• Login
  • Register
Minggu, 1 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Dilema Perempuan Bukan Soal Patriarki, Tetapi Tentang Kemanusiaan yang Diabaikan

Selama ini perilaku superior laki-laki atas perempuan didasarkan pada legitimasi tafsir atas kitab suci sekaligus konstruksi sosial yang ada di masyarakat

SITI KHOIROTUL ULA SITI KHOIROTUL ULA
17/09/2021
in Personal
0
Sesama Perempuan

Sesama Perempuan

132
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dihadapkan dengan kehidupan sosial masyarakat yang penuh dinamika, perempuan acap kali menemui posisi yang pasang surut. Di satu sisi perempuan dibutuhkan sebagai sosok yang menciptakan kehidupan, memberikan kenyamanan dan keamanan di sisi yang lain perempuan dipinggirkan dari peran intelektualnya di masyarakat karena alasan dia seorang perempuan. Keadaan demikian  dilalui perempuan selama berabad-abad lamanya sampai-sampai tertanam dalam konstrusi fikirnya sendiri bahwa perempuan adalah manusia kedua setelah laki-laki.

Terbentuknya budaya patriarki yang berlaku di masyarakat secara turun temurun tidak begitu saja terjadi tanpa legitimasi agama. Kitab suci sendiri yang menjadi sumber rujukan suatu ajaran agama menjelaskan bahwa manusia pertama yang diciptakan adalah laki-laki kemudian setelah itu, untuk melengkapi kehidupan laki-laki, perempuan diciptakan.

Inilah asal mula pemahaman patriarki muncul di tengah-tengah kehidupan umat manusia. Sayangnya manusia lupa bahwa kitab suci juga menyebut bahwa baik laki-laki maupun perempuan adalah sama-sama manusia yang memiliki potensi intelektual yang setara, potensi melakukan amal sholeh yang sama dan juga berpotensi untuk melakukan perbuatan-perbuatan dosa.

Selama ini perilaku superior laki-laki atas perempuan didasarkan pada legitimasi tafsir atas kitab suci sekaligus konstruksi sosial yang ada di masyarakat. Posisi perempuan yang menempati gender kedua setelah laki-laki menyebabkan banyak hal  tidak bisa diakses oleh perempuan. Termasuk konstruksi masyarakat tentang perempuan yang tidak seyogyanya bersekolah terlalu tinggi karena ia akan menjadi perempuan yang menakutkan bagi laki-laki yang hendak mendekati dan meminangnya.

Hal ini tentu akan sangat berbeda jika yang menempuh pendidikan tinggi tersebut adalah laki-laki, kondisi itu justru menjadi husbandgoal yang diidam-idamkan banyak perempuan.

Baca Juga:

Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

Mengenal Perbedaan Laki-laki dan Perempuan secara Kodrati

Menafsir Ulang Ajaran Al-Ḥayā’ di Tengah Maraknya Pelecehan Seksual

Etika Sosial Perempuan dalam Masa ‘Iddah

Menghadapi situasi yang tidak seimbang ini, perempuan harus menempuh perjuangan yang panjang agar  bisa menempuh pendidikan yang tinggi sebagaimana laki-laki dan kalaupun berhasil, masyarakat tidak terlalu mengapresisi karena dia adalah seorang perempuan yang selalu diidentikkan dengan kodrat macak, manak dan masak-nya.  Sehingga perempuan terlupakan sisi kemanusiaan dan keadilan yang seharusnya ia terima sebagai seorang manusia.

Meskipun demikian, budaya patriarki yang terbentuk dan berabad-abad lamanya tumbuh subur di masyarakat bukanlah satu-satunya penyebab perempuan diperlakukan dengan tidak setara. Ada sebab lainnya yang lebih utama yaitu pengabian akan sisi kemanusiaan perempuan dan kebutuhan perempuan untuk diperlakukan secara adil sebagaimana manusia lainnya. Hilangnya perlakuan yang adil terhadap perempuan membuat perempuan tidak bisa melihat ketidakadilan yang dialaminya bahkan ia sendiri melupakan kemanusiaannya karena tekanan masyarakat.

Seorang perempuan akan mendapatkan julukan sebagai istri yang taat dan shalihah jika mengizinkan suaminya poligami dan akan mendapatkan julukan yang sebaliknya jika si istri menolak. Label atau julukan ini sekonyong-konyong ditujukan kepada perempuan tanpa mempertanyakan alasan dibalik izin atau penolakannya. Padahal, jika ditanyakan lebih jauh lagi, tentu karena alasan kemanusiaan dan hal-hal manusiawi yang melekat dengannya, perempuan tidak akan mau dipoligami sekalipun dia adalah seorang istri yang taat dan juga sholihah.

Perempuan dianggap sebagai “barang” atau hak milik setelah ia dinikahi oleh suaminya. Pemahaman ini tidak sepenuhnya salah, tetapi tidak juga mutlak kebenarannya. Kenapa? Karena tidak semua suami memiliki sensitifitas yang tinggi untuk ber-mu’asayarah bim ma’ruf dengan istrinya.

Hasilnya, anggapan tentang hak milik ini memicu perlakuan sewenang-wenang oleh laki-laki yang tidak bertanggung jawab kepada istrinya. Tidak sedikit suami yang melakukan kekerasan dalam rumah tangga dengan menggunakan alasan ini kepada pasangannya.

Perempuan yang menjadi istri dari seorang laki-laki adalah manusia yang sama dengan laki-laki. Ia memiliki kehendak, keinginan dan juga akal fikiran. Ia seharusnya diperlakukan dengan adil dan manusiawi untuk kemudian ia dicintai dengan sepenuh hati oleh suaminya. Jika keadilan saja tidak ia dapatkan dari suaminya?

Apakah mungkin ia mendapatkan cintanya? Banyak kasus kekerasan dalam rumah tangga, eksploitasi dan seterusnya yang mendzalimi perempuan yang didasarkan pada pemahaman bahwa perempuan bukanlah manusia seperti halnya laki-laki. Anehnya, tidak sedikit perempuan yang menerima saja diperlakukan demikian dengan dalil sebagai istri harus menuruti apa kata suami bahkan jika ia didzalimi.

Thus, kita , sebagai perempuan, tidak semata-mata berhadapan dengan budaya patriarki yang sudah sangat mandarah daging, tetapi juga berjuang melawan konstruksi yang terbentuk dalam diri perempuan sendiri bahwa ia adalah manusia kedua setelah laki-laki yang secara popular dipahami sebagai swargo nunut neroko katut terhadap suaminya. Tentu saja perjalanan kita masih panjang kawan. []

Tags: BerdayaistrikeluargapatriarkiPeran Perempuanperempuanperkawinan
SITI KHOIROTUL ULA

SITI KHOIROTUL ULA

Penulis lepas, penjual buku dan sehari-hari mengajar di UIN SATU Tulungagung

Terkait Posts

Pandangan Subordinatif

Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

31 Mei 2025
Joglo Baca SUPI

Joglo Baca SUPI: Oase di Tengah Krisis Literasi

31 Mei 2025
Disabilitas dan Seni

Kreativitas tanpa Batas: Disabilitas dan Seni

31 Mei 2025
Difabel di Dunia Kerja

Menjemput Rezeki Tanpa Diskriminasi: Cara Islam Memandang Difabel di Dunia Kerja

30 Mei 2025
Memahami AI

Memahami Dasar Logika AI: Bagaimana Cara AI Menjawab Permintaan Kita?

30 Mei 2025
Kehendak Ilahi

Kehendak Ilahi Terdengar Saat Jiwa Menjadi Hening: Merefleksikan Noble Silence dalam Perspektif Katolik

29 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Jilbab

    Ketika Jilbab Menjadi Alat Politik dan Ukuran Kesalehan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir (Bagian 1)

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Makna Hijab dan Jilbab dalam al-Qur’an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kreativitas tanpa Batas: Disabilitas dan Seni

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Makna Hijab dan Jilbab dalam al-Qur’an
  • Ketika Jilbab Menjadi Alat Politik dan Ukuran Kesalehan
  • Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila
  • Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir (Bagian 1)
  • Tren Mode Rambut Sukainah

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID