• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Tren The Nurul’s: Stereotip Perempuan Berhijab

The Nurul's, istilah kontroversial tentang gaya hidup perempuan berhijab era sekarang yang memunculkan stigma negatif bagi perempuan

Sayyida Naila Nabila Sayyida Naila Nabila
01/02/2024
in Personal, Rekomendasi
0
The Nurul's

The Nurul's

2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Tren The Nuruls sedang menjadi buah bibir di kalangan warga media sosial twitter, instagram, hingga tiktok dalam melabeli suatu kelompok perempuan. Istilah The Nurul’s mencuat sejak seorang content creator tiktok Halda Rianta, adik Arafah Arianti mengulasnya bersama host Deddy Corbuzier dan Vidi Aldiano di PodHub perihal tempat nongkrong hits ala anak Depok. Lalu apa sebenarnya The Nurul’s? bagaimana cara menyikapinya?

Sekilas tentang Kata ‘Nurul’

Secara bahasa istilah The Nurul’s dari kata Nurul, merupakan nama seseorang yang berasal dari kosa kata bahasa Arab. Yakni Nur (نور) yang berarti cahaya. Sedangkan ‘ul’ adalah huruf dari potongan kalimat setelah kata ‘nur’, yang menjadi satu kalimat jika dituliskan menggunakan latin.

Hakikatnya, kata ‘nur’ sendiri dalam bahasa Arab tidak hanya identik dengan perempuan, tetapi juga laki-laki. Namun mayoritas masyarakat non-arab terutama Indonesia menyematkannya kepada anak perempuan.

Seperti contoh nama perempuan yang berkembang Nurul Ilmi (نُورُ الْعِلْمِ) yang bermakna cahaya ilmu. Atau nama anak laki-laki yakni Nurul Yaqin (نُوْرُ الْيَقِيْنْ)  yang berarti cahaya keyakinan.

Stereotip yang Berkembang

The Nurul’s, istilah kontroversial tentang gaya hidup perempuan berhijab era sekarang yang memunculkan stigma negatif bagi perempuan. Bahkan istilah ini sempat menjadi multitafsir pada masing-masing media sosial seperti twitter, instagram, threads, youtube, hingga tiktok.

Baca Juga:

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan

Pasalnya definisi The Nurul’s menurut netijen Indonesia pada sebagian platfrom (salah satunya tiktok) sudah mengalami rebranding atau pergeseran makna. Apalagi setelah informasi viral yang disampaikan content creator  tiktok pada youtube Deddy Corbuzier tersebut.

Mereka menghighlight The Nurul’s pada aspek fashion dan lifestylenya. Lebih detailnya, menurut popbela.com, netijen memberi label positif The Nurul’s sebagai perempuan frugal/minimalist lifestyle yang memajukan UMKM. Alasan mendasarnya karena mereka sering jajan seblak, mie gacoan, anak per-kopi-an dan pengendara scoopy.

Melansir dari kompasiana.com, mulanya sebagian warga sosial media (lebih spesifiknya di twitter) melabeli The Nurul’s dengan pandangan sebelah mata bahkan melontarkan stigma negatif. Perempuan yang cenderung misoginis (sindrom kebencian terhadap perempuan), homophobia, pick me bahkan sok agamis adalah beberapa statementnya.

Merangkum beberapa versi, stigma lain The Nurul’s mengarah pada perempuan berhijab atau muslimah kelas ekonomi menengah, yang kurang mencerminkan bahkan kontras dengan religiusitasnya. Seperti pada beberapa kasus mereka yang menganggap soju adalah halal, berjoget-joget di tempat umum, menggunakan vape, minum-minum, dan lain sebagainya.

Menyikapi Fenomena The Nurul’s

Setali tiga uang dengan fenomena Pick Me Girl, memandang fenomena ini juga memerlukan adanya kacamata sosial. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kelas sosial dan internalized mysogyny sesama perempuan.

Prinsip mubadalah atau kesalingan yang diusung oleh Kiai Faqihuddin Abdul Kodir juga bisa kita terapkan dalam rangka membangun relasi sosial secara umum, lebih spesifik lagi kepada sesama perempuan. Karena selain agar tidak membuat sekat antar perempuan, Girl Power juga akan membantu untuk mengantisipasi berkembangnya stereotip buruk masyarakat terhadap perempuan.

Adakalanya beberapa kritikan yang berkembang dalam fenomena ini pun bersifat subjektif dan tidak bisa disamaratakan. Perlu juga bagi kita kehati-hatian dalam memberikan informasi, agar tidak membuat statement general yang kemudian tidak mencerminkan realitas pada kelompok individu yang lain.

Melansir dari tirto.id yang merekomendasikan netijen untuk memberi kritik yang konstruktif dan tidak menghakimi hal-hal kecil. Sebagaimana yang kita ketahui, dunia digital memang selalu menyajikan penghakiman dari banyak orang karena perbedaan kelompok dan gaya hidup. []

Tags: media sosialperempuanstereotip genderThe Nurul'sTrendviral
Sayyida Naila Nabila

Sayyida Naila Nabila

Sarjana Studi Islam (Dirasat Islamiyah) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2018

Terkait Posts

Gerakan KUPI

Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

4 Juli 2025
Ruang Aman, Dunia Digital

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

3 Juli 2025
Kebencian Berbasis Agama

Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama

2 Juli 2025
Vasektomi

Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

2 Juli 2025
Anak Difabel

Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

1 Juli 2025
Narasi Pernikahan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

1 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Isu Iklim

    Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Tahun Baru Hijriyah: Saatnya Introspeksi dan Menata Niat
  • Pesan Pram Melalui Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak
  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID