Mubadalah.id – Akhir-akhir ini varietas pangan semakin bertambah. Kita mudah sekali menemukan makanan dengan segala bentuk, jenis, dan rasa. Globalisasi menjadi jembatan arus produk pangan. Tidak heran, hal ini membuat kita cenderung mudah menikmati makanan luar, impor misalnya, daripada makanan lokal itu sendiri. Bersamaan dengan ini, aktivitas produksi pangan lokal dan sektor pertanian di pedesaan semakin menurun. Komoditas pertanian masyarakat menyesuaikan kebutuhan pasar dan menjadi homogen. Beras-isasi menjadi salah satu contoh bagaimana homogenitas komoditas pertanian terjadi.
Bersamaan dengan itu, masyarakat desa beralih pada industri dan memilih pindah ke kota. Pertanian semakin dipunggungi dan makanan lokal sebagai salah satu komoditasnya pun juga turut mengalami penurunan. Kedaulatan pangan desa mulai tergerus. Kondisi tersebut mendorong terciptanya gerakan baru di pedesaan untuk tetap bertahan di sektor pertanian. Seperti gerakan sosial yang dilakukan di Gunung Kidul bernama komunitas Pagesangan.
Sekolah Pagesangan dan Pangan Lokal
Salah satu gerakan sosial yang lahir adalah Sekolah Pagesangan di daerah Gunung kidul, Yogyakarta. Sekolah Pagesangan merupakan komunitas belajar bagi masyarakat Gunung Kidul khususnya pemuda. Pendirinya Diah Widuretno dan 17 anak di Gunung Kidul yang memiliki semangat belajar untuk bertani.
Komunitas ini berdiri sejak 2008 yang diinisiasi karena melihat potensi pertanian dan masalah perekonomian yang ada di desa. Banyak pemuda desa pergi ke kota untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Sedangkan di desa sendiri lahan pertanian masih potensial. Dari potensi dan masalah tersebut lahir kegiatan utama Sekolah Pagesangan. Yakni bertani dan mengolah hasil pertanian serta wirausaha pertanian.
Pengembangan pertanian di komunitas ini menggunakan cara tradisional. Mulai dari pupuk hingga pengolahan makanan. Selain cara tradisional, komoditas pangan yang mereka hasilkan pun pangan lokal, seperti tiwul, kue serba singkong, dan aneka umbi-umbian. Kemudian, proses terakhir adalah pemasaran produk lokal yang dihasilkan oleh Sekolah Pagesangan ke daerah lain.
Terdapat beberapa kelompok dalam komunitas, diantaranya anak-anak, dewasa, ibu-ibu, dan bapak-bapak. Selain untuk mempertahankan pangan lokal, Sekolah Pagesangan ingin memberikan pendidikan kepada warga yang sesuai dengan kondisi lokalitas dan kebutuhan masyarakat di Gunung Kidul, khususnya di desa Girimulyo. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan Sekolah Pagesangan adalah belajar bertani sesuai kelompoknya. Kemudian belajar interpreneur untuk memasarkan hasil pertanian dan bersifat ekonomis.
Melalui gerakan komunitas ini, ketahanan pangan lokal tetap terjaga dengan memanfaatkan potensi pertanian dan sumber daya manusia yang ada di desa dengan baik dan optimal. Di samping itu,akan terjadi regenerasi petani yang menjunjung komoditas lokal sebagai tanaman utama pertanian. Gerakan ini menjadi gerakan pemberdayaan yang sustainable. Yakni untuk keberlanjutan pangan lokal dan membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.
New Social Movement
Dari sekian kegiatan, tujuan, dan nilai komunitas, gerakan Sekolah Pagesangan adalah bagian dari gerakan sosial baru. Yang memiliki tujuan untuk mengekalkan pangan lokal dengan menumbuhkan ecobehavior masyarakat dalam pertanian di pedesaann. Tujuan-tujuan non material dalam suatau gerakan sosial menjadi indikator bahwa suatu gerakan termasuk gerakan sosial baru.
Sekolah Pagesangan hadir sebagai respon terhadap gelombang pasar dan meningkatnya kontrol pemerintah. Mereka hadir sebagai gerakan masyarakat sipil yang mengangkat isu lokal dengan membentuk kelompok kecil (mikro). Sebagaimana gerakan sosial baru, Sekolah Pagesangan memberikan paradigma alternatif berupa tindakan kolektif. Struktur gerakannya pun tidak menyerupai birokrasi yang kaku.
Di mana, aktor gerakan sosial baru melintasi keberagaman, baik agama, poltik, ras, dan etnis. Selaras dengan kelompok Sekolah Pagesangan yang terdiri dari berbagai kelompok dan gender, seperti ibu-ibu, anak-anak, laki-laki, dan remaja yang setiap kelompok memiliki kontribusi masing-masing.
Berbeda dengan gerakan sosial lama yang masih kental dengan perlawanan terhadap liberalisme, kapitalisme dan pertentangan kelas, gerakan sosial baru memiliki orientasi yang beragam dan humanis. Seperti lingkungan, keadilan, feminisme, dan gerakan kemanusiaan lainnya. Sebagaimana Sekolah Pagesangan yang awalnya sebagai gerakan kemanusiaan yang tumbuh di desa dengan isu pemberdayaan dan lingkungan.
Selain itu, mereka menggunakan taktik melalui politik informal untuk berusaha manarik opini publik yang terbuka terhadap kebutuhan individu. Hal ini yang komunitas Sekolah Pagesangan lakukan. Mereka berusaha mengamplifikasi suara-suara individu dan mengakumulasikannya menjadi suatu gerakan.
Gerakan Alternatif
Sekolah Pagesangan merupakan suatu gerakan alternatif merespon meningkatnya variasi pangan yang menenggelamkan pangan lokal, dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat petani. Sebagai bentuk ekspresi perjuangan masyarakat sipil, gerakan ini bersifat revolusioner dalam aspirasi dan anti-sistemik pada dampaknya.
Akhir-akhir ini, gerakan sosial baru seperti Sekolah Pagesangan menjadi gerakan yang banyak dilakukan oleh organisasi-organisasi lain. Namun, menariknya sekolah pagesangan diinisiasi oleh perempuan sebagai subjek yang dekat dengan pertanian dan pangan. Kedekatan tersebut memberikan suatu dorongan afektif terhadap perempuan untuk meneruskannya berupa tindakan.
Khususnya di pedesaan, aktivitas-aktivitas pertanian, pengolahan pangan, dan wirausaha memang mayoritas perempuan yang melakukannya. Kedekatan antara ruang domestik dan ruang publik bagi perempuan perlu diberi ruang-ruang pemberdayaan, sebagai upaya mengurangi beban perempuan.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara kolektif akan menjadi support system bagi sesama perempuan di desa. Seperti sekolah pagesangan yang merangkul tidak hanya perempuan, tetapi juga laki-laki di desa menjadi ladang inklusifitas pertanian, pengolahan, dan wirausaha di pedesaan. Anak-anak yang terlibat pun akan menjadi generasi yang tumbuh dengan sikap inklusif. Di mana nilai-nilai itu telah mereka tanam sejak dini di Sekolah Pagesangan.
Cerita ini bisa menjadi menggugah kesadaran kita semua. Di tengah pluralnya gerakan sosial baru yang muncul, dalam hal ini gerakan sosial baru bisa menjadi salah satu pilihan kita yang tengah kebingungan untuk memulai suatu ibadah sosial. Seperti Sekolah Pagesangan, yang berhasil melihat potensi di tengah permasalahan masyarakat desa, baik ekonomi, pangan, dan solidaritas masyarakatnya. []