• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Memahami Konsep Gender ala Pesantren

Mumu Muhyidin Mumu Muhyidin
05/08/2021
in Publik
0
gender, pesantren
56
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Konsep paling mendasar saat belajar gender adalah pemahaman bahwa seks dan gender adalah dua hal yang berbeda. Sex bersifat qudroti sedangkan gender bersifat sosial (dikonstruksi). Bagaimana konsep gender ala pesantren?

Pembedaan dua hal ini bisa dijelaskan diantaranya dari surat al-Anbiya ayat 23:

لَا يُسْأَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَهُمْ يُسْأَلُونَ

Allah tidak ditanya tentang apa Dia kerjakan, tapi merekalah yang akan ditanya.

Ayat ini menunjukkan kepada kita bahwa banyak hal, termasuk jenis kelamin, mempunyai dua dimensi, yang kodrat atau konstruksi Tuhan, dan yang hasil konstruksi manusia. Ada yang tidak bisa dipertanyakan, oleh karena itu tidak bisa diganggu gugat. Dan ada yang harus dipertanyakan oleh karena itu bisa diubahsesuaikan.

Baca Juga:

Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama

Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara

Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

Dengan pemahaman seperti di atas, maka laa yusalu ‘ammaa yaf’alu adalah konsep dasar bagi pemahaman terhadap seks. Sedangkan wa hum yusalun menjadi landasan untuk konsep gender. Demikian landasan dasar dalam memahami konsep gender ala pesantren.

Selanjutnya, dalam kaidah fiqh disebutkan, al-hukmu khithabullah al-muta’alliq bi af’al al-mukallaf (hukum adalah ketentuan Allah yang berkaitan dengan tindakan manusia_. Fiqh hanya bekerja pada tataran af’al al-mukallaf. Tidak bisa melampaui itu.

Dengan demikian, ihwal yang kodrati seperti seks tidak bisa dihukumi karena ia adalah ketentuan Allah, sementara gender dihukumi bisa karena kaitannya dengan tindakan manusia. Meskipun demikian, kedua hal tersebut (yang bersifat ilahiah dan bersifat kemanusiaan) berkaitan atau mutaalliq, dan yang bisa melakukan pengaitan dua hal itu adalah para rasul, nabi, dan ulama.

Seks sebagai kodrat tidak bisa dihukumi tapi wajib kita hormati karena melihat relasi kita dengan Sang Pencipta. Sehingga penghormatan terhadap ketentuan seks adalah bagian dari keimanan terhadap Pencipta. Selain itu, keimanan itu tidak akan sempurna karena ketauhidan selalu berkaiterat dengan kemanusiaan. Sebagaimana syahadat tauhid tidak bisa dipisahkan dengan syahadat rasul. Syahadat tauhid adalah manifestasi dari keimanan kita terhadap yang ilahiah dengan tanpa melepaskan unsur-unsur kemanusiaan yang dikandung syahadat rasul.

Keterlepasan kedua unsur syahadat ini dalam kehidupan akan membahayakan. Ada banyak orang yang merasa sangat beragama tapi urusannya dengan manusia lainnya tidak selesai. Banyak yang berkata membela Tuhan dan agama tapi dengan cara menyakiti manusia lainnya. Quran menyebut orang-orang yang tidak selesai dalam tataran kemanusiaan ini dengan pendusta agama dan mereka yang beragama secara berlebihan. Mereka yang saleh secara ritual tetapi abai terhadap masalah-masalah kemanusiaan, bahkan bertindak mencederai kemanusiaan.

Kemudian ada pula istilah lain darinya untuk menyebut seks dan gender. Misalnya istilah harokat ibtiroriyah ada harokat ikhtiroriyah. Contoh ayat Laa yukallif Allah nafsan illa wus’aha. Wus’aha itu ikhtiroriyah, di luar ma sa’a adalah ibtiroriyah. Gender adalah apa yang wus’aha dan seks adalah apa yang melampaui itu.

Jadi gender adalah af’al mukalaf yang punya konsekuensi hukum di hadapan Allah dan wajib dibenahi. Kenapa harus dibenahi? Karena manusia bersifat nisbi dan terkungkung ruang dan waktu. Sehingga yang merupakan hasil kreasi manusia harus senantiasa disesuaikan dari waktu ke waktu agar sejalan dengan cita-cita kemaslahatan manusia. Andai tidak disesuaikan dan menimbulkan pelencengan terhadap cita-cita tadi, maka akan terjadi anomali.

Anomali terjadi karena realitas menjadi tidak sejalan dengan cita-cita hakiki kemanusiaan dan kemaslahatan. Manusia sebagai khalifah di bumi, yang diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya, menjadi anomali tatkala dalam praksis kehidupan sehari-hari ada jenis manusia yang didiskriminasi. Begitupun, perempuan sebagai manusia, tidak mungkin diciptakan untuk dilecehkan, dihina, direndahkan, karena menyalahi asal penciptaannya sebagai manusia.[]

Mumu Muhyidin

Mumu Muhyidin

Mumu Muhyidin, Ustadz senior Pondok Kebon Jambu al Islamy, Pesanatren Babakan Ciwaringin Cirebon

Terkait Posts

Isu Iklim

Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

3 Juli 2025
KB sebagai

Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama

3 Juli 2025
Poligami atas

Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

3 Juli 2025
Konten Kesedihan

Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

3 Juli 2025
SAK

Melihat Lebih Dekat Nilai Kesetaraan Gender dalam Ibadah Umat Hindu: Refleksi dari SAK Ke-2

2 Juli 2025
Wahabi Lingkungan

Ironi: Aktivis Lingkungan Dicap Wahabi Lingkungan Sementara Kerusakan Lingkungan Merajalela

2 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Konten Kesedihan

    Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Cara Pandang terhadap Orang yang Berbeda Keyakinan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim
  • Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama
  • Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara
  • Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama
  • Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID