Mubadalah.id – Tuntutan peradaban menempatkan poligami sebagai salah satu pelecehan dan penistaan terhadap kemanusiaan perempuan. Tuntutan ini tidak akan bisa kita temukan dalam ayat-ayat al-Qur’an yang turun pada masyarakat di mana poligami menjadi praktik yang lumrah dan biasa.
Tetapi tuntutan ini menemui pijakannya pada ayat-ayat al-Qur’an. Ketika ia justru melakukan kritik terhadap praktik poligami yang terjadi pada masyarakat Arab. Kritik ini didasarkan pada moralitas keadilan yang harus diperhatikan dengan melihat kepentingan perempuan.
Kewenangan poligami sampai empat istri, harus kita pahami dalam konteks sosial relasi kemanusiaan yang terjadi pada pra-Islam, khususnya tentang relasi laki-laki dan perempuan.
Kewenangan ini merupakan representasi dari upaya penyempitan atau pembatasan dari praktik pemilikan perempuan yang membudaya tanpa aturan ada saat itu.
Di samping melakukan pembatasan terhadap poligami, al-Qur’an juga memberlakukan aturan-aturan dalam hal perkawinan, perceraian, kepemilikan harta, yang memperkuat upaya al-Qur’an memperkuat posisi perempuan. Terutama para perempuan dari kabilah rendahan. Semua aturan al-Qur’an ini menjadi saksi kunci dari perlunya pengangkatan harkat kemanusiaan perempuan.
Lompatan Peradaban Revolusioner
Dengan demikian, pembatasan empat orang istri secara historis merupakan lompatan peradaban yang revolusioner ke arah pembebasan perempuan dari hegemoni laki-laki.
Lompatan ini memiliki signifikansinya tersendiri pada hukum-hukum al-Qur’an lain yang terkait dengan relasi laki-laki dan perempuan. Sebagai lompatan ke arah pembatasan dalam sejarah peradaban manusia, menjadi suatu keharusan ketika setelah lima belas abad kemudian terjadi pembatasan kembali menjadi satu orang istri saja.
Dalam bacaan evolusi peradaban kemanusiaan, pembatasan satu orang istri ini menjadi sangat alami. Dan sesuai dengan tuntutan sejarah perkembangan keadilan relasi laki-laki dan perempuan. Di sisi lain, ia memiliki basis dari semangat keadilan yang justru didukung al-Qur’an pada ayat poligami surat an-Nisa’.
Yang perlu ditegaskan di sini, bahwa ayat al-Qur’an turun untuk melakukan kritik terhadap poligami. Baik kritik kuantitas yang berlebihan, maupun kritik kualitas yang menjadi ajang tindakan semena-mena terhadap perempuan.
Poligami dalam strukur bahasa al-Qur’an membicarakan dalam konteks pemeliharaan anak-anak yatim yang terlantar, yang seringkali juga menjadi ajang tindakan semena-mena. []