Mubadalah.id – Teman saya sangat anti makan gubis dan cabe alhasil saat teman lain asyik rujakan dia memilih menyendiri, setelah ditanya ternyata ibunya pernah trauma gubis, anak yang masih dalam kandungannya pernah kehabisan nafas karena kotoran yang disebabkan gubis, keterangan dokter begitu. Sementara cabe menurut doktrin ibunya, adalah jenis makanan sumber penyakit, mag, infeksi lambung, usus buntu, tidak nikmat pula saat makan cabe. Jadilah ia menghindari 2 makanan itu.
Tamsil tadi seperti teori Tabularasa, materi yang saya pelajari di bangku SMA dulu. Sebuah pandangan yang beranggapan bahwa manusia adalah makhluk kosong, sejak lahir tidak membawa mental bawaan. Sumber pengetahuannya adalah pengalaman yang ia serap dari keluarga, dan lingkungannya.
Waktu itu guru saya menggambarkan seorang bayi seperti kertas putih lalu ayahnya menulis di kertas itu, lalu ibunya menambahkan coretan, pamannya, bibinya dan lingkungan terdekat keluarganya. Semakin dewasa ia semakin dipenuhi dengan “dikte” tulisan tersebut.
Dulu Nabi juga pernah mengatakan hal serupa, كل مولود يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أو ينصرانه او يمجسانه “Setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah, lalu kedua orang tuanya yang membuatnya menjadi Yahudi, Nasrani atau Majusi”. Namun ternyata bukan hanya perihal agama, sifat, watak dan pola hidup juga dibentuk oleh lingkungan terdekat keluarga.
Saat saya duduk di emperan rumah teman, ada anak kecil perempuan usia 7 tahunan berjalan di depan pagar rumah, berjalan santai hingga akhirnya ia sampai di depan pagar, ia mengangkat roknya dan duduk jongkok, lalu buang air kecil, santai tanpa wajah khawatir takut ada orang lain melihatnya.
Bagi sebagian orang mungkin tindakan ini ditolerir “maklum masih kecil” dengan alasan usianya yang masih belia tapi bagi saya ini adalah hasil tak baik dari kebiasaan pengalaman empirisnya. Asumsi saya, ia terbiasa (kalau tak mau berkata dibiasakan) buang air kecil sembarangan tanpa bersesuci dengan air.
Di lain waktu saya berdiri di samping motor di parkiran toko, ada seorang anak usia 13 tahunan mengenakan sarung dan peci datang dengan motor bututnya. Setelah selesai belanja motornya tidak bisa hidup dan memintaku untuk menstarter. Dengan sambil menundukkan bahu ia tersenyum dan berkata “Mbak, saporana, minta tolong stateragi” (mbak, minta maaf saya minta tolong staterkan motor saya).
Hati saya adem mendengar tutur katanya, meski tidak tahu cara starter sepeda motor saya bersemangat mencobanya, dan akhirnya bisa, lalu anak manis itu berkata “Sakalangkong mbak” (terima kasih mbak). Nyes lagi hati saya melihat senyum manisnya.
Dua anak dengan karakter berbeda yang menurut saya sangat bertolak belakang, yang pertama abai etika dan yang terakhir terbiasa bersikap sopan dan ramah senyum, sikap anak yang pertama dan kedua –lagi lagi menurut saya- adalah kebiasaan yang berasal dari pembiasaan yang entah dari mana mereka dapatkan.
Tapi saya menduga kuat bahwa pengaruh terbesar kebiasaan anak-anak seusia mereka adalah keluarga. Bagaimana tidak, 6 tahun pertama seorang anak belum lepas dari didikan orang tua (atau yang menggantikan mereka), 6 tahun berikutnya adalah masa remaja yang juga tak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah.
Kiranya sedikit cerita tadi cukup menjadi bukti bahwa keluarga bukan sekedar teman makan di dapur, berseragam saat idul fitri, dan tempat kembali saat diri merasa lelah berjalan. Jauh sebelum itu, ada tanggung jawab besar dalam pernikahan Islam, menjadi “ayat” (tanda) Allah (QS. Ar-Rum 21), menunjukkan kebesaran-Nya, kekuasaan-Nya yang tunggal untuk menciptakan manusia dari yang awalnya tidak ada menjadi ada, berawal dari nabi Adam dan sayyidah Hawa menjadi tak terhingga.
Terlahir dari keluarga yang memiliki attitude positif merupakan previlej bagi sebagian orang. Namun bukan tidak mungkin menciptakan pola kehidupan sendiri dalam keluarga kita. Pola yang tetap ia pegang erat bahkan saat sendiri. Ini hanya masalah kemauan saling memperbaiki, saling berlomba memberikan yang terbaik pada orang lain utamanya pada keluarga kita.
Ya, titik pointnya hanya itu. Berlombalah memberikan yang terbaik, mendidik dengan cara terbaik, itu adalah tabungan, yang kelak anak cucu kita akan bersikap yang serupa pada kita. Bukankah Nabi kita telah berpesan بِرُّوا آبائكم تبرُّكم أبنائكم berbuat baiklah pada orang tua maka anak keturunanmu akan berbuat baik padamu. Logika pemahamannya, apa yang kau berikan akan kembali padamu, bahkan bisa jadi lebih. What you give, come back multifold. []