Mubadalah.id – Belum berhenti tuntas drama kasus FS, saat ini ruang publik sedang mempertontonkan sidang kasus narkoba jenderal polisi bersama anak buahnya. Yang sedang mencuat, tontonan penganiayaan sadis anak pejabat perpajakan, yang suka glamor. Dalam dua kasus terakhir juga ada keterlibatan perempuan.
Kang, itu ada perempuan jadi sentral di kasus narkoba jendral dan sekarang tindakan sadis anak pejabat dirjen pajak, gimana sampean melihat ini kang?
“Ya, perempuan juga manusia. Rentan untuk bersalah sebagaimana juga laki-laki”.
Maksudku, itu loh. Di kasus narkoba, yang muter muter meyakinkan para pejabat polisi agar menjual narkoba kan perempuan. Sekarang, yang membuat si anak pejabat melakukan tindakan sadis kan juga perempuan. Berarti, bener dong, perempuan itu sumber fitnah: awal dari segala masalah?
Perempuan bukan Sumber Fitnah
“Kamu kok, kalau keburukan, fokusnya pada perempuan, bukan pada manusia. Kalau kebaikan, bisa jadi, nanti fokusmu pada laki-laki. Padahal, ini juga soal manusia”.
Maksud kang Faqih?
“Tindakan buruk itu ya buruk, dilakukan oleh siapapun. Laki-laki atau perempuan. Begitupun hal baik. Yang buruk harus disalahkan, yang baik harus diapresiasi. Keduanya, sebagai manusia. Laki-laki maupun perempuan”.
Ya tentu, tapi aku belum paham kang, pada dua kasus di atas, yang jelas jelas perempuan begitu aktif, bahkan menjadi awal dari tindakan sadis. Gimana coba?
“Nah, segitu banyak laki-laki yang terlibat, kok fokusmu pada perempuan, dan kamu label dirinya sebagai biang kerok. Secara keadilan hakiki, di sini bermasalah”.
Mengapa kang?
“Secara fakta, bisa benar: bahwa perempuan yang merayu dan mengajak pada dua kasus di atas, tetapi menuduhnya sebagai biang kerok, atau awal petaka, adalah label negatif, atau stereotip yang membuatmu, atau kita secara umum, mudah memandang perempuan sebagai penyebab semua keburukan, dan akan sulit mengakui dan mengapresiasi kebaikannya dalam kehidupan”.
Terus?
“Bisa jadi, justru perempuan yang selama ini diajak, dirayu, bahkan dipaksa secara sosial dan kultural untuk berpikir dan bertindak secara laki-laki (maskulin), dengan ekspresi diri melawan, merebut, memaksa, bahkan melakukan kekerasan. Karena ekspresi perempuan (feminin) tidak dianggap dan diapresiasi secara politik, sosial maupun kultural”.
Ekspresi Feminin dan Maskulin
Terus?
“Perempuan pendidik, misalnya, yang selalu menerima, banyak memaafkan, penuh kasih sayang, dan dengan segala ekspresi femininnya, sekalipun mungkin dipuji, tetapi secara kongkrit, tidak akan kemana-mana, tidak mungkin bisa dipercaya memimpin masyarakat, mengelola sumberdaya, organisasi, partai politik, dan pemerintahan.
Dia harus punya naluri melawan, merebut, dan menguasai, bahkan dengan cara cara buruk dan licik. Tetapi, sekali dilakukan perempuan, semua mata tertuju, bahkan dianggap biang kerok. Padahal, ekspresi maskulin sudah biasa dan banyak dilakukan laki-laki, tanpa mata tertuju padanya sebagai laki-laki”.
Terus?
“Bahkan, dengan sikap feminin ini, dalam relasi dengan suaminya yang pelaku KDRT, membuat seorang istri bisa jadi bulan-bulanan kekerasan, terus tersiksa, bahkan mati sia-sia. Begitu dia speak up, apalagi melawan, dan melakukan balik kekerasan, sekalipun sebagai pertahanan, lidah kita akan bilang: perempuan jadi istri kok gitu, ya patut lah lakinya melakukan KDRT”.
Terus?
“Kamu ini, terus, terus, dan terus. Sekarang pikir sendirilah benarkah perempuan pada dua kasus di atas adalah sentral dan faktor tunggal. Tidakkah kita berefleksi: jangan-jangan justru dunia kita telah terkooptasi oleh sikap dan perilaku maskulin yang toksik, sehingga semua orang, laki-laki dan perempuan, akan mempraktikkannya agar bisa eksis. Menganggap perempuan sebagai fitnah: biang kerok, adalah sama sekali tidak adil, dan tidak akan menyelesaikan masalah. Mari ikuti pendekatan KUPI, yang ma’ruf, mubadalah, dan berkeadilan hakiki”.
Terus apa penjelasan pendekatan KUPI itu kang?
“Ya, ngaji KUPI yaaaa… “.
Di Tadarus Subuh yang Kang? Eh, Makasih ya kang.
“Betul, lusa Minggu Subuh, ada Tadarus Subuh yang ke-56. Sama-sama makasih juga”.
Insya Allah kang. []