Mubadalah.id – Erich Fromm, seorang pakar psikologi sosial asal Jerman mengatakan dalam Revolution of Hope: Toward a Humanized Technology: “Kita memberi makan kemalasan, keserakahan, atau kebencian kita, atau kita membuat mereka kelaparan. Semakin banyak kita memberi makan mereka, ia akan tumbuh lebih kuat. Semakin membuat mereka kelaparan, mereka akan semakin lemah.”
Fromm menganjurkan kepada kita untuk mengatasi keserakahan dan tidak terikat oleh berhala apa pun; sesuatu selain Tuhan yang berada di luar diri kita, yang kerap kali kita percaya dan kita dijadikan sandaran: harta, kekuasaan atau apapun yang bersifat duniawi itu merupakan berhala yang harus dihancurkan.
Kita tak boleh berharap lebih kepada mahluk hidup ataupun benda-benda mati. Karena menaruh harapan secara berlebihan kepada sesuatu selain Tuhan, hanya akan melahirkan kekecewaan. Ketika seseorang mengandalkan harta, kekuasaan atau apapun di luar dirinya, dan menaruh harapan lebih kepadanya, maka secara tidak langsung ia telah memberhalakan mahluk dalam dirinya. Memasukkan sesuatu yang ada di luar ke dalam dirinya dan mempercayainya sebagai juru selamat bagi kehidupan, tidak akan menghasilkan apa-apa selain daripada kebahagiaan sementara dan kesengsaraan dalam jangka panjang.
Sebagaimana Nabi Ibrahim yang menghancurkan berhala-berhala Nimrood dengan kampak. Fromm bersih keras mengajak kita untuk menghancurkan berhala-berhala yang ada di dalam pikiran kita. Belajar mengosongkan diri, menjadi kaya tanpa harus memiliki. Meninggalkan hasrat-hasrat tak rasional dan khayalan-khayalan.
Salah satu cara agar kita tak terikat oleh berhala-berhala, tak menjadi tawanan hasrat dan budak bagi kebencian adalah dengan berpuasa, dalam arti kita menahan diri kita untuk tidak memuaskan nafsu kebinatangan.
Al-Ghazali mengatakan dalam Kimiya’us Sa’adah (The Alchemy of Happiness) bahwa dalam diri manusia terkumpul berbagai macam karakter, antara lain karakter hewan, karakter binatang buas, dan karakter malaikat. Masing-masing karakter memiliki kebahagiaannya sendiri-sendiri. Kebahagiaan karakter hewan terletak pada makan, minum, tidur dan kawin (bersenggama). Kebahagiaan karakter binatang buas terletak pada penghantaman dan terkaman, dan kebahagiaan malaikat terletak pada kesaksian kepada keindahan hadirat ketuhanan.
Karakter hewan dan bintang buaslah yang harus kita puasai di sini, yang menurut Fromm menjadi sumber dari kemalasan, keserakahan, dan kebencian. Seseorang yang telah menguasai karakter kebinatangan maka dirinya akan berkembang secara penuh. Ia telah naik tingkat dari karakter kebinatangan, menuju ke karakter malaikat yang bisa menyaksikan keindahan hadirat Tuhan atau yang disebut Fromm dengan bersentuhan secara penuh dengan kenyataan, baik dari luar ataupun dalam.
Di bulan ramadan ini, kita dilatih sebulan penuh untuk tidak memanjakan karakter binatang yang ada dalam diri kita. Tidak hanya sekedar berpuasa untuk menahan makan dan minum, namun juga berpuasa dari sifat-sifat kebinatangan kita seperti kemalasan, keserakahan, dan kebencian. Sehingga diri kita kembali bersih. Karena untuk bisa menuju Allah kita harus bisa melewati tiga tahapan yang dalam dunia tasawuf dikenal dengan tahapan takhali (pembersihan), tahali (pengisian), dan tajali (ketercerahan).
Kenapa kita harus membersihkan diri kita terlebih dahulu untuk bisa berjalan menuju Tuhan? Karena tidak pantas bagi seorang hamba berupaya untuk menemui Tuhannya dalam keadaan kotor. Bahkan menurut Fahruddin Faiz, pengampu Ngaji Filsafat di Masjid Jenderal Sudirman Yogyakarta mengatakan bahwa wadah yang kotor, ketika diisi dengan sesuatu yang bersih, maka kotornya wadah tersebut akan mencemari isinya.
Itu mengapa, bulan ramadhan ini menjadi moment paling pas bagi kita untuk membersihkah diri. Merestart kembali pikiran dan hati kita agar kembali bersih sehingga dapat kembali menangkap kemurnian hidup dan menyaksikan keindahan-keindahan-Nya yang selama ini terhijab dari pandangan kita. []