Selasa, 4 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Perempuan Haid

    Perempuan Haid Tidak Boleh Diasingkan

    Target Live

    Fitur Target Live di TikTok: Ketika Sakralitas Terjebak Algoritma Media Sosial

    Perempuan Haid bukan

    Islam Memuliakan Perempuan Haid, Bukan Mengasingkannya

    Maskulin Toksik

    Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan

    Haid adalah

    Haid Adalah Fitrah Biologis Perempuan

    Kawin-Cerai

    Tafsir Qur’ani atas Fenomena Kawin-Cerai Selebriti

    Haid dalam

    Islam Menghapus Stigma Haid Perempuan: Dari Mata Iblis ke Martabat Kemanusiaan

    kekerasan verbal

    Kekerasan Verbal terhadap Penyandang Disabilitas

    Nifas

    Haidh, Nifas, dan Istihadhah: Fitrah Perempuan yang Dimuliakan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Perempuan Haid

    Perempuan Haid Tidak Boleh Diasingkan

    Target Live

    Fitur Target Live di TikTok: Ketika Sakralitas Terjebak Algoritma Media Sosial

    Perempuan Haid bukan

    Islam Memuliakan Perempuan Haid, Bukan Mengasingkannya

    Maskulin Toksik

    Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan

    Haid adalah

    Haid Adalah Fitrah Biologis Perempuan

    Kawin-Cerai

    Tafsir Qur’ani atas Fenomena Kawin-Cerai Selebriti

    Haid dalam

    Islam Menghapus Stigma Haid Perempuan: Dari Mata Iblis ke Martabat Kemanusiaan

    kekerasan verbal

    Kekerasan Verbal terhadap Penyandang Disabilitas

    Nifas

    Haidh, Nifas, dan Istihadhah: Fitrah Perempuan yang Dimuliakan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Film

Drama Korea King The Land: Menerobos Batas Gender yang Mempesona

"King The Land" mengambil langkah berani, dengan memperkenalkan karakter yang menerobos batas-batas gender yang telah mapan

Iffah Al Walidah Iffah Al Walidah
12 Agustus 2023
in Film
0
Drama Korea King The Land

Drama Korea King The Land

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Drama Korea telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya populer global. Menghidupkan kisah-kisah yang menggetarkan hati dan mengajak penontonnya memasuki dunia yang berbeda.

Namun, pada tahun ini, sebuah drama Korea King The Land telah muncul di layar kita, membawa angin segar dengan pandangan unik dan menarik yang menerobos batas gender. “King The Land,” yang tengah mencuri perhatian para penikmat drama, berhasil menghadirkan perspektif gender yang kuat dan menantang. Di mana drama ini mengubah lanskap naratif yang biasanya dominan, klise dan konvensi.

Seiring dengan berkembangnya kesadaran akan pentingnya representasi dan inklusivitas dalam hiburan, “King The Land” mengambil langkah berani. Yakni dengan memperkenalkan karakter yang menerobos batas-batas gender yang telah mapan.

Dalam dunia bisnis perhotelan dan distribusi yang penuh intrik, drama ini menghadirkan sejumlah karakter perempuan yang kuat dan kompleks. Menempatkan mereka di garis depan cerita sebagai pahlawan dan agen perubahan. Ini adalah langkah cerdas yang menunjukkan bahwa perempuan tidak hanya sekadar penghias cerita. Tetapi juga memiliki potensi untuk mengambil peran utama dalam naratif yang menantang.

Perjuangan Kesetaraan Nyata Ada

Drama Korea King The Land ini juga memberikan perspektif yang dalam tentang tantangan yang dihadapi karakter-karakter perempuan dalam upaya mereka untuk mencapai potensi penuh mereka. Melalui konflik internal dan eksternal, “King The Land” menggambarkan bagaimana perjuangan gender masih menjadi kenyataan dalam berbagai konteks sosial.

Dalam menghadapi rintangan-rintangan ini, karakter-karakter perempuan dalam drama ini menunjukkan kekuatan, tekad, dan ketahanan yang luar biasa. Memberikan inspirasi dan semangat kepada penonton. Ini adalah pengingat kuat bahwa peran gender tidaklah statis. Masyarakat harus bersedia membuka diri terhadap perubahan dan kemajuan dalam pandangan tentang perempuan.

Siapa sajakah yang berperan dalam drama ini? Dua tokoh utama dalam King The Land yaitu Gu Won, diperankan Lee Junho dari 2PM dan Cheon Sa Rang, diperankan Yoona dari Girls Generation. Selain itu, juga ada Go Won-Hee sebagai Oh Pyeong-Hwa dan Kim Ga-Eun sebagai Kang Da-Eul. Mereka berperan sebagai sahabat Cheon Sa Rang. Kali ini kita akan membahas bagaimana karakter ketiga perempuan ini dalam merepresentasikan memperjuangkan kesetaraan gender.

Lim Yoon-A sebagai Cheon Sa-Rang: Melampaui Batasan Tradisi

Lim Yoon-A membawakan karakter Cheon Sa-Rang dengan luar biasa. Tampil sebagai pribadi yang ceria, cerdas dan berprinsip. Karakter tersebut mampu mengantarkan Cheon Sa Rang dari jabatan terendah hingga puncak karir di Hotel King. Dia berhasil dinobatkan menjadi karyawan terbaik berkat kerja kerasnya dan ketulusan sikapnya.

Pada episode 15, Cheon Sa Rang menyadari bahwa menjadi hotelier di hotel yang dikelola oleh keluarga Gu Won, bukan mimpi yang sebenarnya ia inginkan. Pada episode 16, ia memutuskan untuk resign. Lalu memulai bisnis hotelnya sendiri.

Sedangkan pada beberapa episode lainnya juga tergambarkan karakter Cheon Sa Rang sebagai perempuan yang berani mengemukakan pendapat. Ia menentukan sikap dengan mempertimbangkan segala konsekuensi yang mungkin akan ia hadapi.

Dia berjuang untuk mendapatkan pengakuan dan hormat dari rekan-rekannya, menghadapi tekanan konstan untuk membuktikan kemampuannya di tengah lingkungan yang masih meragukan kemampuan perempuan. Karakter ini memberikan pandangan tentang perjuangan yang perempuan hadapi. Yakni dalam memperoleh dan mempertahankan posisi berpengaruh, sambil menjaga keaslian dan empati.

Kim Ga-Eun sebagai Kang Da-Eul: Perlawanan Terhadap Norma Sosial

Kim Ga-Eun memberikan interpretasi yang kuat dalam peran Kang Da-Eul, seorang wanita karir sekaligus ibu rumah tangga. Di mana ia mampu menjalankan kedua peran tersebut dengan hampir sempurna. Karakter Da-Eul menggambarkan perempuan sebagai individu yang berani melawan norma sosial yang membatasi kebebasan dan aspirasi mereka.

Dia mengejar impian dan aspirasinya sendiri. Bahkan jika itu berarti menentang harapan yang melekat pada perempuan dalam masyarakat.

Da-Eul menghadirkan refleksi tentang keberanian dan keteguhan hati yang perempuan perlukan untuk melawan ekspektasi budaya yang mengikat. Pada episode-episode awal, dia terkesan tidak mampu melawan mertua dan keluarga suaminya yang bertindak seenaknya.

Namun, di akhir episode, ia berhasil membalikkan keadaan. Saat dia pulang belanja, dia melihat suaminya pergi bermain golf dan ternyata baru terungkap kalau suaminya sudah tidak bekerja lagi. Inilah awal kemerdekaan Da-Eul yang kemudian mertuanya nobatkan sebagai kepala keluarga. Tugasnya mencari uang serta terlepas dari beban pekerjaan rumah.

Go Won-Hee sebagai Oh Pyeong-Hwa: Bangkit dari Penindasan

Tokoh Oh Pyeong-Hwa yang Go Won-Hee perankan mewakili perempuan yang tulus dan suka mengalah. Pyeong-Hwa adalah seorang pramugari yang tidak kunjung naik pangkat. Teman seangkatannya mencuranginya, namun ia tetap sabar.

Hingga pada akhirnya, seniornya memojokkannya dan mengungkit masa lalu serta menyebarkan berita bahwa selama ini Pyeong-Hwa adalah janda dan ia menyembunyikan fakta tersebut. Pyeong-Hwa pun angkat bicara kalau kepala pilotnya (mantan pacarnya) yang mendaftarkan pernikahan tersebut. Di mana ia selama ini masih menggoda Pyeong-Hwa padahal ia sudah berkeluarga.

Bagian yang menarik, laki-laki yang menaruh hati pada Pyeong-Hwa mencoba menguatkannya dan berbicara kepadanya, “Kamu bukan menyembunyikan fakta itu, kamu hanya tidak ingin orang lain melihat sisi dari dirimu pada bagian itu.” Melalui karakter Pyeong-Hwa, penonton diajak untuk merenungkan pentingnya menyuarakan kebenaran, alih-alih diam dan menerima segala bullyan.

Sebagai penutup, “King The Land” berdiri sebagai bukti perkembangan lanskap drama Korea. Melepaskan diri dari cetakan cerita tradisional untuk menciptakan narasi yang menantang dan menginspirasi.

Maka, dengan menggambarkan wanita sebagai sosok yang kuat dan berpengaruh dan menangani sifat cair dari peran gender, drama ini telah membuka percakapan penting tentang representasi dan pemberdayaan. Ini mendorong pemirsa untuk mempertanyakan norma-norma yang biasa mereka gunakan dan merangkul spektrum identitas dan kemungkinan yang lebih luas.

Dalam industri yang sering dikritik karena melanggengkan stereotip, “King The Land” muncul sebagai angin segar yang menandakan perubahan progresif dalam penceritaan drama Korea. Dengan karakternya yang dinamis, plot yang menawan, dan tema yang menantang. Drama ini tidak hanya menghibur tetapi juga mengajak kita untuk merefleksikan persepsi kita sendiri tentang gender di dunia nyata. []

 

Tags: Batas GenderDrama KoreaFilm NetflikKing The LandNorma GenderReview Film
Iffah Al Walidah

Iffah Al Walidah

Alumni UIN Sunan Kalijaga Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Saat ini sedang menempuh studi di PTIQ Jakarta, Pendidikan Kader Ulama' Perempuan (PKUP) Masjid Istiqlal

Terkait Posts

Lingkungan Inklusif
Film

Refleksi Twinkling Watermelon: Mengapa Seharusnya Kita Ciptakan Lingkungan Inklusif?

28 Oktober 2025
Bon Appetit Your Majesty
Film

Gastrodiplomasi dalam Balutan Drama Bon Appetit Your Majesty

15 Oktober 2025
Bon Appétit
Film

Bon Appétit, Your Majesty: Ketika Dapur Jadi Cermin Kuasa dan Kesetaraan

12 Oktober 2025
Film PK
Film

Menyoal Esensi Beragama, Film PK Mengajarkan Soal Cinta dan Kemanusiaan

1 Oktober 2025
Drama Korea
Personal

Tradisi Kissing dan Living Together ala Drama Korea dalam Perspektif Islam

26 September 2025
Film Taare Zameen Par
Film

Film Taare Zameen Par: Setiap Anak Istimewa

19 September 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • kekerasan verbal

    Kekerasan Verbal terhadap Penyandang Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Menghapus Stigma Haid Perempuan: Dari Mata Iblis ke Martabat Kemanusiaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Haid Adalah Fitrah Biologis Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tafsir Qur’ani atas Fenomena Kawin-Cerai Selebriti

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Perempuan Haid Tidak Boleh Diasingkan
  • Fitur Target Live di TikTok: Ketika Sakralitas Terjebak Algoritma Media Sosial
  • Islam Memuliakan Perempuan Haid, Bukan Mengasingkannya
  • Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan
  • Haid Adalah Fitrah Biologis Perempuan

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID