Kamis, 18 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    KUPI yang

    KUPI Jadi Ruang Konsolidasi Para Ulama Perempuan

    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Fikih Disabilitas

    Fikih Disabilitas: Kajian Wudu bagi Orang Tanpa Tangan atau Kaki

    Poligini

    Ketika Isu Poligini Masih Sulit Disuarakan

    Perempuan Disabilitas

    Sulitnya Ruang Aman Bagi Perempuan Disabilitas

    Poligini

    Poligini dan Dampaknya terhadap Perempuan

    Trauma Healing

    Kenapa Anak-anak Korban Bencana di Sumatra Butuh Trauma Healing Secepatnya?

    Perspektif Mubādalah

    Etika Kesalingan dalam Islam: Relasi, Interrelasi, dan Transrelasi Perspektif Mubādalah

    Seksisme

    Melihat Ancaman Seksisme di Kehidupan Perempuan

    Tubuh Perempuan

    Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

    Seksisme

    Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    KUPI yang

    KUPI Jadi Ruang Konsolidasi Para Ulama Perempuan

    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Fikih Disabilitas

    Fikih Disabilitas: Kajian Wudu bagi Orang Tanpa Tangan atau Kaki

    Poligini

    Ketika Isu Poligini Masih Sulit Disuarakan

    Perempuan Disabilitas

    Sulitnya Ruang Aman Bagi Perempuan Disabilitas

    Poligini

    Poligini dan Dampaknya terhadap Perempuan

    Trauma Healing

    Kenapa Anak-anak Korban Bencana di Sumatra Butuh Trauma Healing Secepatnya?

    Perspektif Mubādalah

    Etika Kesalingan dalam Islam: Relasi, Interrelasi, dan Transrelasi Perspektif Mubādalah

    Seksisme

    Melihat Ancaman Seksisme di Kehidupan Perempuan

    Tubuh Perempuan

    Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

    Seksisme

    Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Yang Pantas Dibela itu Korban, Bukan Predator Seks

Korban yang pantas mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar. Jangan sampai korban mengalami pemerkosaan kedua oleh masyarakat, berupa bully atau hinaan terhadap dirinya yang telah diperkosa

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
8 Desember 2021
in Publik
0
Korban

Korban

325
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

“Diselesaikan dengan cara kekeluargaan saja.”

Mubadalah.id – Demikian yang dipikirkan oleh orang tua pelaku terhadap korban yang telah diperkosa oleh anaknya. Kelakuan bejat yang coba dilindungi keluarga. Teman saya menjelaskan bahwa pihak keluarga predator (pelaku) ingin menyelesaikan masalah dengan cara kekeluargaan.

Mendengar penuturan itu, saya refleks berkata: “Predator seks tidak layak dibela, dan kasus kekerasan seksual juga bukan persoalan yang dengan sederhana selesai secara kekeluargaan.”

Pikirkan, nasib korban pasca diperkosa. Seorang gadis belia yang direnggut tubuhnya dengan paksa oleh tiga orang laki-laki. Tubuhnya lebam, akibat terkaman para predator seks saat memangsanya. Selain itu, betapa besar luka psikologis yang membekas dalam jiwa korban. Dan, berbagai kerugian lain yang hanya korban yang paham betul bagaimana sakitnya. Lantas, dengan entengnya pihak pelaku pemerkosa berpikir kalau semua bakal selesai dengan kata “kekeluargaan”.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada-ada saja dalih yang dikeluarkan pihak tertentu untuk melindungi predator seks. Entah untuk melindungi pribadi pelaku atau dalih menjaga nama baik suatu lembaga, sering membuat keadilan terhadap korban kekerasan maupun pelecehan seksual diabaikan.

Pada kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh tiga orang laki-laki terhadap seorang gadis yang terjadi belum lama ini di desa saya, pihak keluarga pelaku mencoba melindungi anak mereka yang telah melakukan perbuatan bejat. Alasannya, memikirkan masa depan anak (yang adalah pelaku pemerkosa). Mereka ingin memikirkan masa depan anaknya, tapi lupa dengan masa depan korban yang terenggut.

Ibu (perempuan) dari salah seorang pelaku ingin menikahkan putranya dengan korban, katanya agar masalah dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Tak sampai di situ, pihak korban juga diimingi dengan sebidang tanah. Ah, dasar. Untung saja keluarga korban tidak menyetujuinya, dan tetap memproses perkara itu dengan cara hukum.

Menikahkan korban dengan pelaku pemerkosa bukan hal bijak. Kasus pemerkosaan sama sekali berbeda dengan hamil duluan yang mana laki-laki dituntut harus menikahi perempuan (kalimat ini bukan berarti saya membenarkan seks pasangan di luar nikah).

