Mubadalah.id – Dalam sebagaian pandangan masyarakat tentang kehidupan perempuan maka sebagian dari mereka menegaskan bahwa sikap dan tindakan perempuan menjadi sumber “fitnah” (kekacauan sosial atau mengganggu ketertiban masyarakat).
Mereka (publik) berdalih dengan hadits Nabi Saw., “Aku tidak meninggalkan suatu ‘fitnah’ yang lebih membahayakan laki-laki selain perempuan.”
Hadits ini dimaknai bahwa perempuan harus dikurung di dalam rumahnya agar tidak membikin kehancuran kaum laki-laki. Bukannya bermakna bahwa kalian harus menghormati kaum perempuan.
Jangan mengganggu mereka, merendahkan mereka. Jangan melecehkan mereka. Sebab, jika kalian melakukannya, kalian akan merugi dan menjadi nista.
Dr. Muhammad al-Habasy, sarjana Suriah, dalam buku Al-Marah baina asy-Syariah wa al-Hayah, mengatakan bahwa peminggiran kaum perempuan itu didasarkan pada argumen prinsip “sadd adz-dzari’ah” (menutup pintu kerusakan).
Keikut sertaan atau keterlibatan kaum perempuan dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Baik sebagai pelajar maupun guru, dan aktivitas mereka di ruang publik, dipandang bisa atau berpotensi menimbulkan “fitnah” dan “inhiraf” (penyimpangan) moral.
Kata “fitnah” yang secara genuine bermakna cobaan atau ujian diri berganti makna menjadi menggoda. Ya, menggoda hati laki-laki. Bahkan, berkembang menjadi “kekacauan sosial”.
Belenggu
Nah, dua kata sakti itu: “fitnah” dan “sadd adz-dzariah” dijadikan alasan untuk membelenggu dan membatasi aktualisasi diri kaum perempuan di ruang publik. Jargonnya ialah “demi melindungi” dan “menjaga kesucian moral”.
Dunia sepertinya telah kehilangan cara melindungi tanpa membatasi. Tindakan selanjutnya ialah membuat aturan-aturan yang membatasi gerak tubuh perempuan di ruang-ruang sosial, budaya, dan politik secara terstruktur, sistemik, dan masif (TSM).
Pandangan ini muncul menyusul kehancuran peradaban kaum muslimin akibat serbuan tentara Mongol ke wilayah-wilayah kekuasaan Islam pada 1256 M.
Dan, sebelumnya, serbuan oleh tentara Salib atau yang populer disebut sebagai Perang Salib selama dua abad. Kehancuran di wilayah kekuasaan Islam ini karena kehancuran peradaban Islam di Andalusia pada 1492 M.
Akan tetapi, sejumlah peneliti berpendapat bahwa peminggiran kaum perempuan dari ruang publik dan dunia ilmu pengetahuan secara khusus. Sesungguhnya lebih karena kebijakan negara untuk membekukan aktivitas intelektual dan kebebasan berpikir, serta hilangnya kritisisme terhadap kekuasaan.
Proses sejarah peradaban Islam berlangsung stagnan atau beku. Hal yang terjadi ialah pengulangan yang terus menerus dan peniruan.
Kritik-kritik atas pikiran terlarang akan dipandang kriminal. Marginalisasi dan subordinasi menjadi masif dan terstruktur. Keadaan ini berlangsung selama berabad. abad, sekitar tujuh abad. []