Judul buku : Tuhan Ada di Hatimu
Penulis : Husein Ja’far Al-Hadar
Penerbit : Naura Books
ISBN : 9786232421479
Tahun : 2020
Halaman : 203 hlm
“Berapa banyak orang shalat tapi shalatnya justru mencelakakan dirinya. Ia hanya rukuk dan sujud tanpa kehadiran hatinya. Tak ada kesadaran dalam hatinya seolah kita melihat Tuhan atau Tuhan melihat kita” (hlm. 13).
Kalimat pendek yang syarat akan makna tersebut menjadi pembuka tulisan menarik dari penulis yang memiliki ghirah pengetahuan agama yang begitu luar biasa dengan sikap arifnya dalam memaknai berbagai problematika sosial yang terjadi akhir-akhir ini.
Sebagai tokoh agamawan muda yang aktif di berbagai media sosial, mulai dari twitter, facebook, instagram, hingga youtube, tulisan ini menjadi bacaan renyah bagi pembaca, utamanya adalah millennial yang haus akan informasi pengetahuan keagamaan dengan gaya bahasa santai, lugas dan mudah dipahami. Penulis mencoba memaparkan secara gamblang persoalan kita pada hari ini tentang substansi dalam setiap masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.
Salah satu persoalan yang menjadi trend di tengah masyarakat kita yakni Hijrah. Di kalangan artis yang menjadi salah satu kiblat gaya hidup para millennial, hijrah menjadi sesuatu yang dibanggakan di tengah masyarakat kita. Namun, apakah hijrah hanya sebatas perubahan lahiriah sebuah penampilan dari yang tidak berkerudung menjadi berkerudung? Dari yang berkerudung pendek berubah menjadi kerudung panjang? Dari yang tidak berjenggot kemudian memiliki jenggot?
Setidak-tidaknya, ada 4 aspek yang harus dilakukan oleh umat Islam ketika berkomitmen untuk hijrah. Pertama, aspek sufistik tasawauf. Dalam aspek ini, sejatinya hijrah dilakukan senantiasa atas penghambaan dirinya menuju Allah. Aspek bathin adalah paling utama dengan mendekatkan diri kepada Allah.
Idealnya, hijrah dimulai dari spiritualitas yang simpulnya berada di hati. Karena rumusnya tubuh mengikuti hati, bukan hati mengikuti tubuh. Berkerudung misalnya harus dari komitmen hati. Bukan asal mengerudung kepala saja agar tak dipandang tak religious atau aneh-aneh oleh keluarga, teman dan orang-orang tapi hatinya tak punya komitmen sama sekai pada kerudung (hlm.22).
Pada fase ini, tidak salah ketika banyak terjadi pada orang-orang yang berjilbab tapi masih melakukan perbuatan yang bisa merusak citra kerudung. Padahal tujuan berkerudung untuk memperbaiki diri. Maka ketika sudah berkerudung jangan sampai mengolok-olok teman yang masih belum mengenakan kerudung.
Kedua aspek cultural. Hijrah berarti mengakulturasi Islam yang datang dari Arab sesuai dengan nilai setempat. Selama nilai-nilai tak bertentangan dengan aspek substansi ajaran Islam. Ketiga aspek filosofis bahwa hijrah membawa umat Islam dari keterbalakangan menuju kemajuan.
Maka menjadi sesuatu yang kurang benar apabila kita hijrah justru mengenyampingkan persoalan keilmuan, padahal langkah kita di masa depan bagaimana menjadi muslim yang bisa sejalan dengan kemajuan teknologi, sebagaimana para ilmuwan barat melahirkan banyak penemuan penting dan bermanfaat untuk manusia, sehingga umat Islam tidak terbelakang akibat kebodohan yang belum ada obatnya.
Keempat aspek sosial. Dalam hal ini hijrah bukan hanya sekedar hubungan vertikal dengan Allah SWT. Lebih dari itu, aspek sosial yakni hubungan sesama manusia harus dijaga. Jangan sampai ketika hijrah, kita bermusuhan dengan teman yang tidak memakai kerudung, merasa diri paling benar diantara yang lain.
Pada bab pertama yang dimunculkan, pembaca melihat kekhasan pembahasan yang populer di kalangan masyarakat untuk dipahami secara utuh. Sehingga beragama Islam sejatinya bukanlah menjadi sosok yang kaku, tanpa melihat konteks sosial yang terjadi, bahkan secara fleksibel penulis memaparkan secara rinci bagaimana Islam datang menjadi sebuah Rahmat bagi seluruh umat. Ajaran Islam seharusnya tidak dipahami hanya pada bentuk relasi kepada sang pencipta semata, melainkan relasi antar manusia.
Begitu kompleksnya persoalan kita pada hari ini dengan berbagai konten yang bersebaran di media sosial. Apalagi konten yang erat hubungannya dengan ajaran Islam, disertai dengan berita bohong yang tidak bisa dielakkan, tidak heran ketika muncul pemahaman beragam dari ajaran Islam itu sendiri, bahkan muncul permasalahan yang mengakibatkan perpecahan diantara umat dan sesama muslim yang tidak jelas permasalahannya.
Akibatnya terjadi gesekan antar satu dengan yang lain serta menganggap bahwa Islam adalah biang masalah. Sehingga kita perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni, baik pengetahuan agama, sains, pengetahuan teknologi agar bisa berjalan bersama dan bergandengan dengan beragam perbedaaan yang ada.
Tidak hanya itu, agama Islam yang syarat dengan ibadah, tidak hanya sebatas memahami ibadah sebagai hubungan manusia dengan Allah. Dikisahkan oleh Imam Ghazali dalam kitabnya, mukasyafat Al-Qulb suatu kali dalam dialog Nabi Musa dan Allah bahwa ibadah yang membuat Allah senang yakni “memasukkan rasa bahagia ke dalam diri orang yang hancur hatinya” (hlm.171). Dalam artian, bahwa memberi, menolong orang lain serta berbuat baik terhadap sesama adalah ibadah, bahkan tidur yang dilakukan untuk menghindari kemaksiatan pun, bernilai ibadah.
Maka, dalam konteks tersebut, ibarat kita yang gercep mendengar adzan lalu segera sholat, seharusnya ketika mendengar tetangga yang sakit, kita harus gercep memberikan pertolongan kepadanya. Begitu asyiknya ajaran Islam kalau kita pahami sebagai sebuah rahmat yang memberi solusi terhadap setiap persoalan yang ada. Oleh karena itu, dakwah tidak hanya butuh modal tahu teks agama, akan tetapi tahu konteks masyarakat. Harus memberi solusi, bukan menghukumi. Harus bertahap, bukan melahap. Harus membaru, bukan membentur. Harus memahami, bukan hanya mencekoki (hlm.177). []