Jumat, 7 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    istihadhah yang

    Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan

    Rumah Ibadah

    Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    Nostra Aetate

    Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    istihadhah yang

    Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan

    Rumah Ibadah

    Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    Nostra Aetate

    Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Redefinisi Konsep Kesejahteraan Anak, Mungkinkah?

Komunikasi menjadi modal utama terbentuk dan terbangunnya kesejahteraan keluarga, sebab secara kasat mata komunikasi yang harmonis menjadi penanda kerekatan keluarga

Ainul Luthfia Al Firda Ainul Luthfia Al Firda
17 Juni 2022
in Keluarga
0
Kesejahteraan Anak

Kesejahteraan Anak

1.8k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Tulisan ini bersumber atas kajian literatur penulis yang bersumber pada jurnal ilmiah. Salah satunya ialah tulisan Dr. Robert Green dalam tulisannya yang berjudul Child Well Being: A Feasible Consept.(Seaberg, 1990) Meskipun bersumber dari artikel lama, menurut hemat penulis konsep kesejahteraan anak sesuatu yang masih sering banyak yang menyalahartikan, dan layak untuk meluruskannya, dan itu tidak menjadi masalah jika sumber yang kita kutip merupakan artikel lama.

Secara historis status anak sangatlah beragam. Hal ini dapat kita lihat berdasarkan budaya, zaman, etnis, hingga agama. James R Seabreg mengungkapkan konsep kesejahteraan anak adalah konsep yang lahir dari pengalaman akademisi dan praktisi hak-hak anak. Hanya saja literatur yang ada belum cukup gamblang dalam menjelaskan definisi kesejahteraan. Sehingga efeknya dapat mempengaruhi nilai-nilai kesejahteraan anak dan berpotensi pada penyalahgunaan konsep.

Berkaca pada pengalaman masa lalu orangtua dapat berimbas pada proses perkembangan kesejahteraan anak atau singkatnya masa lalu orangtua yang belum terselesaikan dapat memengaruhi tumbuh kembang seorang anak. Konsep atau praktik pengasuhan sejatinya tidak mudah, banyak hal yang berpotensi menggoyahkan praktik pengasuhan dan keseimbangan kesejahteraan keluarga.

Bagaimana Menilai Kesejahteraan Anak dalam Keluarga?

Di Amerika Serikat ada beberapa pengamatan tentang konsep ini antara lain:

  1. Orangtua harus bertanggungjawab atas kesejahteraan anak
  2. Kesejahteraan anak tidak perlu seragam secara universal sebab kesejahteraan anak dapat terukur berdasarkan sekala lingkungan, daerah, agama, budaya, serta etnis
  3. Harapannya standar kesejahteraan anak mampu berubah
  4. Bahkan bila perlu standar kesejahteraan anak dapat meningkat dengan adanya pengakuan hak anak atas eksistensinya sebagai manusia.

Indikator kesejahteraan keluarga dapat terukur berdasarkan fungsi keluarga, keluarga yang sehat dan normal, kualitas hidup, layanan perlindungan anak, hingga timbangan kesejahteraan anak. Cara lain untuk melihat keluarga juga dapat terlihat dari kualitas interaksi interpersonal keluarga.

Fungsi keluarga sendiri memiliki keberagaman makna antara lain sebagai pembentuk anggota yang bersumber pada hubungan perkawinan, adanya dukungan dan kesejahteraan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kesehatan mental, perlindungan, tangggung jawab sosial yang bersumber pada norma, nilai dan perilaku, kasih sayang dan perhatian, identitas, sosialisasi budaya, agama dan tempat rekreasi.

Indikator Kesehatan Keluarga

Ada empat indikator kesehatan keluarga yang perlu masyarakat duplikasi. Pertama, fungsional keluarga tanpa gejala, maksudnya tidak adanya disfungsi keluarga yang mengakibatkan patologi sosial. Kedua, fungsi keluarga yang optimal, hal ini dapat terlihat dari optimalisasi penyeleasaian tugas keluarga. Ketiga, fungsional rata-rata dan terakhir fungsional transaksional. Maksudnya ialah adanya interaksi keluarga yang terbangun secara interpersonal atau hangatnya hubungan komunikasi keluarga.

Pentingnya komunikasi dalam tubuh keluarga menjadi modal interaksi antarpersonal. Apalagi konsep ini bersumber atas transaksional keluarga atau interaksi antar keluarga. Sangat jelas bahwa komunikasi menjadi modal utama terbentuk dan terbangunnya kesejahteraan keluarga, sebab secara kasat mata komunikasi yang harmonis menjadi penanda kerekatan keluarga.

Sebuah kalimat mengibaratkan bahwa pengoperasian keluarga atau roda kehidupan keluarga bagaikan kapal yang sedang berlayar. Perjalanannya seringkali tergambar dari tradisi, norma, nilai-nilai, budaya, hingga agama. Interaksi yang berlangsung secara dinamis berpotensi pada ketahanan kesejahteraan keluarga. Bahkan bila perlu fleksibilitas untuk beradaptasi dengan hubungan eksternal dan internal keluarga.

Pada misi kesejahteraan anak dapat dilihat dan diukur berdasarkan kebutuhan, keinginan hingga kesempurnaan. Ketiganya sama-sama penting hanya saja perlu ditinjau lebih luas. Berdasarkan pengakuan negara menjelaskan kehadiran sosok anak membutuhkan pengakuan atas aktualisasi dirinya sebagai manusia dan pengakuan atas hak-hak anak.

Hal ini juga mendukung terlaksananya praktik perlindungan anak yang kemudian melahirkan prinsip-prinsip kesejahteraan lainnya. Mendefinisikan konsep ini tampaknya sangat subjektif, konsepnya berbasis nilai bahkan bila perlu dalam konsep kesejahteraan perlu mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang buruk yang apabila terjadi abuse.

Oleh sebab dalam membangun kesejahteraan anak hal yang perlu dibangun ialah menganggap keberadaan anak, mengutamakan kebutuhan anak, berprinsip pada perlindungan anak, tidak mencampuradukkan pengalaman orangtua di masa lalu, membangun komunikasi yang harmonis antar personal, dan hal-hal positif lainnya.

Di akhir kalimat penulis berharap agar tulisan ini menjadi bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi keluarga kecil pemula yang ingin menerapkan praktik pengasuhan baru, tentunya dengan menetralisir masa lalu dan mengedepankan masa depan anak. Terimakasih. []

Tags: anakedukasi sosialkesejahteraan anak
Ainul Luthfia Al Firda

Ainul Luthfia Al Firda

Ainul Luthfia Al Firda Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Focus pada kajian-kajian agama dan sosial

Terkait Posts

Fitrah Anak
Hikmah

Memahami Fitrah Anak

16 Oktober 2025
Pengasuhan Anak
Hikmah

5 Pilar Pengasuhan Anak

16 Oktober 2025
Pengasuhan Anak
Hikmah

Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

16 Oktober 2025
Pendidikan Anak ala Nabi
Keluarga

Pendidikan Anak ala Nabi Muhammad Saw

1 Oktober 2025
Upah Menyusui
Hikmah

Bolehkah Ibu Menuntut Upah atas Menyusui Anaknya Sendiri?

24 September 2025
Ibu Menyusui
Hikmah

3 Kondisi yang Menjadikan Ibu Kandung Wajib Menyusui Anaknya

23 September 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan
  • Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan
  • Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah
  • Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain
  • Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID