Mubadalah.id – Sebelum kepulangan mama dari Jogja, mama meminta kami untuk jalan-jalan sambil ziarah ke makam Pocut Meurah Intan. Tak disangka, ternyata sosok yang memiliki gelar yang sama dengan ibuku adalah seorang pahlawan. Sesampainya di Blora, aku mengamati kuburannya yang dihiasi dengan hiasan Rumah Aceh. Kisah Pocut Meurah Intan yang jarang terekspost di Indonesia.
Selama ini kita hanya mengenal pahlawan asal Aceh yaitu, Cut Nyak Dien dan Cut Mutia. Kisah merekapun telah terungkapkan di Media Massa. Padahal, masih banyak pahlawan wanita hebat dari Aceh ikut gigih memperjuangkan Indonesia hingga mereka meninggal dalam perlawanannya.
Salah satu di antaranya adalah Pocut Meurah Intan. Pocut lahir pada tahun 1833 di Tuha Biheue yaitu sebuah kawasan di Desa Tiji, Kabupaten Pidie, Aceh. Ia terkenal dengan nama Pocut Biheue yang artinya Pocut dari Biheue. Biheue adalah ke-uleebalangan atau kenegerian yang ada di masa Kesultanan Aceh.
Pocut Meurah Intan adalah perempuan keturunan kesultanan Aceh. Ayahnya adalah seorang Kejruen (Kepala Negeri) di Biheue. Suaminya bernama Tuanku Abdul Madjid bin Tuanku Abbad bin Sultan Alaidin Jauhar Syah Alam. Dari pernikahannya beliau mereka memiliki 3 putra bernama Tuanku Muhammad, Tuanku Budiman, Tuanku Nurdin.
Ketiga dari anaknya, semuanya mengikuti orang tua untuk berjuang dalam perang Aceh. Beliau cerai dari suaminya selepas Tuanku Abdul Madjid menyerah terhadap serangan Belanda. Pocut tetap melanjutkan perjuangannya untuk melawan Belanda bersama dengan putra-putranya.
Karakter Pocut yang Membuat Pemerintahan Belanda Takut
Perang Aceh adalah konflik militer bersenjata antara Kesultanan Aceh dengan Kerajaan Belanda. Perang tersebut adalah bagian dari serangkaian konflik yang mengkonsolidasikan pemerintahan Belanda atas Indonesia modern. Pocut Meurah Intan melawan kolonialisme Belanda yang masuk ke Aceh.
Pocut terkenal dengan sosok yang tegas dan memiliki banyak pengikut. Karena karakter tersebut yang membuat pemerintahan Belanda takut. Militer Hindia Belanda Mayjen T.J dipimpin Veltman melakukan ekspedisi ke Aceh. Mereka melakukan patroli tempat persembunyian Pocut Meurah Intan.
Dengan gigih dan keberanian, Pocut mengambil sikap untuk melawan Militer Hindia Belanda itu sendirian. Tanpa berpikir panjang, beliau mencabut rencong di pinggang dan menyerang mereka sendirian hingga mengalami banyak luka. Pocut dibiarkan dengan keadaan tergeletak dan berlumuran darah.
Cinta yang besar kepada negeri membuat Pocut pantang mundur dan semangat dalam perlawanan kepada kolonial. Karena ketangguhan sosok pahlawan Aceh ini sehingga Veltman melarang komandannya untuk membunuhnya. Veltman mengira, Pocut akan mati namun Pocut berhasil keluar untuk menyelamatkan diri.
Setelah Pocut sembuh, Pocut bersama anaknya Tuanku Budiman dimasukkan ke penjara Kutaraja. Sedangkan, anaknya Tuanku Nurdin tetap melakukan perjuangan hingga Belanda mendapati tempat persembunyiannya di Desa Lhok Kaju. Akhirnya Pocut bersama kedua putranya Belanda asingkan ke Blora, Jawa Tengah.
Pengasingan dan Peristirahatan Terakhir di Blora
Selama 30 tahun di pengasingan, kesehatan Pocut menurun karena usianya yang tidak muda lagi. Pocut tidak dikenal banyak orang penyebabnya karena terkendala bahasa dengan masyarakat. Pocut dirawat oleh warga di Desa Kauman. Warga Blora memanggilnya dengan sebutan Mbah Tjut. Sampai akhirnya beliau meninggal pada 30 September 1937, sesuai keterangan di makam di Desa Tegal Sari, Kabupaten Blora.
Menurut keterangan dari National Geograpic Indonesia, Mohammad Djamil penjaga makan Pocut Meurah Intan mengatakan bahwa banyak warga yang takut dengan Belanda dan memilih untuk tidak merawat Pocut Meurah Intan. Hanya kakek dari Mohammad Djamil yaitu Dono Muhammad yang berani merawatnya dan membawa Pocut ke rumahnya. Hingga, sebelum Pocut wafat beliau menyampaikan pesan untuk dikuburkan di Blora saja.
Kisah yang tidak terungkap di Media Massa, namun perjuangan Pocut Meurah Intan menjadi kaca perbandingan untuk perempuan. Perempuan harus kuat bukan hanya kuat melawan penjajahan namun juga kuat dalam kehidupan. Sebagai manusia dewasa harus berani mengambil sikap yang akan kita pilih untuk ke masa depan. Jangan pernah bergantung kepada manusia, sejatinya Allahlah tempat bergantung. []