Di tengah pandemi Corona ada saja kawan bertanya “Bagaimana nikah tanpa wali dan tanpa saksi? “. Mungkin saja sebagai upaya social distancing, upaya jaga jarak, karena kalau nikah rame rame kemungkinan besar dibubarkan. Ya udah kawin berdua aja. Enak! enak berdua, Mati! Ya mati berdua. Mungkin gitu mikirnya.
Sebelumnya saya juga dapat “pengaduan” dari seseorang yang tinggal di belahan Indonesia paling barat sana. Sambil menangis ia bercerita bahwa ia dinikahi dan saat ini telah dikarunia 4 anak. Namun ke empat anaknya satupun tidak ada yang memiliki “akte lahir”.
Karena iya dinikahi “menurutnya” secara “agama”, alias tidak dicatatkan. Menurut penuturan istri, sejak awal memang tidak ada keinginan dari suami untuk mencatatkan perkawinannya, dan mengaktekan kelahiran putra putrinya. Masalahnya setelah ia diajak suami pindah (maaf sebut daerah) ke Aceh sana, ia ditinggal alias dicerai langsung talak tiga. Maka jadilah ia “gelandangan” di negeri orang bersama beberapa putranya.
Kembali pada pertayaan kuno di atas, sesungguhnya kalau merujuk ke kitab kitab fiqih tidak sulit menemukan jawaban yang meng “iya” kan dan yang mengharamkan. Tinggal menurut Kitab apa dan menurut Imam siapa. Gitu aja.
Jika seorang kawin tanpa wali dan tanpa saksi, alias berdua saja, dan pasti tidak tercatatkan, dengan berdasar pada “pendapat Imam” tertentu kemudian setelah itu si suami mininggalkan istrinya, apalagi jika telah memiliki anak (seperti kasus di atas), maka saya yakin sang Imam yang dirujuknya akan menangis tersedu sedu, karena pendapatnya digunakan untuk mencari kepuasan seksual dan mendhalimi perempuan.
Itulah dampak “Nikah Sirri”, nikah sembunyi sembunyi yang tidak dicatatkan. Contoh kasus di atas adalah fenomena gunung es, tampak sedikit namun banyak terjadi di masyarakat. Bagaimana hukum perkawinannya? Saat ini saya menyakini bahwa Nikah Sirri, tampa wali tampa saksi, tidak dicatatkan adalah “haram”. Sebab Faktanya sering menelantarkan perempuan dan anak anaknya.
Lho kan ini bukan “zina”? Kok haram.
Memang yang haram “hanya zina”. Menyakiti orang apalagi yang lemah (dha’if) dan dilemahkan (mustad’afin) juga haram, menelantarkan istri dan anak anak juga haram, menceraikan tanpa alasan yang kuat adalah dhalim dan haram. Bahkan bisa lebih besar dosanya dari zina itu sendiri.
Dalam konsep Usul Fiqih, haram dari satu sisi dibagi dua, ada yang haram/muharram Li dzatihi dan haram/muharram Li Ghairihi. Haram Li dzatihi adalah sesuatu yang diharamkan karena barang atau prilaku itu sendiri mengandung “mafsadah-kerusakan” dalam dirinya. Sedang Haram li ghairihi adalah sesuatu yang diharamkan buka karena barang atau perbuatan itu mengandung “mafsadah-madharrat”, akan tetapi ia berpotensi berdampak merugikan dan membahayakan pada diri sendiri dan orang lain.
Konsepnya begitu, tapi seorang bisa beda menentukan mana yang haram lidzatihi dan haram lighairihi. Biasanya ahli Usul fiqih mencontohkan muharram/haram lidzatihi dengan memakan bangkai, meminum minuman keras, berzina, mencuri dan hal lain yg menghancurkan kebutuhan dasar manusia (dharuriyyat).
Sedang haram li ghairihi di contohkan dengan “melihat aurat perempuan atau aurat laki laki, shalat dengan pakaian atau tempat curian, jual beli di hari jum’at menjelang pelaksanaan jum’at, dan lain-lain. Melihat aurat laki laki atau perempuan pada dasarnya tidak membahayakan, namun bagi orang yang hatinya sakit, kotor, penuh nafsu, ia bisa membahayakan. Olehnya ia diharamkan bukan karena melihatnya, melainkan berpotensi membahayakan.
Apa dampak perbedaan kedua Haram itu?
Bedanya, suatu yang diharamkan lidzatihi tidak boleh dilakukan kecuali dalam kondisi “dharurat” yang mengancam lima kebutuhan dasar manusia. Sedang haram lighairihi boleh dilanggar atau dilakukan kalau ada “hajah-kebutuhan”. Sebab itu, laki laki boleh melihat aurat perempuan dan sebaliknya jika ada kebutuhan “pengobatan”, seperti kiret, operasi melahirkan, atau pengobatan lainnya. Tapi harus benar benar ada kebutuhan lho ya, jangan dibuat buat. Kalau dibuat buat, ya haram. Ibadah aja jika dibuat buat ya haram. Wallahu a’lam. []