Kasus pemerkosaan jelas sangat berbeda. Menikahkan korban dengan pelaku sama saja memberikannya kepada predator seks. Apalagi pada kasus pemerkosaan yang dilakukan beramai-ramai, dan lantas memilih satu lelaki dari para pelaku untuk dinikahkan dengan korban. Ah, amat ngeri rasanya, jika seorang perempuan diserahkan kepada lelaki yang memperkosanya beramai-ramai.

Bagaimana jadinya ketika predator seks punya legalitas kuasa (lewat pernikahan) atas tubuh si korban?

Coba pikirkan, akan bagaimana nasib korban setelah menikah dengan predator seks yang memangsanya?

Pernikahan atas nama menyelesaikan perkara lewat kata “kekeluargaan” bukan solusi atas kasus pemerkosaan. Yang perlu dilakukan adalah memproses para pelaku lewat jalur hukum. Upaya-upaya membela predator seks tidak perlu dilakukan, sebab yang perlu dibela dan diberi perlindungan serta dukungan adalah korban bukan malah predator.

Korban yang pantas mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar. Jangan sampai korban mengalami pemerkosaan kedua oleh masyarakat, berupa bully atau hinaan terhadap dirinya yang telah diperkosa. Juga jangan sampai mengalami pemerkosaan ketiga oleh negara, berupa ketidakadilan hukum atas diri korban.

Upaya untuk memberi penguatan kepada korban amatlah perlu. Dan, salah satu support yang dapat diberikan negara adalah memberi keadilan hukum bagi korban, serta dukungan yang dapat diberikan masyarakat adalah dengan tidak menghakimi korban. Sayangnya, negara sering ompong membela korban kekerasan maupun pelecehan seksual. Pun, masyarakat juga masih sering menghakimi korban pemerkosaan.

Selain tidak adil bagi korban, jika para predator seks kasus pemerkosaan hanya dibiarkan dengan dalih telah diselesaikan secara “kekeluargaan”, aduh bahaya, sebab itu sama halnya membiarkan dan menyuburkan perbuatan bejat tersebut. Bayangkan saja, predator tidak mendapatkan hukuman yang pantas, dan bebas berkeliaran di tengah masyarakat yang penuh dengan perempuan (mangsa baginya).

Maka pahamilah bahwa predator tidak layak dibela. Pun, tidak pantas disembunyikan namanya dengan kata “oknum”, sebab masyarakat harus tahu dan berhati-hati terhadap predator seks.

Oh, tentu ini bukan berarti menafikan tobat bagi pelaku. Predator bisa bertobat, dan itu baik. Namun, ini bukan sekadar soal penyesalan pelaku, melainkan hak keadilan untuk korban yang mendapatkan kekerasan maupun pelecehan seksual. Maka hukum harus tetap ditegakkan. Dan, itu termasuk upaya memberantas predator-predator kekerasan maupun pelecehan seksual, agar ruang aman bagi perempuan di negeri ini semakin baik. []

Tags: Kasus kekerasankekerasan terhadap perempuankorban kasus kekerasanpemerkosaanperempuan korban kekerasanstop kekerasan terhadap perempuan
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Di Mana Ruang Aman Perempuan
Publik

Refleksi 80 Tahun Kemerdekaan: Di Mana Ruang Aman Perempuan dan Anak?

19 Agustus 2025
Film Bhakshak
Film

Film Bhakshak: Bicara Eksploitasi Anak dan Keberanian Jurnalis

26 Maret 2025
Kekerasan terhadap Perempuan
Publik

Kekerasan terhadap Perempuan, Mengapa Masih Marak Terjadi?

15 Maret 2025
An'an Yuliati
Figur

Menilik Femisida dan Solusi Pendekatan Perdamaian An’an Yuliati

24 Desember 2024
Kekerasan dalam Pendidikan
Publik

Dehumanisasi Menebalkan Problem Kekerasan dalam Pendidikan

4 November 2024
Fenomena Perkawinan Anak
Publik

Melihat Kembali Fenomena Perkawinan Anak hingga KDRT

10 Oktober 2024
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Trauma Healing

    Kenapa Anak-anak Korban Bencana di Sumatra Butuh Trauma Healing Secepatnya?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gitu Saja Kok Repot: Gus Dur dan Humor Inklusif

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Isu Poligini Masih Sulit Disuarakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fikih Disabilitas: Kajian Wudu bagi Orang Tanpa Tangan atau Kaki

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Jadi Ruang Konsolidasi Para Ulama Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Fikih Disabilitas: Kajian Wudu bagi Orang Tanpa Tangan atau Kaki
  • KUPI Jadi Ruang Konsolidasi Para Ulama Perempuan
  • Gitu Saja Kok Repot: Gus Dur dan Humor Inklusif
  • Ketika Isu Poligini Masih Sulit Disuarakan
  • Sulitnya Ruang Aman Bagi Perempuan Disabilitas

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID