Selasa, 9 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

    Bencana di Aceh

    WALHI Tegaskan Banjir dan Longsor di Aceh dan Sumatera adalah Akumulasi Kebijakan Buruk

    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

    Bencana di Aceh

    WALHI Tegaskan Banjir dan Longsor di Aceh dan Sumatera adalah Akumulasi Kebijakan Buruk

    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Nyai Ontosoroh: Potret Perempuan Berdaya dalam Novel Bumi Manusia

Menjadi perempuan tegas seperti Nyai Ontosoroh tidak lantas menjadikan dia keras hati, semuanya tak lain demi anaknya, Robert Mellema dan Annelies Mellema

Shella Carissa Shella Carissa
18 Agustus 2023
in Buku
0
Nyai Ontosoroh

Nyai Ontosoroh

1.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Bumi Manusia telah menjadi sastra klasik bergenre roman sejarah yang telah berusia 43 tahun. Sejak pertama kali terbit pada tahun 1980 oleh Penerbit Hasta Mitra, fiksi ini menimbulkan pro-kontra yang cukup panas.

Dalam karya fiksi ini Pramoedya Ananta Toer berfokus pada tokoh utama bernama Minke dengan segala sepak terjangnya. Perjalanannya malang melintang dalam istilah Indo-Pribumi, pendidikan, teknologi, bisnis hingga kisah asmaranya yang cukup memilukan.

Bahkan dari latar belakang pergaulannya itu dia mendapat pengalaman yang cukup menarik, mempertemukannya dengan seorang, maaf, gundik, bernama Nyai Ontosoroh. Minke pun cukup kagum dan terkaget-kaget dengan sosok Nyai Ontosoroh. Sebab perempuan itu hanya seorang gundik pribumi, akan tetapi pengetahuannya seluas Eropa Tulen yang cerdas dan beradab saat itu.

Sosok Perempuan yang Memiliki Daya Tarik

Cerita dalam novel memang mengisahkan Minke, hanya saja Minke juga rupanya juga menceritakan dan mengungkap misteri kehidupan Annelies. Dalam sekejap Annelies membuat Minke jatuh hati dan kisah selanjutnya merambat pada Nyai Ontosoroh selaku Ibu Annelies yang membuat Minke terkagum-kagum akan sosoknya.

Nyai itu rupanya amat mengagumkan dengan kepribadian yang produktif. Bagaimana tidak, dia mengurus semua pekerjaan kantor, menyangkut perusahaan, bank, kesekretariatan, perkebunan dan peternakan.

Jangankan soal baca-tulis yang masih langka dan bisa berbahasa Belanda, soal Nyai yang berpakaian rapih yang cakap berinteraksi dengan orang pun Minke sudah dibuat mati kutu. Tak lupa pula soal tutur katanya yang memiliki daya tarik sehingga terkesan membuat siapapun yang mendengarnya menjadi patuh.

Belajar dari Masa Lalu yang Kelam

Jujur saya sendiri sangat kagum pada sosok Nyai ini. Meski berstatus sebagai selir seorang belanda totok bernama Herman Mellema, semuanya tak lain tak bukan merupakan nasib buruk masa lalu.

Dengan nama asli Sanikem, dulunya dia merupakan gadis berusia 13 tahun. Sayang, ayahnya yang ambisius itu tega menjualnya kepada Tuan Herman Mellema, demi mendapat pangkat di sebuah perusahaan.

Sanikem yang kemudian telah menjadi Nyai Ontosoroh akhirnya menjadi selir Herman Mellema. Tapi nasib buruk lagi-lagi menimpa. Anak kandung Herman Mellema datang hendak merebut harta kepemilikan di Wonokromo, yang membuat Herman Mellema menjadi tak waras.

Kejadian itu menyadarkan Nyai Ontosoroh bahwa kekejaman praktik budaya Hindia-Belanda bisa menggilas dan menerkam dirinya kapan saja. Karena itu dia perlu menyiapkan diri dan bertekad mendidik dirinya menjadi perempuan berdaya.

Saudara sekalian tentunya telah menonton film Bumi Manusia pada tahun 2019 silam. Namun kalau ada kesempatan membaca bentuk bukunya, akan ada detail-detail dan keterangan yang lebih menguatkan tentang pribadi Nyai Ontosoroh.

Akan ada pemaparan lebih jelas mengenai jejak masa lalu yang membuatnya menjadi kritis seperti sekarang. Dan Hanung Bramantyo selaku sutradara telah berhasil memvisualkan sosok Nyai Ontosoroh dengan baik, dengan kepribadian yang hampir sama persis dalam buku. Meskipun tidak sama persis.

Gadis Lugu yang Bertransformasi Menjadi Perempuan Berdaya

Nyai Ontosoroh dalam kacamata saya, merupakan gadis lugu bernama Sanikem yang dulunya tak tahu apa-apa. Namun Sanikem kemudian berhasil menjadikan dirinya sendiri seorang perempuan tangguh dan hebat.

Bahkan dibanding gadis-gadis eropa tulen dan sekelas bupati pribumi hingga belanda totok sekalipun, Nyai Ontosoroh lebih mumpuni. Nyai Ontosoroh telah menopang dirinya sendiri dan mengeluarkan diri dari belenggu ketidakberdayaan menghadapi kerasnya konstruksi budaya dan kekejaman hukum kala itu.

Transformasi Nyai Ontosoroh memang tak lepas dari peran dan didikan Herman Mellema. Akan tetapi didikan itu tidak lantas menjadikan Nyai Ontosoroh bergantung pada Herman Mellema.

Meskipun statusnya seorang gundik pribumi yang terkenal mudah tunduk dan patuh, Nyai Ontosoroh telah mendobrag anggapan itu. Nyai Ontosoroh mengubah cara pandang terkait budak yang tak punya kehendak menjadi digdaya dan mampu memerdekakaan diri dari jeratan kolonialisme.

Belajar dari pengalamannya sendiri, Nyai Ontosoroh kemudian menekadkan diri agar kelak Annelies bisa hidup bahagia. Nyai Ontosoroh mendidik Annelies untuk bisa mandiri dengan bekerja keras meskipun tak bisa melepas diri dari sifat manja dan kekanakannya.

Hal tersebut tak lagi aneh lantaran Annelies tidak bergaul seperti anak indo kebanyakan. Hal itu menunjukan betapa trauma masa lalu memang menakutkan bagi perempuan. Dan setiap ibu tidak ingin kejadian serupa menimpa anaknya. Karena setiap perempuan tidan ingin kenangan pahit masa muda juga menimpa perempuan lainnya.

Meneladani Nyai Ontosoroh sebagai Perempuan Tangguh

Kita dapat mengambil pelajaran dan bisa belajar dari kisah perjalanan Nyai Ontosoroh, bahwa terlepas dari status dan latar belakang kita, kita adalah manusia yang punya kehendak. Kehendak tidak hanya milik laki-laki yang notabenenya masih memegang kendali atas keputusan pada masa itu, melainkan juga untuk perempuan. Perempuan memiliki tonggak nan digdaya untuk memimpin serta menentukan sendiri jalan kehidupannya.

Mereka juga memiliki otoritas sikap yang bisa menjadi  patokan dasar untuk mendidik dan menggerakkan sistem yang berlaku, seperti halnya memimpin perusahaan.

Selain itu sebagai manusia, perempuan juga memiliki hak untuk bersuara serta menggugat hak-haknya dan menuntut bagiannya yang telah ia perjuangkan selama bertahun-tahun dengan penuh darah dan air mata. Dalam artian perempuan seharusnya mendapat pengakuan dalam harkat dan martabatnya dengan tidak mengesampingkan peran dan kiprahnya.

Apalagi para perempuan yang telah berjuang untuk keluarga bahkan suami yang sudah tidak lagi mampu menafkahi keluarganya.

Menjadi perempuan tegas dan keras seperti Nyai Ontosoroh tidak lantas menjadikan dia keras hati, semuanya tak lain dan tak bukan demi anaknya, Robert Mellema dan Annelies Mellema. Hal itu dia lakukan untuk melindungi mereka serta menjaga mereka dari kerasnya praktik hukum pengadilan putih masa itu.

Demi rasa kasih dan cintanya terhadap anak, Nyai Ontosoroh memoles dirinya menjadi perempuan tangguh. Dia kemudian menjadi pekerja keras, cerdas, kritis, tegas dan keras namun tetap menunjangnya dengan hati nurani dan sifat kasih sayang.

Perempuan sekarang pun bisa berkiblat pada Nyai Ontosoroh dengan memiliki tekad yang berani dan bermental baja. Jika demikian, dia tidak hanya berdaya, melainkan telah menjadikan dirinya seorang perempuan yang berkontribusi dalam peradaban membawa peran-peran yang menakjubkan. []

Tags: BerdayaCintaNyai OntosorohPeran PerempuanperempuanPerempuan Tangguh
Shella Carissa

Shella Carissa

Masih menempuh pendidikan Agama di Pondok Kebon Jambu Al-Islamy dan Sarjana Ma'had Aly Kebon Jambu. Penikmat musik inggris. Menyukai kajian feminis, politik, filsafat dan yang paling utama ngaji nahwu-shorof, terkhusus ngaji al-Qur'an. Heu.

Terkait Posts

Kekerasan Perempuan
Aktual

16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

6 Desember 2025
16 HAKTP
Publik

16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

5 Desember 2025
16 HAKTP di
Aktual

Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

6 Desember 2025
Pengalaman Biologis
Personal

Melihat Perempuan dengan Utuh: Tubuh, Pengalaman Biologis, dan Kesetaraan yang Lebih Manusiawi

3 Desember 2025
Kekerasan Perempuan
Keluarga

Al-Qur’an: Membela Perempuan dan Menolak Kekerasan

2 Desember 2025
Harta Perempuan
Keluarga

Ketika Perempuan Meluruskan Pemahaman Umar bin Khattab tentang Hak Harta

2 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi
  • Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional
  • Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental
  • Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam
  • Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID