• Login
  • Register
Senin, 19 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Menyoal dan Menyikapi Toxic Femininity dalam Perspektif Mubadalah

Kaum perempuan kerap menjumpai Toxic femininity berdasarkan pada pengalaman sosial perempuan di masyarakat

risawidya risawidya
27/10/2023
in Personal
0
Toxic Femininity

Toxic Femininity

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id Toxic femininity dalam bahasa Indonesia berarti “feminitas beracun”. Feminitas beracun ini diartikan sebagai tekanan atau keharusan bagi perempuan untuk memiliki kepribadian keperempuanan. Dapat kita artikan juga sebagai tekanan bagi perempuan melakukan sesuatu tindakan sesuai dengan standar masyarakat. Standar masyarakat tersebut kita kenal juga sebagai stigma.

Di mana stigma masyarakat mengharuskan perempuan memiliki sifat lemah lembut, patuh pada laki-laki, perempuan tidak harus memiliki pendidikan tinggi dan lain sebagainya. Menurut Aditya, stigma-stigma tersebut menjadi racun yang dapat menyerang mental dan fisik perempuan sehingga perempuan merasa tertekan dalam menjalani kehidupan.

Mengenal Apa Itu Toxic Femininity?

Kaum perempuan kerap menjumpai Toxic femininity berdasarkan pada pengalaman sosial perempuan di masyarakat. Adapun Toxic femininity tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, stigmatisasi atau stereotipe. Yaitu masyarakat  menganggap atau melabeli kaum perempuan sebagai kaum yang lemah. Di mana perempuan hanya memiliki tanggung jawab mengurus rumah dan dapur saja. Selain itu masyarakat juga melabeli bahwa perempuan tidak harus menempuh pendidikan yang tinggi. Karena mereka menganggap bahwa perempuan dengan pendidikan yang tinggi akan sulit mendapatkan pasangan hidup.

Kedua, marginalisasi atau peminggiran hak-hak perempuan dalam ranah pekerjaan. Contohnya adalah pergeseran pekerjaan bagi perempuan dengan menempatkan perempuan pada pekerjaan yang tidak stabil dan memiliki upah yang rendah. Selain itu, marginalisasi juga dapat berupa penempatan perempuan hanya pada jenis pekerjaan tertentu, atau perempuan tidak dapat menjadi pemimpin dalam suatu pekerjaan atau komunitas/lembaga.

Baca Juga:

Herland: Membayangkan Dunia Tanpa Laki-laki

Ketika Sejarah Membuktikan Kepemimpinan Perempuan

Qiyas Sering Dijadikan Dasar Pelarangan Perempuan Menjadi Pemimpin

Membantah Ijma’ yang Melarang Perempuan Jadi Pemimpin

Ketiga, subordinasi atau penomorduaan perempuan artinya bahwa perempuan kita pandang rendah atau lemah dibandingkan dengan laki-laki.

Selain itu, adanya sistem patriarki di Indonesia juga menjadi salah satu penyebab adanya toxic femininity. Melansir dari Mursidah bahwa “pemahaman patriarki menindas kaum perempuan dengan memberikan batasan-batasan terhadap perempuan di kehidupan privat maupun publik”.

Di kehidupan privat, perempuan hanya memiliki posisi untuk melangsungkan keturunan dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Adapun dalam kehidupan publik, perempuan memiliki posisi yang lemah dan dalam akses ekonomi mereka disingkirkan sebagaimana saya sebutkan di atas.

Bagi sebagian besar kaum perempuan, toxic femininity seperti penjelasan sebelumnya, dianggap menghalangi mereka untuk dapat berkembang baik di ranah publik maupun domestik. Abdullah juga menyebutkan bahwasannya toxic femininity memberikan dampak negatif bagi kaum perempuan. Yaitu tidak memberikan ruang terhadap perempuan untuk tampil dan berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat maupun berpolitik.

Metode Mubadalah Dalam Menyikapi Toxic Femininity

Menilik dari perspektif trilogi KUPI (Kongres Ulama Perempuan Indonesia) bahwasanya terdapat tiga metode dalam trilogi yaitu mubadalah, keadilan hakiki dan ma’ruf. Untuk menyikapi persoalan toxic femininity saya menggunakan metode mubadalah KUPI. Yaitu dengan menekankan relasi keseimbangan dan keadilan.

Sebagaimana melansir dari Kitab Qira’ah Mubadalah karya Kyai Faqihuddin Abdul Kodir bahwa tidak ada satu gender atau jenis kelamin yang lebih unggul dari gender atau jenis kelamin yang lain. Sehingga tidak menempatkan satu gender atau jenis kelamin lainnya sebagai subordinat. 

Selain itu dalam metode mubadalah juga menegaskan bahwa Islam hadir untuk memberikan kebaikan dan rahmat bagi seluruh umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, setiap manusia memiliki hak yang sama, seperti hak untuk hidup, hak pendidikan, hak ekonomi dan hak sosial. Maka sudah jelas bahwa jenis kelamin tidak menghalangi kaum perempuan untuk tetap eksis dan mendapatkan hak-haknya di ranah domestik maupun publik. 

Dengan demikian saya simpulkan bahwasanya dengan berpegang pada metode mubadalah, perempuan dapat terhindar dari adanya toxic femininity yang mendarah daging di masyarakat. Metode mubadalah juga dapat membangkitkan kesadaran bagi kaum perempuan untuk bisa bangkit dari doktrin dan stigma-stigma beracun yang ada.

Karena Islam menjunjung tinggi keadilan dan kebaikan bagi seluruh umat manusia. Maka tidak ada satupun manusia yang berhak untuk terpinggirkan atau kita anggap lemah.

Dengan demikian tidak ada lagi halangan bagi perempuan untuk terus berkembang dan memperjuangkan hak-haknya baik di ranah domestik maupun publik. Perempuan juga dapat tampil di berbagai segi kehidupan sesuai dengan kemampuan dan kelebihan yang mereka miliki. Sehingga feminitas yang perempuan milliki tidak lagi menjadi racun bagi diri mereka sendiri. []

Tags: feminismeGenderkeadilanKesetaraanperempuanperspektif mubadalahToxic Femininity
risawidya

risawidya

Terkait Posts

Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Noble Silence

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

17 Mei 2025
Suami Pengangguran

Suami Pengangguran, Istri dan 11 Anak Jadi Korban

16 Mei 2025
Keadilan Semu

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

15 Mei 2025
Memahami Disabilitas

Memahami Disabilitas: Lebih Dari Sekadar Tubuh

14 Mei 2025
Laki-laki tidak bercerita

Muhammad Bercerita: Meninjau Ungkapan Laki-laki Tidak Bercerita dan Mitos Superioritas

13 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Pemukulan

    Menghindari Pemukulan saat Nusyuz

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Ratu Junti, Sufi Perempuan dari Indramayu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menghindari Pemukulan saat Nusyuz
  • Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami
  • Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial
  • Memperhatikan Gizi Ibu Hamil

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version