Mubadalah.id – Lebaran Idulfitri baru saja usai, bahkan barangkali suasananya masih terasa di berbagai daerah dengan dirayakannya hari raya ketupat. Lebaran memang identik dengan ketupat sebagai makanan khasnya, karena jarang sekali kita temui ketupat di luar Hari Raya Idulfitri. Namun ternyata ketupat tak hanya sekadar makanan khas lebaran pendamping opor dan rendang saat hari raya.
Di balik bentuknya yang unik menyimpan makna tersendiri yang menjadikanya begitu iconic dengan momen Hari Raya Idulfitri.
Lebaran Idulfitri di Indonesia begitu erat dengan ketupat sebagai makanan khas yang barangkali tidak kita temui di negara-negara lain. Menurut sejarah, tradisi ketupat ini sudah ada sejak abad ke-15 di Kerajaan Demak yang dipopulerkan oleh Sunan Kalijaga. Ia adalah salah satu dari sembilan wali yang menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa. Di Jawa, tradisi tersebut ini kemudian akrab kita sebut dengan “Kupatan” atau “Bakda Kupat”. Di mana artinya sesudah lebaran, atau perayaan yang kita peringati sepekan setelah hari raya.
Dalam tradisi Jawa, ketupat merupakan akronim dari “ngaku lepat” yang bermakna mengakui adanya kesalahan dalam diri. Sedangkan dalam tradisi Sunda, ketupat kerap kita sebut “kupat”. yang memiliki makna filosofis bahwasanya manusia dilarang untuk ‘ngumpat’ atau mengumpat dengan kata-kata yang tidak baik kepada orang lain.
Makna dan filosofi dari ketupat tak hanya sampai di situ. Bahan utama pembuatan ketupat yakni nasi dan daun kelapa muda yang dalam masyarakat Jawa kerap mereka sebut “janur” juga memiliki makna tersendiri. Nasi melambangkan hawa nafsu, sedangkan janur kita maknai sebagai “jatining nur” atau hati nurani, sehingga ketupat menggambarkan perpaduan hawa nafsu dan hati nurani. Yakni bahwasanya manusia harus mampu menahan hawa nafsunya dengan hati nurani. Bentuk ketupat yang berupa segi empat tersebut juga menyimpan makna filosofis.
Empat Makna Filosofis Lebaran
“Kupat” dalam penyebutan bahasa Jawa selain ber akronim dengan “laku lepat” juga memiliki makna “laku papat”. Laku berarti tindakan, dan papat berarti empat, sehingga laku papat merupakan empat tindakan. Empat tindakan yang dimaksud adalah, lebaran, luberan, leburan, dan laburan, dengan makna sebagai berikut:
Pertama, Lebaran bermakna tindakan yang telah selesai. Tindakan yang dimaksud adalah selesai dalam menjalani ibadah puasa Ramadan. Lebaran juga berasal dari kata “lebar” yang maksudnya pintu ampunan terbuka lebar.
Kedua, Luberan berasal dari kata “luber” yang bermakna berlimpah. Hal tersebut mengisyaratkan agar kita melakukan sedekah sebanyak-banyaknya layaknya air yang berlimpah hingga meluber dari wadahnya, melalui tradisi berbagi di hari raya Idulfitri yang telah menjadi kebiasaan umat Islam di Indonesia.
Ketiga, Leburan berasal dari kata “lebur”, yang bermakna terhapus. Hal ini mengandung hikmah bahwa pada saat Idulfitri tertandai dengan meleburnya dosa dengan cara saling memaafkan atau bersilaturahmi.
Keempat, Laburan berasal dari kata “kabur” yang artinya kapur putih. Maknanya yakni hati seseorang dapat kembali menjadi putih dan suci setelah melakukan ibadah selama Bulan Ramadan.
Perayaan Lebaran Ketupat
Di Jawa, lebaran ketupat mereka rayakan dengan berbagai cara. Di Kudus, Jawa Tengah, tradisi lebaran ketupat mereka rayakan dengan prosesi Kirab Gunungan Seribu Ketupat. Terdapat seribu ketupat dan ratusan lepet (berasal dari kata “lepat” yang bermakna kesalahan. Lepet merupakan makanan pendamping ketupat yang terbuat dari beras ketan dan sama-sama terbungkus dengan daun kelapa muda), yang membentuk gunungan dan orang-orang mengaraknya dari desa menuju Masjid Sunan Muria.
Tradisi ini bermakna sebagai bentuk rasa syukur atas kelancaran puasa Ramadan. Di Magelang, lebaran ketupat mereka rayakan dengan Festival Balon Syawalan yang biasa mereka rayakan di Masjid Agung Kauman dan lapangan dusun setempat. Masyarakat Kota Batu, Jawa Timur juga merayakan lebaran ketupat dengan membuat ketupat raksasa berukuran mencapai lebar 50 cm, serta panjang 60 cm, dan tebalnya 30 cm.
Tak hanya di Jawa, lebaran ketupat juga dirayakan oleh masyarakat di luar Jawa. Misalnya di Manado dan di NTB yang merayakan lebaran ketupat dengan sebutan “Lebaran Topat” berupa arak-arakan dengan cidomo hias (angkutan tradisional yang mirip dengan andong atau delman) berisi ketupat ke pusat acara, yakni di makam Loang Baloq. []