Tulisan Filosofi Ketupat ini dibuat, tanpa niat sama sekali untuk ikut-ikutan sebuah judul film nasional yang sempat menghiasi layar lebar, Filosofi Kopi. Namun, karena di jelang beberapa lebaran tahun lalu aku pernah menulis tentang “The Philosophy of Mudik”.Sementara, tahun ini, mudikku baru besok setelah shalat Ied.
Ketupat, adalah tradisi kuliner utama lebaran nusantara. Ia bisa dipadu padankan dengan berbagai jenis masakan atau olahan daging atau ayam. Pada saat Lebaran, biasanya akan di combine dengan opor ayam dan sambal goreng. Bisa sambal goreng ati, sambal goreng kreni, sambal goreng kentang, sambal goreng labu siam dan sebagainya. Di Betawi, biasanya sambal goreng itu diganti dengan sayuran berkuah santan dengan nama sayur godog. Sementara di Padang, ketupat biasa dinikmati dengan olahan rendang.
Ketupat sendiri, di beberapa daerah tidak selalu identik dengan hari raya. Sehari-hari, di Jabodetabek, dengan mudah kita jumpai ‘ketupat sayur’ yang dijual oleh pedagang kaki lima di gerobaknya, atau dijajakan oleh pedagang keliling sepeda motor, atau dijual di warung-warung makan. Di Magelang atau di Solo, banyak dijual ketupat dikombinasikan dengan sayuran, tahu, bakwan goreng dan kuah kecap, sehingga dikenal jenis makanan yang bernama ‘tahu kupat’.
Ketupat, yang di Jawa sering dikenal dengan istilah ‘kupat’, adalah olahan beras yang dibungkus dengan daun kelapa yang disebut dengan janur. Entah sejak kapan kupat ini ada, namun konon merupakan hasil akulturasi kebudayaan antara tradisi Hindu dengan ajaran Islam. Wali Songo, mengajarkan nilai-nilai keagamaan melalui makna “kupat” ini. “Kupat” mempunyai arti “ngaku lepat”, yang bermakna sebuah simbol permintaan maaf atas sebuah kesalahan yang pernah kita perbuat pada seseorang, apakah itu saudara, tetangga, kerabat dan handai taulan.
Sebuah ekspresi Ksatria untuk mengakui bahwa kita pernah berbuat dosa dan melakukan kesalahan pada seseorang, yang dengan semangat Idul Fitri (kembali pada asal usul manusia yang fitrah, yang dengan kebeningan hatinya cenderung kepada yang hanif -kebenaran, kebaikan, dan keindahan -). Oleh karenanya saat ketupat dibelah dua, seolah-olah kita ingin mengatakan, nih lihat hatiku yang putih suci. Nggak ada marah, nggak ada dendam, no hurt feeling at all.
Versi lain mengatakan bahwa “kupat”, berasal dari kata “kaaffah” yang artinya sempurna, lengkap, total. Oleh karenanya, melalui simbol ketupat kita diajarkan untuk pasrah kepada Allah secara total, dan menjalani kehidupan yang dianugerahkan oleh Allah SWT. dengan penuh totalitas sebagai manifestasi peran kekhalifahan (wakil Tuhan) di muka bumi. Puasa di bulan Ramadhan selama 29 atau 30 hari dirasa belum cukup untuk men-charging kehidupan kita, sehingga setelah Idul Fitri perlu disempurnakan dengan menjalankan kembali puasa sunnah di bulan Syawal.
Oleh karenanya, di masyarakat di Jawa Tengah kebanyakan hidangan ketupat tidak selalu ditemui di hari-H Lebaran, namun di hari ke-7 Lebaran sehingga dikenal istilah “Bakdo Kupat”, atau Hari Raya Ketupat. Hari Raya bagi mereka yang setelah ber-Idul Fitri menyempurnakan puasa fardhu-nya dengan puasa Syawal. Sementara di Yogyakarta, kita lebih mengenal istilah Syawalan.[]