Mubadalah.id – Bagaimana maksud privilise dan kesadaran kritis feminisme? Seorang atasan meminta penurunan gaji 30% ke pemiliki perusahaan demi stabilnya uang perusahaan di masa pandemi.
“Uang perusahaan menipis, bagaimana jika kita memotong gaji seluruh pegawai 30%?”
“Itu bagus, demi stabilnya perusahaan kita”
Atasan itu tenang-tenang saja, karena ia memiliki suami yang kaya, tabungan yang cukup dan gaji yang lebih besar. Menurutnya itu adalah pilihan yang terbaik untuk menyelematkan perusahaan tempat ia bekerja. Sayangnya dia lupa, pegawai di perusahaan tidak semuanya memiliki tabungan seperti dia. Tidak semuanya memiliki gaji yang cukup besar seperti dia, juga tidak semuanya memiliki pasangan yang kaya seperti dia.
Niat atasan ini baik, namun sayangnya ia tidak memiliki kewaspadaan (awareness) bahwa tidak semua pegawai memiliki privilese seperti dirinya. Banyak pegawai yang hancur lebur karena gaji dipotong 30%. Padahal ia harus menghidupi keluarganya. Padahal pasangannya diPHK. Padahal ia sama sekali tidak memiliki tabungan.
Inilah pentingnya kita mengetahui privilese yang kita miliki. Apa lagi jika kita adalah pemegang kekuasaan atau penentu nasib orang banyak. Jangan sampai keputusan yang dibuat hanya enak dan nyaman untuk yang berprivilese lalu menyengsarakan yang tidak berprivilese. Buatlah keputusan dengan menggunakan sudut pandang orang yang paling tidak berprivilese (kaum marjinal).
Dalam feminisme, kesadaran kritis ini harus dibangun melalui kewaspadaaan (awareness) terhadap relasi-relasi kuasa yang menimbulkan ketidakadilan terhadap kaum marjinal. Tentu saja karena feminisme bukan hanya teori tapi juga gerakan sosial, maka ketidak adilan tersebut harus diupayakan untuk dirubah.
Contohnya, jika terdapat penurunan gaji secara sembrono (seperti contoh di atas) maka yang bisa dilakukan bukan hanya waspada, tapi juga upaya untuk mengubahnya. Bisa dengan mengkritisi, berdiskusi, melakukan aksi (jika memungkinkan memiliki kekuatan kolektif) atau upaya-upaya lain sesuai zaman. Inilah feminisme, ia bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan dan ideologi, tapi juga gerakan sosial dan gerakan politik.
Tentu saja, kesadaran kritis ini tidak didapatkan cuma-cuma. Kita harus terus melatih kewaspadaan (awareness) kita dengan menyadari bahwa pengalaman kelompok marjinal beragam dan pengalaman manusia sangat majemuk. Kita harus terus menerus mencoba untuk berada di posisi dia, “be in someone’s shoes.”
Kaca mata yang kita gunakan untuk membaca pengalaman bukanlah kaca mata kita. Tapi kaca mata dia. Kita mengakui bahwa dia adalah subjek kehidupan. Kita bukan lagi bersimpati (me oriented/ memiliki perasaan yang sama dengan orang lain) tapi empati (you oriented/ merasakan, memahami atau masuk ke dalam perasaan orang lain).
Marjinal baik dalam ekonomi, politik, atau seks sangatlah kejam. Kemiskinan begitu kejam. Pemerkosaan begitu kejam. Dibungkam suaranya adalah kekejaman.
Mari membuat dunia nyaman, setidaknya untuk orang-orang di sekitarmu. Perhatikan rasa mereka, bukan hanya rasamu. Mungkin memang benar, adil sulit. Tapi ingatlah zalim kepada mereka yang lemah adalah hal yang sangat tidak disukai Tuhan? Dan doa orang-orang yang dizalimi itu diijabah oleh Tuhan. []