• Login
  • Register
Minggu, 6 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Gus Dur Sang Pejuang Kemanusiaan

Fatikha Yuliana Fatikha Yuliana
11/12/2022
in Kolom
0
Gus Dur Sang Pejuang Kemanusiaan

Gus Dur Sang Pejuang Kemanusiaan

219
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Abdurrahman Wahid atau akrab dipanggil Gus Dur adalah nama yang terus disebut-sebut hingga kini. Nama yang akan terus terkenang oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Berikut ini penjelasan terkait kiprah Gus Dur sang pejuang kemanusiaan.

Mengenang Gus Dur bukan lagi mengenang sosoknya yang ‘nyentrik’, penuh humor dan kalimat khasnya “gitu aja kok repot?” Tetapi juga mengenang pemikirannya yang kerap kali sukar diterjemahkan oleh orang awam seperti saya. Duh, Gus, sungguh pun kami rindu.

Dalam studi keindonesiaan, sepertinya Gus Dur menjadi daya tarik tersendiri. Meski kini telah pergi mendahului, Gus Dur akan tetap hidup di hati para pecintanya.

Sejalan dengan Leif Manger, yang melihat agama bukan persoalan tunggal, bukan persoalan hitam putih. Islam dimungkinkan melakukan dialektika yang dinamis.

Gus Dur dalam konteks keindonesiaan mampu memposisikan Islam sebagai sumber kearifan hidup. Islam dapat diterima tanpa harus menimbulkan konflik dengan budaya Indonesia.

Baca Juga:

Menelusuri Jejak Ulama Perempuan Lewat Pendekatan Dekolonial

Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri

Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

Sebagai cendekiawan muslim, tidak hanya tentang isu-isu agama saja yang menjadi fokus pemikiran Gus Dur. Lebih besar adalah tentang kemanusiaan. Gus Dur sangat terbuka pada modernisme dan globalisme.

Pergaulan dan relasi yang luas menyeberangi budaya yang beragam semakin mempertajam pemikiran Gus Dur dalam memandang kemajemukan. Juga saat memandang hubungan Islam dan negara, hubungan antar agama, dan tentang ideologi.

Keterbukaan pandangannya ini yang menjadikan Gus Dur kaya akan perspektif. Itulah yang membuat dia sering berbeda dengan orang kebanyakan. Sehingga dianggap ‘nyeleneh’ karena berani keluar dari pandangan mainstream.

Keberpihakan Gus Dur tidak sebatas pada persoalan-persoalan pluralisme, demokrasi dan toleransi. Gus Dur juga menunjukkan keberpihakannya pada persoalan-persoalan perempuan dan kesetaraan gender.

Langkah nyata yang dilakukan Gus Dur tidak hanya berkutat pada pembentukan wacana saja. Dia tegas dalam aksi dan advokasi.

Praksisnya, Gus Dur diantaranya melakukan pembelaan terhadap kriminalisasi hak politik, sosial budaya masyarakat, termasuk marjinalisasi goyang ‘ngebor’ Inul Daratista. Lalu pembelaannya terhadap perempuan korban 1965, penyusunan Rancangan Undang-Undang Kekerasan  Dalam Rumah Tangga (RUU KDRT) yang kemudian disahkan pada era pemerintahan Megawati.

Gus Dur juga mengingatkan pentingnya menolak penyeragaman cara pandang, perilaku, maupun sikap dalam beragama dan bernegara. Waktu itu ada wacana penyeragaman undang-undang syari’at Islam di berbagai daerah.

Menurut Gus Dur, penerapan undang-undang syari’at Islam memungkinkan munculnya kekerasan dengan mengatasnamakan misi suci agama. Padahal substansi Islam sendiri menolak kekerasan dan pemaksaan pemahaman.

Ironisnya, perempuan yang seringkali menjadi kelompok paling rentan dalam pemaksaan dan tindak kekerasan tersebut.

Lebih lanjut, menurutnya, “pihak yang memaksakan untuk memberlakukan perda diskriminatif tersebut, termasuk juga mengesahkan RUU Antipornografi dan Pornoaksi, pada dasarnya telah menentang Pancasila, UUD 1945, dan nilai-nilai substansif Islam”.

Mengutip dari tulisan Dr. Septi Gumiandari dalam buku Gus Dur di Mata Wong Cirebon, pemikiran dan tindakan Gus Dur menunjukkan kepeduliannya terhadap nasib kaum perempuan.

Sulit dibantah untuk mengatakan bahwa Gus Dur adalah sosok feminis muslim laki-laki.

Gus Dur adalah pembaharu yang mengubah persepsi masyarakat tentang agama, juga kaitannya dengan relasi gender. Gus Dur merupakan bagian dari gerakan penghapusan diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia.

Demikian penjelasan terkait kiprah Gus Dur Sang pejuang kemanusiaan bermanfaat. []

Tags: advokasidemokrasiGendergus durhakhamInulislamkemanusiaanperempuan
Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana, terlahir di Indramayu. Alumni Ponpes Putri Al-Istiqomah Buntet Pesantren Cirebon. Berkuliah di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon. Jatuh cinta pada kopi dan pantai.

Terkait Posts

Hidup Tanpa Nikah

Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri

5 Juli 2025
Ahmad Dhani

Ahmad Dhani dan Microaggression Verbal pada Mantan Pasangan

5 Juli 2025
Pemimpin Keluarga

Siapa Pemimpin dalam Keluarga?

4 Juli 2025
Tahun Hijriyah

Tahun Baru Hijriyah: Saatnya Introspeksi dan Menata Niat

4 Juli 2025
Rumah Tak

Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

4 Juli 2025
Kritik Tambang

Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

4 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Hidup Tanpa Nikah

    Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • ISIF akan Gelar Halaqoh Nasional, Bongkar Ulang Sejarah Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kholidin, Disabilitas, dan Emas : Satu Tangan Seribu Panah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menemukan Wajah Sejati Islam di Tengah Ancaman Intoleransi dan Diskriminasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Membongkar Narasi Sejarah Maskulin: Marzuki Wahid Angkat Dekolonisasi Ulama Perempuan
  • Menulis Ulang Sejarah Ulama Perempuan: Samia Kotele Usung Penelitian Relasional, Bukan Ekstraktif
  • Samia Kotele: Bongkar Warisan Kolonial dalam Sejarah Ulama Perempuan Indonesia
  • Menelusuri Jejak Ulama Perempuan Lewat Pendekatan Dekolonial
  • Surat yang Kukirim pada Malam

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID