keadilan dalam dunia pengetahuan bahkan ijtihad sebagai berikut:
“Tentu, jika perempuan punya hak untuk terlibat dalam hukum-hukum agama, ia juga berhak dalam berijtihad, baik melalui cara tafsir (pemahaman eksoterik) maupun takwil (pemahaman esoterik).”
“Bahkan, perempuan lebih patut dan relevan untuk menafsirkan ayat-ayat yang terkait dengan hak dan kewajibannya, karena ia lebih mengerti tentang persoalan dirinya daripada orang lain.”
Pandangan tersebut tampaknya mendapat inspirasi dari pandangan seorang filsuf muslim besar, Ibnu Rusyd al-Hafizh. Interpretator paling jenius pikiran-pikiran Aristoteles ini mengatakan:
“Sepanjang para perempuan tumbuh dan besar dengan kecerdasan dan kapasitas intelektual yang cukup, tidaklah mustahil kita akan menemukan di antara mereka para filsuf, para pemimpin publik, dan semacamnya.”
“Memang ada orang yang berpendapat bahwa perempuan seperti itu jarang ada. Apalagi ada hukum-hukum agama yang tidak mengakui kepemimpinan politik perempuan, meski sebenarnya ada juga hukum agama yang membolehkannya.”
“Akan tetapi, sepanjang perempuan-perempuan tersebut ada, maka itu berarti kepemimpinan perempuan bukanlah hal yang tidak mungkin.”
Pandangan Ibnu Rusyd tersebut berbeda dari para filsuf pendahulunya. Termasuk Aristo atau Al-Farabi dan lain-lain, yang menempatkan perempuan sebagai makhluk manusia subordinat.
Berdebat
Nazhirah sering kali melakukan debat dan polemik dengan sejumlah ulama besar universitas Islam tertua di dunia, Al-Azhar, mengenai isu-isu perempuan.
Ia menolak keras pandangan keagamaan yang mendiskriminasikan hak-hak kemanusiaan perempuan. Kritiknya ditulis dalam buku As-Sufur wa al-Hijab.
Kritikan Nazhirah cukup tajam, mengena, bahkan dapat dikatakan sebagai mendekonstruksi pandangan keagamaan konservatif yang diwakili para ulama dari universitas Islam terkemuka di dunia itu.
Ia tampil dengan pikiran-pikiran yang berani dan membuat perseteruan dengan kaum ulama melalui argumen-argumen keagamaan yang sama serta dari referensi yang sama. Tetapi dengan interpretasi yang berbeda. Dan, karena itu, ia mampu menghasilkan produk pemikiran yang berbeda. []