Judul Buku : TUHAN ADA DIHATIMU
Penulis : Husein Ja’far Al-Hadar
Jumlah Halaman : 350 halaman
Penerbit : Noura Books
Cetakan : Cetakan ke-1, Januari 2023.
ISBN : 978-623-242-353-4
Mubadalah.id – Buku “Tuhan Ada di Hatimu” adalah salah satu buku yang ditulis oleh Husein Ja’far Al-Hadar. Seorang habib yang aktif menulis di beberapa media nasional di Indonesia, seperti Kompas, Tempo, dan Jawa Pos. Ia juga telah menulis beberapa buku, seperti buku Menyegarkan Islam Kita, Anakku Dibunuh Israel, Islam “Mazhab” Fadlullah, dan yang paling terkenal adalah Tuhan Ada di Hatimu yang diterbitkan oleh Noura Books.
Nama Habib Husein Ja’far mulai ramai menjadi perbincangan muslim milenial pada saat ia aktif mengisi konten-konten acara dakwah di bulan Ramadan. Salah satu acara konten yang selalu saya tonton adalah acara Log In yang fokus berdialog dengan umat lintas iman.
Hal ini lah yang mengantarkan saya untuk lebih dalam mengenal Habib Husein Ja’far dengan membaca buku-buku karyanya, salah satunya buku “Tuhan Ada di Hatimu”.
Setelah saya resapi dan baca hingga akhir, buku ini ternyata sedang mengajak pemvaca untuk mengenal dakwah yang rahmatan lil ’alamin. Yaitu dakwah dengan cara yang lembut, penuh kasih sayang dan cinta.
Menurut saya buku ini cukup ringan, bahasanya mudah dipahami, sehingga pembaca, terutama sebagai pemula akan sangat mudah memahami isu toleransi ala Habib Husein Ja’far.
Makna Hijrah
Salah satu topik cukup menarik bagi saya adalah pembahasan tentang makna hijrah. Dalam pandangan Habib Husein Ja’far kata “hijrah” bukan sesuatu yang sudah final, tetapi diibaratkan seperti koma, sehingga ia terus berjalan dinamis. Misalnya seseorang tidak bisa dikatakan telah sempurna hijrahnya hanya karena telah memakai baju koko atau kerudung syar’i saja.
Sebab sebagaimana yang disampaikan oleh Habib Husein Ja’far, seseorang yang melakukan hijrah dengan cara mengganti pakaian kaos menjadi syar’i, jilbab pendak menjadi panjang dan dilengkapi dengan cadar, atau sarung menjadi baju gamis ala Arab, memang tidak sepenuhnya salah. Tetapi hal ini juga bisa menjadi problematik jika hijrah hanya dipahami sebatas perubahan cara berpakaian.
Karena Islam dalam QS At-Thalaq ayat 11 telah menyampaikan bahwa makna “hijrah” itu adalah “bergerak”. Bergerak dari kegelapan pada keterangbenderangan. Bunyi ayat tersebut ialah;
رَّسُوْلًا يَّتْلُوْا عَلَيْكُمْ اٰيٰتِ اللّٰهِ مُبَيِّنٰتٍ لِّيُخْرِجَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ وَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ وَيَعْمَلْ صَالِحًا يُّدْخِلْهُ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًاۗ قَدْ اَحْسَنَ اللّٰهُ لَهٗ رِزْقًا
Artinya: Dengan (mengutus) seorang Rasul yang membacakan ayat-ayat Allah kepadamu yang menerangkan (bermacam-macam hukum), agar Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dari kegelapan kepada cahaya. Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan kebajikan, niscaya Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sungguh, Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya. (QS At-Thalaq:11).
Ajakan Nabi Muhammad Saw
Melalui ayat di atas bisa kita pahami bahwa salah satu tugas Nabi Muhammad Saw diutus oleh Allah Swt adalah untuk mengajak umatnya berhijrah, dari perilaku yang buruk pada perbuatan yang baik. Awalnya memperlakukan manusia lemah sebagai budak, menjadi menganggap bahwa setiap manusia adalah setara.
Jadi sangat jelas bahwa hijrah itu tidak hanya sebatas soal mengubah penampilan fisik atau pakaian saja, tetapi yang lebih penting ialah mengubah perilaku buruk menjadi penuh kebaikan.
Pemaknaan seperti ini menurut saya sangat penting untuk kita ketahui bersama. Sebab kita, terutama masyarakat muslim Indonesia sering terjebak pada makna hijrah dalam Islam. Di Indonesia kita sering mendengar bahwa orang yang sudah perpakaian Islami dianggap sebagai orang yang paling benar karena hijrahnya telah sempurna.
Sehingga dia punya kewajiban dalam mengajak orang lain untuk mengikut caranya berhijrah, meskipun cara mengajaknya dengan cara penghakiman dan pemaksaan. Padahal cara-cara ini sangat bertentangan dengan apa yang Nabi Muhammad Saw lakukan dalam berdakwah.
Nabi selalu mengajarkan bahwa berdakwah harus dengan cara yang lemah lembut, penuh kasih sayang dan cinta. Inilah yang juga Habib Husein Ja’far contohkan dalam konten dakwah maupun dalam tulisan-tulisannya. Salah satunya dalam buku “Tuhan Ada di Hatimu”
Empat Hal Ketika Akan Berhijrah
Selain memaknai ulang istilah “hijrah”, Habib Husein Ja’far juga membagikan beberapa aspek yang harus seseorang lakukan ketika memutuskan untuk berhijrah.
Pertama, aspek spiritual atau sufistik-tasawuf, Inti hijrah dalam aspek ini adalah pergerakan kita sebagai hamba menuju Allah Swt.
Spiritualitas itu berasal dari hati, dan rumusnya adalah tubuh mengikuti hati bukan hati mengikuti tubuh. Sehingga ketika seseorang memutuskan untuk mengubah cara berpakaian dengan memutuskan berkerudung, maka keputusan itu harus berasal dari hati, bukan karena terpaksa atau hanya untuk mengikuti tren.
Kedua, aspek kultural. Menurut Habib Husein Ja’far dalam konteks ini hijrah memiliki arti mengakulturasi nilai-nilai Islam yang datang dari negeri Arab dengan nilai setempat. Sehingga hijrah yang kita lakukan tidak boleh menyingkirkan nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sebelumnya. Justru lebih bagus kultur tersebut terus kita rawat dan jadikan ciri khas hijrah ala Indonesia.
Ketiga, aspek filosofis. Hijrah juga dapat berarti membawa umat Islam dari keterbelakangan menuju kemajuan. Sehinga perdebatan tentang makna hijrah dari yang tidak berjenggot menjadi berjenggot, atau tidak bercadar menjadi memakai cadar saat ini sudah sangat tidak relevan.
Sebab perdebatan ini akan terus membawa umat Islam pada diskusi yang tidak selesai. Sehingga kita akan terus tertinggal oleh masyarakat yang telah maju. Seperti Jepang atau masyarakat Barat.
Aspek Sosial
Keempat, aspek sosial. Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali mendengar bahwa ibadah harus dengan cara yang horizontal dan vertical. Di mana setiap umat muslim harus selalu memperbaiki hubungan atau relasi dengan Tuhan, manusia dan juga alam.
Dengan begitu ketika seseorang memutuskan untuk berhijrah, maka relasi dia dengan tiga hal di atas juga harus semakin kita perkuat. Ibadahnya terus kita lakukan dan berbuat baik pada manusia serta alam juga kita perbanyak. Ini lah makna hijrah yang sesungguhnya.
Hal ini penting untuk terus kita ingat, karena tidak jarang umat muslim yang justru dengan mengaku berhijrah dia berlaku sombong. Ia merasa benar sendiri, sehingga selalu menyalahkan, menghakimi dan menyakiti orang yang berbeda dengannya. Padahal Islam itu adalah agama cinta dan kasih sayang, termasuk pada orang yang berbeda.
Terakhir, saya ingin mengutif kata-kata Habib Husein Ja’far dalam buku yang sama bahwa “sesungguhnya segala hal harus berhijrah dan dibuat terang benderang, dibuat maju, agar kita menjadi muslim yang tercerahkan dan terdepan dalam peradaban umat manusia”. []