• Login
  • Register
Minggu, 1 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Menilik Pakaian Kebaya dan Kesadaran Kebudayaan Kita

Sebagai produk kebudayaan, pakaian kebaya memiliki sejarah yang panjang sekaligus berperan dalam banyak aspek

Ela Nurlaela Ela Nurlaela
21/07/2022
in Pernak-pernik
0
Pakaian Kebaya

Pakaian Kebaya

286
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Saya terpukau melihat Dian Sastrowardoyo (Disas) mengenakan pakaian kebaya sebagai baju harian yang ia kenakan ketika bekerja. Dil aman Instagram ia kerapkali memasang foto dengan gaya casual lengkap dengan kacamata hitam dan sepatu kekinian.

Menurutnya pakaian kebaya tidak melulu harus dipadankan dengan sanggul atau sepatu tinggi (wedges). Kebaya juga tidak akan mengalami pelunturan makna manakala bersanding dengan sneakers. Atau jenis mode busana lain sehingga menampilkan sisi elegan dan tetap simpel.

Belakangan publik memang jarang menggunakan pakaian kebaya ini sebagai daily fashion. Karena masih menganggap sebagai pakaian kondangan bahkan busana orang zaman dulu. Boleh jadi adik-adik kita para generasi alpha hanya tahu bahwa kebaya adalah pakaian zaman kolonial. Ia ada menjadi koleksi museum, bahkan jenis baju yang terpakai hanya saat acara perpisahan.

Sejarah Pakaian Kebaya

Sebagai produk kebudayaan, pakaian kebaya memiliki sejarah yang panjang sekaligus berperan dalam banyak aspek. Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Dwi Retno Mastuti menyebutkan catatan sejarah mengenai kebaya sudah muncul sejak zaman Mataram Kuno dalam relief Candi Borobudur. Di lain sumber, Sejarawan Ria Pentasari dalam bukunya Chic in Kebaya juga mengungkapkan bahwa kebaya merupakan busana yang perempuan Jawa kenakan sejak abad ke-15.

Pakaian kebaya ini menjelma menjadi busana keseharian baik untuk di rumah. Penggunaannya untuk bertani di sawah dan di kebun. Lalu, sebagai pakaian formal juga keagamaan seperti yang para nyai kenakan di banyak pesantren di Indonesia. Sementara melansir dari artikel yang tertulis di goodnewsfromindonesia.id kebaya bahkan sempat digunakan oleh para bangsawan kolonial sebagai pakaian resmi tatkala masih menduduki wilayah Nusantara.

Baca Juga:

Tana Barambon Ambip: Tradisi yang Mengancam Nyawa Ibu dan Bayi di Pedalaman Merauke

Kebaya, dari Pakaian Hingga Simbol Perlawanan Perempuan

Filosofi Bunga Telur, Tradisi Suku Melayu di Kalimantan Barat

Euforia Idulfitri dalam Bayang-bayang Kapitalisasi Tradisi dan Budaya Konsumerisme

Pakaian Kebaya Bukan Hanya Soal Busana

Salah satu tak boleh luput dari ingatan adalah paradoks mengenai kebaya itu sendiri, Foedalisme Jawa sangat kental dengan konservatisme nilai-nilai keteraturan yang menyasar perempuan sebagai objek. Lihat saja kisah mengenai Kartini yang karena kedudukannya sebagai keturunan bangsawan juga karena pakaiannya mengharuskan ia agar tumbuh menjadi perempuan pasif yang harus menunduk, pasrah, taat serta seiya sekata dengan orangtuanya meskipun hal tersebut bertentangan dengan cita-cita dan jatidirinya.

Di satu sisi pakaian ini sama paradoksnya dengan perempuan: diagungkan namun juga terbatasi. Pendek kata, dahulu sangat dielu-elukan namun beresiko akan kebebasan berekspresi. Di kemudian hari justru anggapannya adalah sebagai pakaian masyarakat kuno yang miskin, lemah dan terpinggirkan.

Akhirnya hal ini kemudian ‘pecah’ menjadi bom waktu terutama di kalangan ekstrimis muslim lokal yang menganggap bahwa (karena lazim penggunaannya tanpa jilbab) orang-orang dengan paham ini menganggap bahwa kebaya tidak Islami, tidak sesuai syariah dan bukan pakaian seorang Muslim.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini saat masih sekolah dulu. Kami mengajukan proposal Hari Kartini kepada pejabat. Kemudian mereka menolak usulan saya dengan dalih bahwa Kartini itu tidak Islami karena auratnya terbuka. Padahal fakta sejarah juga bicara bahwa perempuan dengan kebaya mampu berperan dan tetap mengamalkan ajaran Islam, Nyai Sholichah Wahid contohnya.

Kini kesadaran itu muncul kembali bahwa cara merawat kebudayaan salah satunya adalah dengan merawat pakaian asli kita sendiri, selain dengan mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan lain seperti bahasa, alat-alat kesenian, lagu daerah, kuliner hingga situs sejarah. Jangan sampai ada status quo memperebutkan kesenian dan klaim sepihak dari negara lain di luar negeri.

Menyambung soal kebaya dan transformasinya saat ini ada hal baik yang mesti kita aminkan dari Dian Sastro. “Mari kita asosiasikan kebaya dengan sesuatu yang berbau profesionalitas dan integritas. Bukan hanya seragam kondangan. Bukan hanya sesuatu yang bersifat ornamental atau pajangan semata. Ini diri kita. Dengan segala kandungan pemahaman tentang asal usul diri kita, berikut imajinasi kolektif tentang kemana arah yang kita tuju. Ini diri kita. Sekarang. Bukan hanya masa lalu.” []

Tags: Dian SastroidentitasKebayaKebudayaanNusantarapakaianTradisi
Ela Nurlaela

Ela Nurlaela

Alumni Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung, Suka bercocok tanam, senang mempelajari berbagai isu

Terkait Posts

Sukainah

Tren Mode Rambut Sukainah

31 Mei 2025
IUD

Bagaimana Hukum Dokter Laki-laki Memasangkan Kontrasepsi IUD?

31 Mei 2025
Kodrati

Mengenal Perbedaan Laki-laki dan Perempuan secara Kodrati

31 Mei 2025
Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Menilik Peran KUPI Muda dalam Momen Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

30 Mei 2025
Etika Sosial Perempuan 'Iddah

Etika Sosial Perempuan dalam Masa ‘Iddah

28 Mei 2025
Kehidupan

Fondasi Kehidupan Rumah Tangga

27 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • IUD

    Bagaimana Hukum Dokter Laki-laki Memasangkan Kontrasepsi IUD?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tren Mode Rambut Sukainah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengalaman Kemanusiaan Perempuan dalam Film Cocote Tonggo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sejarah Para Perempuan Penguasa Kerajaan Wajo, Sulawesi Selatan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila
  • Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir (Bagian 1)
  • Tren Mode Rambut Sukainah
  • Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga
  • Bagaimana Hukum Dokter Laki-laki Memasangkan Kontrasepsi IUD?

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID