“saling berpesanlah di antara kalian agar selalu berbuat baik kepada perempuan, karena mereka seringkali dianggap tawanan (seseorang yang tidak diperhitungkan oleh kalian). Padahal sesungguhnya kalian tidak memiliki hak sama sekali atas mereka, kecuali dengan hal tersebut” -Wasiat Nabi Muhammad SAW pada laki-laki dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam hadis nomor 1924-
Ibnu Mazhur (w. 711/1311) dalam Qiraah Mubaadalah menjelaskan bahwa kalimat “seperti tawanan di antara kalian” pada hadis di atas bukan mengartikan makna tawanan yang sebenarnya, tetapi hanya kiasan untuk menggambarkan bahwa perempuan bukanlah tawanan untuk laki-laki, sedangkan perempuan diberikan kata kiasan ‘tawanan’ disebabkan perempuan sering terpinggirkan, dilemahkan dan didzalimi dalam berbagai konteks sosial.
Arti ‘tawanan‘ mengarah pada kondisi dimana seseorang tidak mempunyai kuasa atas dirinya sendiri, kehidupannya di kendalikan oleh orang lain, kondisi dimana perempuan tidak mampu menentukan keputusan atas diri dan kehidupannya, menjadi tawanan sistem sosial yang didominasi oleh perspektif laki-laki.
Fakta sosial seperti inilah yang pada akhirnya Rasulullah SAW memberi wasiat agar saling mengingatkan untuk memerlakukan sesama dengan baik, memanusiakan perempuan dan melindungi perempuan dari sistem sosial yang sering merendahaknnya. Kondisi sosial yang merendahkan perempuan pada masa itu diceritakan dalam Al-Quran, seperti yang tertuang pada surat berikut:
Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dia sangat marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ketahuilah alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu. (Qs. An-Nahl {16}: 58-59)
Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. (QS. An-Nisaa’ [4]:19)
Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barang siapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa. (QS. An-Nuur [24]:33)
Al-Quran menceritakan jika pada masa itu, mempunyai anak perempuan adalah aib bagi keluarga hingga tega menguburnya hidup-hidup, hal ini memperlihatkan rendah atau bahkan tidak ada nilai kemanusiaan pada perempuan, ketika bayi perempuan lahir dan tidak tahu menahu tentang dunia pun mereka sudah membenci dan menganggap bahwa itu aib.
Pada masa sekarang setelah turunnya Al-Quran dan diutusnya Rasulullah SAW, nilai-nilai kemanusiaan pada perempuan semakin meningkat, memang saat ini belum sepenuhnya perempuan memiliki hak asasi manusia, tapi seiring berjalannya waktu, semakin banyak kesadaran akan penting memanusiakan perempuan maka keseiambangan relasi antara laki-laki dan perempuan perlahan akan terwujud.
Selain hilangnya nilai kemanusiaan pada perempuan, pada masa itu perempuan mengalami pemaksaan (QS.An-Nuur:39) atas hal yang tidak mereka inginkan, merampas hak serta menjadikan perempuan sebagai obyek, atau menganggap perempuan sebagai barang yang bisa diberikan dan diwariskan kepada sispapun.
Pada masa sekarang sistem perbudakan sudah hampir tidak ada lagi, teapi praktik perbudakan masih sering terdengar, ini sering terjadi pada kasus human trafficking. Sedangkan pemaksaan terhadap perempuan atas kehidupannya sendiri masih kerap terjadi, terutama dalam lingkungan keluarga. Perempuan masih dianggap tidak mampu menentukan kehidupannya sendiri, sehingga aktifitas, dan keputusan masih berada dipihak lain yang lebih berkuasa atas dirinya.
Wasiat yang disampaikan Nabi Muhammad SAW mengajarkan pada kita agar saling mengingatkan untuk berperilaku adil, memanusiakan manusia terutama pada perempuan yang masih dijajah oleh sistem sosial. Wasiat Nabi Muhammad SAW tersebut bukan berarti hanya mengutamakan perempuan, tapi pada konteksnya perempuan dijadikan tawanan oleh sistem sosial
Sehingga muncullah wasiat untuk saling berpesan berbuat baik pada perempuan, untuk menghilangkan sistem sosial patriarkis, karena untuk memperbaiki sistem sosial harus dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh unsur sosial, baik individu (laki-laki dan perempuan) maupun kelompok. Tugas kita adalah menyebarkan nilai dan pesan keadilan yang telah termaktub dalam Al-Quran dan hadis, serta mempraktekannya dan dimulai dengan bersikap adil sejak dalam pikiran. []