Mubadalah.id – Menginjak usia tiga belas tahun, Nabawiyyah Musa sangat berharap dapat melanjutkan pendidikannya di sekolah. Namun, keluarganya tak cukup mendukung keinginannya, bahkan cenderung melarang.
Meski begitu, ia tetap memaksa dengan mendaftarkan diri masuk di madrasah “As-Sunniyah” yang khusus untuk perempuan. Ia masuk madrasah pada 1901.
Konon, setiap berangkat ke madrasah, Nabawiyyah Musa harus sembunyi-sembunyi. Ia bercerita dalam buku autobiografinya, Tarikhi bi Qalami (Sejarah Hidup yang Aku Tulis), begini: “Aku sempat mencuri cincin emas ayahku. Aku kemudian menjualnya untuk bisa membiayai sekolahku.”
Ia lantas lulus pada 1903, kemudian melanjutkan pendidikan ke Madrasah Muallimat. Lulus sekolah menengah, Nabawiyyah Musa melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi, dan dalam waktu yang singkat.
Ia lulus sebagai sarjana, tepatnya pada 1908, Menarik sekali dikemukakan bahwa keberhasilannya telah menimbulkan kehebohan besar (dhajjah kubra) di tengah-tengah masyarakat Mesir saat itu. Mengapa? Sebab, saat itu, perempuan bergelar sarjana masih dianggap aneh.
Nabawiyyah Musa terus bersemangat untuk mendidik dan mencerdaskan kaum perempuan. Baginya, pendidikan kaum perempuan ialah suatu keharusan sejarah.
Ia kemudian menulis buku berjudul Tsamrah al-Hayat fi Ta’lim al-Banat (Buah Kehidupan dalam Mendidik Anak-Anak Perempuan).
Pendidikan Bagi Kaum Perempuan
Selanjutnya, ia bersama Malik Hifni Nashif dan Labibah Hasyim menyampaikan ceramah di hadapan para perempuan bangsawan tentang pentingnya pendidikan bagi kaum perempuan.
Dalam satu ceramahnya, ia mengatakan, “Kemajuan perempuan adalah faktor di balik kemajuan bangsa-bangsa.”
Nabawiyyah Musa kemudian membandingkan dua peradaban dunia. Menurutnya, pada masa lalu, peradaban Romawi bisa sedemikian maju karena adanya penghargaan terhadap kaum perempuan. Sebaliknya, keterbelakangan peradaban India tak lain karena mereka menindas perempuan.
Sepanjang hidupnya, Nabawiyyah Musa berjuang keras menuntut kesetaraan dan keadilan bagi perempuan dalam segala dimensi kehidupan.
Perjuangannya dilakukan melalui berbagai cara: menulis artikel, menerbitkan majalah dan koran, mendirikan sekolah-sekolah bagi kaum perempuan dan organisasi-organisasi perempuan.
Di samping itu, ia juga aktif berjuang melalui jalur politik, advokasi kebijakan publik di parlemen terkait hak-hak perempuan, termasuk revisi dan amendemen konstitusi, serta melalui seni dan budaya, dan sebagainya. []