Dalam kehidupan, pijakan pertama manusia baik secara fisik atau psikis, sosial maupun spiritual, paling menentukan bagi keberhasilan keluarga dan kehidupan. Keluarga yang harmonis menentukan optimalisasi perkembangan pribadi, kemampuan bersosialisasi, kecerdasan, kreativitas, dan dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri individu, yang saling mendukung dalam kebaikan, dan saling bekerja sama antar keluarga, begitupun sebaliknya.
Sehingga keluarga disebut sebagai lembaga pendidikan pertama (madrasatul ula) dalam membentuk karakter dan akhlak setiap orang. Seperti yang terdapat dalam hadist Al-Hakim
مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدًا مِنْ نَحْلٍ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ
“Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain adab yang baik. (HR. Al-Hakim).
Banyak kesuksesan, kebahagiaan dan kebaikan lahir dari keluarga yang taat dan berakhlak yang baik, yang saling kerjasama, saling bahagia dan membahagiakan, saling mengingatkan dalam kebaikan dan saling memaafkan ketika ada kesalahan. Dalam syair arab dikatakan
وإنما الأمم الأخلاق ما بقيت * فإن هم ذهبت أخلاقهم ذهبوا
“Sesunggunya umat suatu bangsa itu ditentukan oleh akhlaknya, jika akhlak telah hilang dari mereka maka hilang pula kejayaannya.”
Keluarga yang baik adalah keluarga yang memperhatikan pendidikan agama dalam keluarga. Karena agama merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan manusia. Allah berfirman dalam surat At-Tahrim ayat 6 yang berbunyi:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.”
Dalam Tafsir Ibnu Katsir dikatakan untuk tidak bermaksiat kepada Allah Swt, sedangkan dalam Tafsir Al-Misbah dikatakan maksud dari memelihara adalah dengan mendidik dan membimbing keluarga. Sedangkan dalam Tafsir Al-Maroghi maksud dari menjaga mengarah pada ketaatan kepada Allah dan menuruti segala perintah-Nya.
Para ulama menjelaskan, bahwa ketika Allah Swt mengisahkan sesuatu dalam Al-Quran bertujuan untuk menjadi pelajaran bagi manusia. Maka, penting bagi kita dan keluarga masa kini untuk mengambil pelajaran berharga pada model-model keluarga yang ada dalam Al-Quran. Ada empat model keluarga yang bisa kita ambil pelajaran berharganya dalam Al-Qur’an yaitu
Pertama, Model keluarga Abu Lahab yakni suami dan isteri sama-sama tidak taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Abu Lahab adalah seorang paman Nabi Muhammad saw, yang menjadi provokator menggerakkan massa untuk menghadang dakwah Nabi beserta istrinya Ummu Jamil. Sehingga kelicikan Abu Lahab dan isterinya digambarkan dalam Alquran, (QS. Al-Lahab: 1-5).
Jika melihat realitas sosial saat ini, tentu akan menemukan keluarga semisal model keluarga Abu Lahab. Di mana suami dan isteri sama-sama menjadi pemicu ketidakbaikkan dalam masyarakat, seperti dalam tindakan adu domba, kekerasan, penipuan, korupsi, pertikaian, kemaksiatan, perilaku amoral dan lain sebagainya. Sehingga mereka berdua mendekam di penjara dalam kasus yang sama.
Kedua, Model keluarga Fir’aun yakni suami tidak taat dan isteri taat kepada Allah Swt dan Rasul-Nya. Fir’aun merupakan raja Mesir yang hidup pada masa kenabian Musa as. Model keluarga Fir’aun juga dapat ditemukan dalam kehidupan sosial masa kini.
Di mana suami menjadi pemicu dan provokator dalam setiap kemaksiatan dan kejahatan, meskipun isterinya berkali-kali menasehati. Model keluarga seperti menjadi ladang pahala dan ujian bagi isteri untuk sabar dan tetap taat kepada Allah SWT. Maka isteri dituntut untuk tetap konsisten (istiqamah) dalam mencegah perilaku tercela suami.
Ketiga, Model keluarga Nabi Nuh as dan Nabi Luth as, yakni suami taat, sedangkan isteri tidak taat kepada Allah Swt. Kedua mereka merupakan Rasul utusan Allah Swt untuk mendakwahi umat masing-masing. Nabi Nuh as diutus kepada Bani Rasib, yakni suatu kaum yang menyembah patung-patung berhala. Sedangkan Nabi Luth as, diutus untuk kaum Sodom, yakni suatu kaum yang berperilaku seks menyimpang. Meskipun mereka diutus untuk memperbaiki kondisi akidah umat. Akan tetapi, isteri mereka juga menjadi bagian dari orang-orang yang ingkar kepada Allah Swt.
Hal ini menunjukkan ketidakshalihan isteri tidak serta merta membuat mereka menjerumuskan diri dalam perilaku tercela isteri. Sebab itu, banyak orang mendapatkan gelar pemuka agama di lingkungan masyarakat, akan tetapi memperoleh pasangan yang durhaka kepada Allah Swt. Maka diperlukan ketabahan, kesabaran, keistiqomahan dalam membina, mengajak pada kebaikan dalam berkeluarga dengan cara yang santun, tepat, yakni tidak dengan cara memaksa dan dengan cara kekerasan.
Keempat, Model keluarga Nabi Ibrahim as, yakni merupakan keluarga utuh yang taat kepada Allah Swt, baik suami maupun isteri-isterinya. Nabi Ibrahim as termasuk satu dari para Nabi dan Rasul yang mendapatkan gelar ulul azmi, yakni Nabi yang paling banyak cobaan dan rintangan dalam menjalani kehidupan. Ia memiliki dua isteri, yakni Siti Sarah dan Siti Hajar dan memiliki anak dari kedua istrinya tersebut.
Dari sanalah lahir anak-anak yang taat kepada Allah Swt, sehingga menjadi Nabi dan Rasul. Tentu hal itu karunia Allah Swt bagi Nabi Ibrahim as, sebagai seorang yang memiliki ketabahan, kesabaran dan keuletan yang luar biasa dalam menjalankan tugas sucinya sebagai rasul, walaupun menghadapi berbagai rintangan, dan cobaan yang luar biasa tetapi masih kuat dalam ketaatannya bersama keluarganya.
Mari belajar keteladanan dari keempat model keluarga tersebut dan mempraktekkannya dalam keluarga sehingga bisa menjadi keluarga ahli surga, keluarga penebar kebaikan dengan kebajikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. []