• Login
  • Register
Selasa, 5 Agustus 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Musawah Art Collective

    Lawan Pernikahan Anak Lewat Seni: Musawah Art Collective Gelar Trip Exhibition “Breaking the Chain” di Tiga Kota

    Krisis Iklim

    Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim

    ‘Aisyiyah Bojongsari

    ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    KOPRI

    Buka Perspektif Geopolitik Kader Perempuan, KOPRI Bedah Buku 75 Tahun Indonesia Tiongkok

    Pengelolaan Sampah

    Ulama Perempuan Serukan Pelestarian Alam dan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

    PIT Internasional

    ISIF Buka Kolaborasi Akademik Global Lewat PIT Internasional

    PIT SUPI

    Mengglobal: SUPI ISIF Jalani PIT di Malaysia dan Singapura

    Ma'had Aly Kebon Jambu

    S.Fu: Gelar Baru, Tanggung Jawab Baru Bagi Lulusan Ma’had Aly Kebon Jambu

    Wisuda Ma'had Aly Kebon Jambu

    Mudir Ma’had Aly Kebon Jambu Soroti Fiqh al-Usrah dan SPS sebagai Distingsi Wisuda ke-5

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Bendera One Piece

    Bendera One Piece di Samping Bendera Merah Putih: Apa Maknanya?

    Kemerdekaan bagi Difabel

    Kemerdekaan bagi Difabel, Bukan Sekadar Akses

    Refleksi Ekologi

    Tujuh Renungan Sebelum Makan: Refleksi Ekologi dalam Menyayangi Ibu Bumi

    Makna Toleransi

    Menemukan Makna Toleransi dari Komunitas yang Sering Terlupa

    Kepedihan Lelaki

    Ukhti, Kalian Mesti Pahami Kepedihan Lelaki

    Masa Depan Gender

    Masa Depan Gender, Pembangunan, dan Peran yang Terlupakan

    Gerakan Ekofeminisme

    Quo Vadis Gerakan Ekofeminisme di Timur Tengah

    Ibadah Anak Diserang

    Ketika Ibadah Anak Diserang: Di Mana Rasa Aman untuk Minoritas?

    Hifni Septina Carolina

    Hifni Septina Carolina; Sang Duta Mubadalah dari Kota Metro

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Freud

    Kepribadian Manusia Menurut Sigmund Freud

    Fitrah Manusia

    Pengertian Fitrah Manusia dalam Ajaran Islam

    Anak yang

    Fitrah Anak dalam Pandangan Behaviourisme, Kognitif, dan Humanisme

    Kejujuran

    Pembiasaan Kejujuran dan Kedisiplinan Kepada Anak

    Hidup Bersih

    Pembiasaan Hidup Bersih dan Tertib Kepada Anak

    Ta'limul Muta'allim

    Bagaimana Membaca Ta’limul Muta’allim dengan Perspektif Resiprokal: Pandangan Nietzsche

    Melahirkan

    4 Persiapan Sebelum Melahirkan yang Wajib Pasutri Ketahui

    Keluarga

    Ketika Agama Dijadikan Alat Ketimpangan Gender dalam Keluarga

    keadilan Gender

    Keluarga: Sekolah Pertama untuk Menerapkan Prinsip Keadilan Gender

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Musawah Art Collective

    Lawan Pernikahan Anak Lewat Seni: Musawah Art Collective Gelar Trip Exhibition “Breaking the Chain” di Tiga Kota

    Krisis Iklim

    Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim

    ‘Aisyiyah Bojongsari

    ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    KOPRI

    Buka Perspektif Geopolitik Kader Perempuan, KOPRI Bedah Buku 75 Tahun Indonesia Tiongkok

    Pengelolaan Sampah

    Ulama Perempuan Serukan Pelestarian Alam dan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

    PIT Internasional

    ISIF Buka Kolaborasi Akademik Global Lewat PIT Internasional

    PIT SUPI

    Mengglobal: SUPI ISIF Jalani PIT di Malaysia dan Singapura

    Ma'had Aly Kebon Jambu

    S.Fu: Gelar Baru, Tanggung Jawab Baru Bagi Lulusan Ma’had Aly Kebon Jambu

    Wisuda Ma'had Aly Kebon Jambu

    Mudir Ma’had Aly Kebon Jambu Soroti Fiqh al-Usrah dan SPS sebagai Distingsi Wisuda ke-5

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Bendera One Piece

    Bendera One Piece di Samping Bendera Merah Putih: Apa Maknanya?

    Kemerdekaan bagi Difabel

    Kemerdekaan bagi Difabel, Bukan Sekadar Akses

    Refleksi Ekologi

    Tujuh Renungan Sebelum Makan: Refleksi Ekologi dalam Menyayangi Ibu Bumi

    Makna Toleransi

    Menemukan Makna Toleransi dari Komunitas yang Sering Terlupa

    Kepedihan Lelaki

    Ukhti, Kalian Mesti Pahami Kepedihan Lelaki

    Masa Depan Gender

    Masa Depan Gender, Pembangunan, dan Peran yang Terlupakan

    Gerakan Ekofeminisme

    Quo Vadis Gerakan Ekofeminisme di Timur Tengah

    Ibadah Anak Diserang

    Ketika Ibadah Anak Diserang: Di Mana Rasa Aman untuk Minoritas?

    Hifni Septina Carolina

    Hifni Septina Carolina; Sang Duta Mubadalah dari Kota Metro

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Freud

    Kepribadian Manusia Menurut Sigmund Freud

    Fitrah Manusia

    Pengertian Fitrah Manusia dalam Ajaran Islam

    Anak yang

    Fitrah Anak dalam Pandangan Behaviourisme, Kognitif, dan Humanisme

    Kejujuran

    Pembiasaan Kejujuran dan Kedisiplinan Kepada Anak

    Hidup Bersih

    Pembiasaan Hidup Bersih dan Tertib Kepada Anak

    Ta'limul Muta'allim

    Bagaimana Membaca Ta’limul Muta’allim dengan Perspektif Resiprokal: Pandangan Nietzsche

    Melahirkan

    4 Persiapan Sebelum Melahirkan yang Wajib Pasutri Ketahui

    Keluarga

    Ketika Agama Dijadikan Alat Ketimpangan Gender dalam Keluarga

    keadilan Gender

    Keluarga: Sekolah Pertama untuk Menerapkan Prinsip Keadilan Gender

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Menumbuhkan Relasi Kesalingan (Mubadalah) dari Rumah dan Sekolah

Dalam perspektif mubādalah, anak tidak diposisikan sebagai objek pengasuhan yang pasif dan inferior, tetapi subjek yang memiliki kehormatan, suara, dan martabat.

Faqih Abdul Kodir Faqih Abdul Kodir
23 April 2025
in Keluarga, Rekomendasi
0
Relasi Kesalingan

Relasi Kesalingan

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Apakah relasi yang adil dan setara hanya bisa terbangun saat kita dewasa? Tentu tidak. Justru, relasi yang sehat kita mulai sejak dini. Saat anak belajar mencintai dan menghargai bukan karena kewajiban, tapi karena terbiasa menyaksikannya. Di rumah, di sekolah, dan lingkungan yang mengajarkan bahwa saling menyayangi, saling menghormati, dan saling menjaga bukan hanya anjuran, tetapi kebutuhan dasar manusia.

Inilah yang ditawarkan oleh pendekatan Mubadalah: menumbuhkan relasi kesalingan, yaitu relasi yang saling, dari kecil. Bukan “laki-laki harus kuat dan perempuan harus lembut”, tetapi “semua manusia perlu berempati, bersikap adil, dan menyampaikan perasaan dengan aman”.

Sayangnya, kita masih dikelilingi oleh narasi-narasi relasi yang timpang. Kalimat seperti:

  • “Jangan cengeng, kamu laki-laki!”
  • “Kalau ditolak, kejar terus dong!”
  • “Perempuan harus sabar, walau disakiti.”

Semua itu adalah warisan relasi yang timpang dan membekas dalam cara berpikir dan bertindak generasi muda kita. Tak heran, banyak anak laki-laki tumbuh dengan konsep dominasi. Sementara anak perempuan tumbuh dengan rasa takut mengekspresikan diri.

Tawaran Mubadalah

Mubadalah datang untuk menawarkan jalan baru dalam hal relasi. Jalan yang menumbuhkan nilai-nilai kesalingan, yang sebaiknya, kita tanamkan sejak dini. Bukan hanya dalam relasi dalam keluarga (baik suami-istri, antar orang tua-anak, dan antar saudara), tapi juga antara guru dan murid, teman sebaya, dan bahkan antar tetangga.

Dalam perspektif Islam, relasi itu adalah amanah. Al-mu’min mir’āt al-mu’min — orang beriman adalah cermin bagi sesamanya. Relasi yang Mubadalah terbangun atas prinsip:

  • Saling mencintai, bukan menuntut cinta sepihak.
  • Saling menghargai, bukan memaksa hormat.
  • Saling mendengarkan, bukan hanya menyuruh diam.

Prinsip-prinsip ini bukan ide baru, tapi inti dari akhlak karimah, rahmah dan mawaddah dalam ajaran Islam. Maka, tidak cukup hanya menghafal ayat-ayat tentang keluarga sakinah, jika perilaku kita masih menormalisasi relasi kuasa yang menekan satu pihak dalam relasi keluarga, dan termasuk relasi sosial antar anggota masyarakat.

Kita butuh mengganti narasi-narasi lama. Narasi seperti:

“Perempuan itu harus diam kalau suami marah.”, sebaiknya kita ganti dengan: “Setiap orang berhak didengar, termasuk istri.”

Atau narasi seperti: “Jadi laki-laki itu harus bisa menundukkan.” Seharusnya diganti dengan: “Jadi laki-laki itu harus bisa membangun kesetaraan, dan membiasakan kesepakatan.”

Landasan Teologis

Dalam perspektif Islam, prinsip kesalingan atau Mubadalah bukanlah nilai baru, melainkan akhlak kenabian yang telah Rasulullah Saw contohkan. Beliau hidup dalam relasi yang adil dan saling menghargai bersama para istri, sahabat, dan bahkan musuh sekalipun.

Dalam hadis sahih disebutkan: “Khairukum khairukum li ahlihi, wa ana khairukum li ahli” — “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya, dan aku adalah yang paling baik kepada keluargaku.” (Sunan Turmudzi, no. 4269).

Ini menunjukkan bahwa kebajikan bukanlah dominasi, tetapi kelembutan dan kesalingan. Rasul tidak hanya menjadi pemimpin, tapi juga sahabat yang hadir secara emosional dalam rumah tangganya.

Kesalingan sebagai nilai teologis juga ditegaskan secara eksplisit dalam al-Qur’an, khususnya dalam QS. At-Taubah ayat 71: “Wa al-mu’minūna wa al-mu’minātu ba‘ḍuhum awliyā’u ba‘ḍ; ya’murūna bi al-ma‘rūfi wa yanhawna ‘ani al-munkar…” — “Laki-laki yang beriman dan perempuan yang beriman, sebagian mereka adalah penolong bagi sebagian yang lain; mereka saling menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran…”

Ayat ini menunjukkan bahwa relasi antara laki-laki dan perempuan, dalam keimanan, adalah relasi kesalingan. Tidak ada hierarki dominasi. Yang ada adalah kerja sama, saling menguatkan, dan saling bertanggung jawab untuk menciptakan kehidupan yang ma‘rūf. Dari sinilah prinsip Mubadalah menemukan pijakan teologisnya yang kokoh: bahwa relasi manusia, apalagi suami dan istri, harus kita bangun di atas asas kesalingan—bukan subordinasi.

Menegaskan Prinsip Kesalingan

Ayat ini, sebagaimana penjelasan berbagai ulama klasik dan kontemporer, terutama pada frasa “ba’duhum awliyah ba’d”, menegaskan prinsip kesalingan antara laki-laki dan perempuan. Seperti al-Thabari (w. 310 H) dalam Jāmi‘ al-Bayān, Fakhr al-Din al-Razi (w. 606 H) dalam Mafātīḥ al-Ghayb, dan terutama M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah, telah menegaskan prinsip relasi partisipatif antara laki-laki dan perempuan dalam kerja-kerja ritual dan sosial.

Lebih jauh lagi, dalam al-Qur’an, Allah Swt. berfirman: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan untukmu pasangan dari jenismu sendiri agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawaddah dan rahmah” (QS. Ar-Rūm: 21).

Ayat ini tidak menyebut dominasi satu pihak atas pihak lain. Justru, ia menekankan ketenteraman, cinta kasih, dan rahmat sebagai fondasi relasi. Itulah ruh dari Mubadalah. Ketika relasi terbangun atas asas-asas ini, maka ia akan menjadi jalan menuju keberkahan dan kemuliaan, bukan sekadar status sosial. Menumbuhkan relasi Mubadalah sejak dini, berarti menanamkan nilai-nilai ilahiah dalam kehidupan keseharian anak-anak dan generasi muda kita. 

Ajakan Da’wah Bil Hal

Anak-anak adalah amanah sekaligus anugerah yang membutuhkan bukan hanya kasih sayang, tetapi juga kesadaran dan komitmen. Dalam Islam, anak tidak hanya dilihat sebagai tanggung jawab biologis, tetapi juga sebagai makhluk yang utuh—berakal, berperasaan, dan berpotensi.

Karena itu, pendidikan anak bukan semata proses mentransfer pengetahuan atau mendisiplinkan perilaku, tetapi menumbuhkan jiwa kemanusiaan yang saling menghormati, saling mendengarkan, dan saling menguatkan sejak dini.

Dalam perspektif mubādalah, anak tidak kita posisikan sebagai objek pengasuhan yang pasif dan inferior, tetapi sebagai subjek yang memiliki kehormatan, suara, dan martabat. Maka, membesarkan anak dalam relasi mubādalah berarti membangun ruang pengasuhan yang saling belajar, saling mendengar, dan saling bertumbuh, baik antara orang tua dan anak, maupun antara anak laki-laki dan anak perempuan.

Ini bukan soal membalik kekuasaan, tetapi membangun kesalingan: di mana setiap anggota keluarga terakui sebagai mitra dalam membangun peradaban rumah tangga.

الطِّفْلُ شَرِيكٌ فِي التَّرْبِيَةِ، لَا مَحَلٌّ لِلتَّلْقِينِ وَالإِخْضَاعِ

“Anak adalah mitra dalam pendidikan, bukan objek doktrinasi dan penundukan.”

Pendidikan mubādalah tidak akan membiarkan kalimat seperti “anak laki-laki harus kuat dan tidak menangis” atau “anak perempuan harus nurut dan tidak boleh protes” hidup di ruang keluarga. Kalimat-kalimat ini bukan hanya membatasi potensi, tetapi mewariskan luka struktural antar generasi. Justru, sejak kecil anak harus kita kenalkan pada nilai keadilan, kesetaraan, tanggung jawab bersama, dan penghargaan terhadap perbedaan.

Mendidik Anak dengan Akhlak Mubadalah

Mengajarkan anak saling tolong menolong dalam pekerjaan rumah, saling memahami perasaan masing-masing, dan saling mendoakan sebelum tidur, adalah bentuk nyata relasi mubādalah yang bisa kita mulai sejak usia dini. Karena di dalam rumah tangga yang menghidupkan akhlak kesalingan, anak-anak akan tumbuh bukan hanya sebagai manusia cerdas, tetapi juga manusia yang utuh secara spiritual, emosional, dan sosial.

Jika keluarga adalah sekolah pertama, maka relasi orang tua dan anak adalah kurikulum paling kuat dalam membentuk karakter bangsa. Dan jika kita ingin generasi masa depan yang adil, maka relasi kesalingan harus kita mulai bukan saat anak sudah dewasa, tapi sejak dalam buaian, bahkan sejak dalam doa.

مَنْ أَرَادَ أُمَّةً عَادِلَةً، فَلْيَبْنِ بَيْتًا عَلَى المُبَادَلَةِ

“Siapa yang ingin umat yang adil, mulailah dari rumah yang dibangun atas kesalingan.”

Dengan demikian, mendidik anak dengan akhlak Mubadalah bukan pilihan, tetapi keharusan, karena dari mereka, masa depan akan terbentuk. Karena lewat mereka, kita bisa menciptakan peradaban yang adil, ramah, dan saling menguatkan.

Mari mulai dari rumah. Dari kelas. Dari komunitas. Tumbuhkan relasi yang saling menyuburkan, bukan saling menaklukkan. Karena hanya dengan kesalingan, kita bisa benar-benar hidup tenang. []

Tags: Akhlak MubadalahHak anakkeluargamendidik anakMubadalahparentingRelasi Kesalingan
Faqih Abdul Kodir

Faqih Abdul Kodir

Founder Mubadalah.id dan Ketua LP2M UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Terkait Posts

Lebih Baik Nikah Daripada Zina
Rekomendasi

5 Alasan Mengapa Ungkapan “Lebih Baik Nikah daripada Zina” Salah dalam Mental Model Mubadalah

4 Agustus 2025
Keluarga
Hikmah

Ketika Agama Dijadikan Alat Ketimpangan Gender dalam Keluarga

2 Agustus 2025
keadilan Gender
Hikmah

Keluarga: Sekolah Pertama untuk Menerapkan Prinsip Keadilan Gender

2 Agustus 2025
Konsep Makruf
Hikmah

Menafsir Ulang Konsep Makruf dalam Perspektif Mubadalah

2 Agustus 2025
Tung Tung Sahur
Uncategorized

Fenomena Tung Tung Sahur dan Konten Tak Ramah Anak

1 Agustus 2025
Fitnah Perempuan
Hikmah

Reinterpretasi Hadis Fitnah Perempuan dalam Perspektif Mubadalah

27 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Lebih Baik Nikah Daripada Zina

    5 Alasan Mengapa Ungkapan “Lebih Baik Nikah daripada Zina” Salah dalam Mental Model Mubadalah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tujuh Renungan Sebelum Makan: Refleksi Ekologi dalam Menyayangi Ibu Bumi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kemerdekaan bagi Difabel, Bukan Sekadar Akses

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fitrah Anak dalam Pandangan Behaviourisme, Kognitif, dan Humanisme

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bendera One Piece di Samping Bendera Merah Putih: Apa Maknanya?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kepribadian Manusia Menurut Sigmund Freud
  • Bendera One Piece di Samping Bendera Merah Putih: Apa Maknanya?
  • Lawan Pernikahan Anak Lewat Seni: Musawah Art Collective Gelar Trip Exhibition “Breaking the Chain” di Tiga Kota
  • Kemerdekaan bagi Difabel, Bukan Sekadar Akses
  • Pengertian Fitrah Manusia dalam Ajaran Islam

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein

© 2025 MUBADALAH.ID