Mubadalah.id – Tidak terasa Tadarus Subuh bersama Kang Faqih, yang pertama kali diadakan pada 9 September 2021, telah sampai pada episode yang ke-64. Artinya, kita telah melewati 64 minggu dengan 64 topik yang berbeda mengenai isu-isu keluarga dan sosial dalam perspektif Mubadalah, atau relasi kesalingan dan kerjasama antara laki-laki dan perempuan.
Kali ini, Tadarus Subuh mengambil tema tentang memuliakan perempuan dari teks hadits kesepuluh dalam kitab As-Sittin al-‘Adliyah. (60 Hadtits Keadilan Relasi Laki-laki dan Perempuan) karya Faqihuddin Abdul Kodir. Dalam tadarus yang diadakan secara rutin, setiap hari minggu, jam 05.30-07.00, ada penjelasan mengenai memuliakan perempuan dalam Islam, dan strateginya secara kongkrit di lapangan.
Keimanan dengan Memuliakan Perempuan
Tadarus kali ini merujuk pada hadits riwayat Abu Hurairah Ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah ia yang paling baik perilakunya di antara kalian terhadap perempuan mereka.” (Sunan at-Tirmidzī, no. 1195, Sunan Ibnu Majah, no. 2054, dan Musnad Ahmad, no. 10247).
Mubadalah adalah relasi dua pihak, seperti suami dan istri, dengan basis kesalingan dan kerjasama antara keduanya. Dalam perspektif mubadalah, setiap kebaikan berkeluarga harus dilakukan keduanya, dan dirasakan juga oleh keduanya. Begitupun keburukan dalam berkeluarga, harus kita cegah dan dihindari keduanya. Masing-masing tidak boleh menjadi pelaku maupun korban.
Hadis ini berbicara mengenai kebaikan berupa relasi akhlak baik. Yaitu dengan berperilaku baik. Jika secara literal dan tekstual, hadits di atas meminta laki-laki atau suami, untuk berperilaku baik pada istri. Maka secara mubadalah juga meminta perempuan atau istri untuk berperilaku baik kepada suami.
Begitupun seluruh anggota keluarga, satu sama lain, agar saling berperilaku baik dalam berelasi dalam ranah domestik maupun publik. Ini semua adalah bagian dari kesempurnaan iman seseorang.
Artinya, sebagai tanda kesempurnaan iman seseorang adalah memuliakan perempuan, dengan berakhlak mulia dan berbuat baik kepada mereka. Memuliakan adalah tindakan baik dalam Islam dan akhlak mulia, oleh laki-laki maupun perempuan, dan kepada laki-laki maupun perempuan.
Hanya saja, hadits ini menyebutkan perempuan sebagai pihak untuk kita perlakukan secara baik, dan dimuliakan sebagai afirmasi sosial, karena banyaknya perilaku buruk terhadap perempuan.
Strategi Memuliakan Perempuan
Menurut Kang Faqih, di antara strategi memuliakan perempuan secara Islam bisa dengan menggunakan kerangka Maqashid asy-Syari’ah (tujuan-tujuan hukum Islam). Kerangka ini turun dalam bentuk lima prinsip (al-kulliyat al-khams). Yaitu, berupa perlindungan jiwa (hifdh an-nafs), akal (hifdh al-‘aql), harta (hifdh al-mâl), keluarga (hifdh an-nasl) atau kehormatan (hifdh al-‘irdh), dan agama (hifdh ad-dîn).
Dengan kerangka ini, memuliakan perempuan berarti memastikan sejauhmana jiwa dan kehidupan perempuan sudah terlindungi secara nyata dalam kehidupan sosial, kultural, dan struktural. Hak-hak hidup perempuan, kesehatan, kiprah dan peran sosial, eksistensi dan apresiasi. Selain itu hal-hal lain yang menyangkut martabat dan kemuliaan perempuan.
Memastikan akal perempuan terlindungi dari kerusakan di antaranya dengan mengupayakan agar kesempatan belajar bagi mereka benar-benar terbuka. Sehingga aktualisasi diri juga terbuka, pengalaman hidup dan cara berpikir perempuan terakui sebagai pengetahuan.
Selain itu mewujudkan segala fasilitas yang memungkinkan perempuan dapat menggunakan akalnya secara maksimal. Lalu, perempuan juga secara fisik dan mental sehat dalam mengelola kehidupan, untuk kebaikan diri dan orang lain.
Begitupuan memuliakan perempuan dengan memastikan harta perempuan terjaga. Kemudian terbuka untuk bekerja, dan memperoleh upah yang layak agar mampu berharta. Tujuannya agar kepemilikan mereka atas harta memperoleh pengakuan secara kultural dan struktural. Berkeluarga secara sehat dan bahagia adalah bagian dari memuliakan perempuan dengan kerangka hifz an-nasl.
Sementara hifz ad-din adalah dengan memastikan mengambangkan tafsir-tafsir yang memanusiakan perempuan dan berhenti dari tafsir yang sebaliknya. Yakni yang merendahkan perempuan, mendiksriminasi, dan tidak memperlakukan perempuan sebagai manusia utuh dan subjek penuh kehidupan.
Karena itu, memuliakan perempuan dengan hifz ad-din, di antaranya adalah dengan mengembangkan tafsir teks-teks agama yang menempatkan perempuan sebagai manusia yang terhormat. Yaitu sebagai hamba Allah Swt yang mulia, dan sekaligus memperoleh mandat-Nya menjadi khalifah fi al-ardh, untuk menghadirkan segala kebaikan di muka bumi ini. Amiin. (FAK)