Mubadalah.id – Setelah meng-ASI-hi selama 2 minggu saya belajar tentang pesan kesalingan dalam ayat menyusui. Selain itu ada makna lain, bahwa wahnan ‘ala wahnin seorang ibu masih berlanjut pasca melahirkan. Setelah 3 hari melahirkan, ASiku tidak lekas lancar, masih harus saya rangsang dengan minum susu formula dan racikan jamu herbal, baru bisa menyusui dengan satu dua tetes ASI. Alhasil bayi menangis dan saya bantu susu formula bayi.
Sebagai ibu dan bapak baru, kami sempat panik dan overthinking, bagaimana jika ASIku tidak keluar, atau keluar tapi tidak lancar. Bahkan setelah keluarpun masih bingung bagaimana cara meyakinkan bayi yang selama 3 hari kadung keenakan minum susu formula. Alhamdulillah, kini lancar dan bayi juga ketagihan.
Menyusui Tanggung Jawab Bersama
Satu ilmu parenting baru yang kudapat, bahwa menyusui adalah tanggung jawab bersama. Bukan ibu sahaja. Betul, dalam Alquran hanya perempuan yang kita sebut untuk menyusui.
وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا لَا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَلِكَ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (233)
Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama 2 tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah (menderita karena anaknya).
Ahli warispun (berkewajiban) seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antar keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Baqarah: 233)
Kodrat Menyusui
Dan faktanya hanya perempuan yang memiliki kodrat menyusui, diberi amanah kelenjar payudara untuk memproduksi ASI. Lantas apakah ayah tidak memiliki tanggung jawab dalam proses menyusui? Mari kembali ke ayat di atas.
Sekurang-kurangnya, secara implisit, ada 4 pesan dalam ayat tersebut. Pertama, ibu yang disebut secara implisit menyusi anak selama 2 tahun (masa ideal menyusui). Kedua, ayah memiliki kewajiban memenuhi kebutuhan rezeki dan pakaian ibu. Adapun penyebutan “rezeki dan pakaian” hanya simbol dari sekian banyak kebutuhan ibu dan anak.
Sejatinya yang dibutuhkan oleh ibu saat menyusui bukan sekedar materil melainkan immaterial yang meliputi dukungan suami, komunikasi baik, love language (bahasa cinta) yang membuat kondisi busui (ibu menyusui) tetap good mood dan bahagia.
Banyak sekali penelitian tentang relasi psikologis ibu dengan kelancaran ASI. Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember (jurnal.pdf (unmuhjember.ac.id). Kesimpulannya, ada hubungan signifikan antara stress psikologis dengan kelancaran ASI pada ibu Primipara yang menyusui.
Menjadi Ayah ASI
Demikian pula pengakuan seorang bapak yang mendampingi istrinya menyusui dengan ASI eksklusif selama 2 tahun. Betapa ia berusaha memenuhi segala kebutuhan ASI, mulai alat pumping ASI, cooler bag, lemari khusus menampung ASI dan sebagainya. Tidak lupa menciptakan situasi dan kondisi rumah yang bersih dan bahagia. Hamdillah ASI-nya lancar tanpa bantuan sufor.
Ketiga, setiap manusia tidak diberi beban melebihi kemampuannya. Oleh karenanya seorang ibu tidak boleh menderita karena anak. Begitu pula bapak. Pesan ini yang sering luput dari saudara-saudara kita yang memarahi istrinya lantaran terjatuh dari sepeda, misalnya, padahal si ibu sudah melatihnya, mewanti-wanti, bahkan membuntutinya dari belakang.
Pesan ini (لَا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ), dalam tafsir Baidlawi, adalah representasi dari kesepakatan orang tua untuk memberikan yang terbaik dan menyayangi anak sepenuh hati. Saya sepakat, karena tidak ada orang tua –yang sehat mental dan pikirannya- mau membahayakan diri dan anaknya.
Pesan Kesalingan
Keempat, menyapih adalah kehendak bersama (ارادة), tidak cukup kehendak tapi juga berangkat dari kerelaan (عن تراض). Dan ini tercapai dengan musyawarah (تشاور). Betapa dalam kehidupan rumah tangga penuh dengan pesan kesalingan dalam ayat menyusui yang positif. Ini baru dalam hal menyapih anak, apalagi hal lain dalam rumah tangga yang kita nilai lebih urgent.
Dari 4 pesan di atas ada 1 asas penting dalam menyusui, yakni kesalingan. Rasa saling ingin memberikan kebaikan tanpa menimbulkan kemadaratan satu sama lain. Kesalingan tak harus sama, asasnya mengerjakan apapun yang bisa kita kerjakan.
Jika ibu menyusui, tidak perlu menuntut Tuhan memberikan kelenjar payudara pada bapak agar merasakan “nikmat”nya menyusui. Rasa empati bisa tumbuh di hati bapak dengan terus mendukung istri dengan menyemangatinya, berwajah ceria, memenuhi kebutuhannya dan hal positif lainnya yang bisa kita lakukan. (Bebarengan)