• Login
  • Register
Minggu, 8 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Taat kepada Istri Adalah Syar’i

Kegemaran Nabi dalam memberikan pelayanan pada istri, merupakan teladan sekaligus pemahaman bahwa rumah tangga merupakan obyek amal pertama bagi seorang muslim

Thoah Jafar Thoah Jafar
21/12/2021
in Keluarga, Rekomendasi
0
Qadha Puasa, dan Praktik Kesalingan dalam Fikih Mubadalah

Qadha Puasa, dan Praktik Kesalingan dalam Fikih Mubadalah

232
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Orientasi berislam adalah mencapai kebaikan. Lebih luas lagi adalah menempuh segala jalan kemaslahatan demi meraih keridaan Allah Swt. Sedangkan Nabi Muhammad Saw sendiri mendefinisikan, “Kebaikan adalah akhlak mulia, dan keburukan adalah sesuatu yang membuat hatimu ragu.” (HR. Muslim).

Demi mengawal target kebaikan itu, kemudian lahirlah syariat. Syariat ialah rambu-rambu yang memiliki tujuan secara menyeluruh, yakni kemaslahatan di dunia dan akhirat.

Di pesantren, para santri lazim dikenalkan dengan pembahasan tersebut melalui istilah maqasidh syariah dengan lima unsur pokoknya alias kulliyat al-khams. Yaitu, hifdh al-nafs (menjaga jiwa), hifdh al-diin (menjaga agama), hifdh al-‘aql (menjaga akal), hifdh al-nasl (menjaga nasab), dan hifdh al-mal (menjaga harta).

Tidak cukup itu. Dalam pakem yang lebih sederhana, misi pengawalan itu pun dicakup dalam praktik fardu kifayah amar ma’ruf nahi munkar. Dalam lingkungan yang lebih kecil, kefardu-kifayahan itu ada di kesalingan suami dan istri.

Relasi kesalingan

Baca Juga:

Jalan Tengah untuk Abah dan Azizah

Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

Fondasi Kehidupan Rumah Tangga

Kafa’ah yang Mubadalah: Menemukan Kesepadanan dalam Moral Pasutri yang Islami

Dalam sebuah pernikahan ada amanat “Muasyarah bi al-ma’ruf,” menjalin relasi suami-istri dengan cara yang baik. Sedangkan kebaikan dalam sebuah relasi atau hubungan, tidak mungkin diabsahkan dalam pengertian yang cuma sebelah pihak.

Salah satu garansi Islam tentang pentingnya relasi kesalingan terdapat dalam kiasan yang dipakai pada QS: Al-baqarah: 187, “Hunna libasun lakum wa antum libasun lahunna,” yang bermakna, “Mereka (istrimu) adalah pakaian untukmu, dan kamu (suami) pun pakaian untuk mereka,”. Secara lebih singkatnya, ayat ini adalah bentuk penegasan mengenai kesalingan antara keduanya dalam segala sisi kehidupan berumah tangga.

Kesalingan yang diamanatkan pun bersifat menyeluruh. Suami dan istri diperintah untuk saling mencintai, menyayangi, melayani, melindungi, maupun membahagiakan sebagai sebuah pasangan. Sementara dalam ayat lainnya, yakni QS: Ar-Rum: 21 dijelaskan, bahwa tujuan berpasangan (menikah) adalah meraih “sakinah” atau ketenangan, sekaligus merupakan tanda-tanda kebesaran Allah Swt.

Tidak hanya itu, dalam Sittin ‘Adliyyah karya KH Faqihuddin Abdul Kodir ditegaskan, komitmen kesalingan inilah yang menjadi fondasi untuk memenuhi cita-cita Al-Quran mengenai kehidupan rumah tangga bahagia, sejahtera, dan penuh cinta kasih.

Rumah Tangga Islam

“Kebaikan” Islam yang didefinisikan Rasulullah Muhammad Saw berupa akhlak mulia ini penting pula diterapkan secara penuh di seluruh lini kehidupan, terlebih dalam bangunan rumah tangga.

“Dari Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda; sebaik-baik kalian adalah yang paling baik di antara kalian dalam memperlakukan keluarganya. Dan aku adalah sebaik-baik dari kalian dalam memperlakukan keluargaku.”

“Diceritakan oleh Ishaq, ia berkata: kami dikabarkan oleh Abdullah bin al-Walid, dari Sufyan, dari Hisyam, dari ayahnya, kemudian berkata: Aku bertanya kepada Aisyah, apa yang dilakukan Nabi Muhammad Saw ketika beliau berada di dalam rumah? Aisyah menjawab: sebagaimana yang dilakukan salah satu dari kalian ketika berada di rumah, yaitu memperbaiki alas kaki, menambal baju, dan menjahit.”

Kegemaran Nabi dalam memberikan pelayanan pada istri, merupakan teladan sekaligus pemahaman bahwa rumah tangga merupakan obyek amal pertama bagi seorang muslim. Maka, tak keliru, jika di awal disebutkan bahwa keluarga adalah konteks penerapan amar ma’ruf nahi munkar yang paling utama. Dengan pemahaman seperti itu, maka bisa diaplikasikan secara kasuistik ketika berbalik seorang istri mengingatkan tentang kebaikan, maka memenuhinya adalah bagian dari syariat yang diamanatkan Islam.

Secara praktik yang sederhana, misalnya, suami mematuhi istri untuk mengerjakan salat bisa dimaknai sebagai bagian dari misi memelihara agama, suami yang taat kepada istri untuk rajin bekerja bagian dari prinsip memelihara jiwa, suami yang menuruti istri untuk tidak mengkonsumsi minuman keras ialah bagian dari memelihara akal, dan seterusnya, seusai dengan tujuan-tujuan hadirnya sebuah syariat. []

Tags: istriKesalinganrumah tanggasuami
Thoah Jafar

Thoah Jafar

Pengasuh Ponpes KHAS Kempek Cirebon

Terkait Posts

Toleransi di Bali

Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

7 Juni 2025
Narasi Hajar

Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha

6 Juni 2025
Kekerasan Seksual

Perspektif Heterarki: Solusi Konseptual Problem Maraknya Kasus Kekerasan Seksual di Lembaga Pendidikan Agama  

5 Juni 2025
Pesan Mubadalah

Pesan Mubadalah dari Keluarga Ibrahim As

4 Juni 2025
Tubuh yang Terlupakan

Luka Cinta di Dinding Rumah: Tafsir Feminis-Spiritual atas Tubuh yang Terlupakan

3 Juni 2025
Akhlak Karimah

Bagaimana Akhlak Karimah dalam Memilih dan Melamar Pasangan Pernikahan?

2 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Jam Masuk Sekolah

    Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kursi Lipat dan Martabat Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Siti Hajar dan Kritik atas Sejarah yang Meminggirkan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Siti Hajar dan Kritik atas Sejarah yang Meminggirkan Perempuan
  • Kursi Lipat dan Martabat Disabilitas
  • Jalan Tengah untuk Abah dan Azizah
  • 7 Langkah yang Dapat Dilakukan Ketika Anda Menjadi Korban KDRT
  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID